Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

20 May 2017

Prelo : Jual Beli Buku Bekas Jadi Lebih Mudah!

Prelo : Jual Beli Buku Bekas Jadi Lebih Mudah!

Buku bekas sering tidak dianggap sebagai barang berharga. Kenapa gitu? Karena buku-buku itu udah lama disimpan dan bikin pemiliknya sendiri lupa dengan kehadirannya. Kadang keselip di kardus-kardus atau rak buku lawas dengan kondisi menyedihkan, ada yang kertas tepiannya udah menguning, ada yang masih mulus tersampul rapi. Hehe



Buku bekas atau buku second bisa menjadi sebuah barang berharga jika kita bisa menjualnya kembali. Seperti teman saya yang harus merelakan buku-buku lamanya yang terkena air saat ia pindahan rumah. Ia pun membiarkan teman yang hobi baca untuk mengurus buku tersebut dan menyortirnya kembali. Rencananya si teman ini mau menjualnya lagi agar bukunya lebih berguna.

Saya pikir kebiasaan menimbun buku sudah menjadi hal yang lumrah dan sulit dihilangkan bagi pecandu buku. Penimbun buku punya kebiasaan menimbun buku dalam jumlah besar hanya demi kesenangan pribadi. Karena hanya dengan melihat buku terpajang rapi itu bikin happy. Tapi apa benar begitu? Gimana kalau ternyata buku yang disimpan lama akhirnya malah bisa dijadikan uang?


Di aplikasi Prelo yang saya download di Playstore, ada penawaran untuk menjual barang preloved yang dimiliki. Harganya pun kita sendiri yang tentukan. Jadi, asyik banget kan? Kamu bisa jual buku bekas yang kamu punya biar bisa dijadiin duit lagi. Daripada ditimbun gitu aja kan, sayang yaa. :D

Pengin tahu apa itu Prelo? 
Kenalan dulu ya~

Prelo adalah aplikasi jual beli barang bekas atau preloved yang hanya menjual produk asli, second dan bukan KW. Produknya beraneka ragam. Ada produk kecantikan, pernak-pernik lucu, fashion, sepeda, buku, dll. Di aplikasi Prelo, ada berbagai kemudahan yang bisa kamu dapatkan saat bertransaksi di sana.




buku yang dipilih


1.       Pilihan produk yang beragam

Produk yang dijual bisa kita pilih dari barang bekas yang kita miliki, boleh apa aja deh terserah kamu. Nanti ada kategori yang bisa kamu pilih saat menjualnya. Misalnya buku bekas yang udah lama nggak dibaca, baru sekali baca atau udah bosen. Tulis deh di captionnya apa alasan kamu menjualnya. Misal : udah bosen, emang jualan barang baru, atau lagi pengin ngurangi barang di rumah, dll. Produk yang sudah terjual akan dilabeli sold out, dan untuk produk yang menarik bisa masuk ke Highlight dan Editor's Pick.

bis achat dan tawar harga juga loh ;)

2.       Maksimalkan Fitur Chat dan Tawar Harga

Klo kamu hobi nawar, tawar aja, gaes. Harga produknya bukan harga pas kok. Kamu masih bisa nawar kayak di Pasar Tanah Abang. :P Jadi maksimalin deh fitur tawar dan chatmu. Ajakin penjual buat chatting dan tawar harga sesuai dengan harga yang kamu inginkan. Asal nawarnya jangan Afgan alias sadis ya, gaes. Kasian yang jual. Hahaha. :p


3.       Pilihan Kurir yang Sesuai Kebutuhan

Penjual bisa nentuin ekspedisi kurir mana yang mau dipakai. Ada beragam ekspedisi yang bekerjasama dengan Prelo yaitu Pos, J&T, Wahana, JNE. Penjual tinggal mencentang kurir yang akan ia gunakan. Nah, nanti kurir itu bisa jadi pilihan pembeli saat bertransaksi. Hal ini memudahkan pembeli untuk memilih ekspedisi yang sesuai dengan budget pembeliannya. Misalnya pengin ongkir yang murah tinggal pilih aja kurirnya. Ada fitur free ongkir juga lho, jadi ongkir ditanggung penjual. Yang ini tergantung penjualnya ya mau pakai atau tidak.

pakai indomaret kena biaya admin 5rb

4.       Pilihan 3 Jenis Pembayaran

Kalau kamu takut transaksi jual beli di Prelo, kamu bisa pakai rekening bersama(rekber) dari Prelo. Jadi, proses jual belinya aman, gaes. Uang akan diterima oleh penjual setelah pembeli mengonfirmasi produknya saat sudah sampai di kotamu. Jangan transaksi sendiri di luar rekening yang ditawarkan Prelo ya, khawatirnya kalau ternyata penjual atau pembelinya nggak amanah.

Jenis pembayaran di Prelo ada 3 pilihan yaitu transfer bank (rekening bersama BCA, Mandiri, BNI, BRI), credit card, dan Indomaret. Untuk batas pembayarannya berbeda tergantung jenis pembayaran yang dipakai. Jika transfer bank diberikan waktu 12 jam untuk menyelesaikan transfer dan konfirmasi pembayaran. Ingat ya, transfernya harus pakai 3 kode unik yang sudah ditentukan Prelo. Jadi mudah dilacak untuk verifikasi pembayarannya.

jika memilih menggunakan transfer bank, tidak dikenakan biaya admin


Untuk pembayaran via Indomaret, batas waktu menyelesaikan proses transfer adalah 6 jam (dengan dibebankan biaya jasa Indomaret 5 rb). Jika lebih dari batas waktu transfer, maka pesanan akan dibatalkan oleh Prelo.

5.       Garansi Prelo bikin belanja aman dan nyaman

Jika produk yang sudah dibeli di Prelo tidak sesuai dengan deskripsi produk, misal rusak, pecah, dll. Kamu bisa mengajukan komplain pada Prelo selama 3x24 jam sejak produk diterima. Trus, nanti dana yang sudah dibayarkan akan direfund oleh Prelo. Asyik banget kan, bergaransi dan aman!

6.       Bonus dari Referral Link yang menggiurkan

Pengin dapet bonus dari referral link di Prelo? Kamu bisa daftar dulu jadi member Prelo. Setiap orang yang mendaftar jadi member Prelo via link referralmu dan berbelanja di Prelo, maka kamu berhak mendapat 25 rb rupiah. Asyik banget ya! Coba deh dihitung berapa jumlah temanmu yang hobi belanja online. Tinggal ajakin mereka bikin akun Prelo dan belanja di sana, jadi deh kamu bisa dapet bonus referralnya. Duitnya bisa kamu cairkan ke rekeningmu atau bisa juga dipakai untuk saldo di Prelo. Jadi kalau kamu pengin belanja tinggal pakai saldo referral bonus dari Prelo. Nah, berminat mencobanya? ;)

Yuk maksimalkan barang bekasmu jadi produk yang bernilai jual tinggi lewat Prelo ya, gaes. Btw, kode referral saya : ilarizky3m4cGy. Pakai kodenya yuk! ;)

1 comment:

  1. wah berhubung aku sering banget lepas barang preloved, layak dicoba deh ini

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^