2 December 2021

Hibah Buku Gratis, Bayar Ongkir Aja

 Hai gaes... 


Jadi ceritanya ada temenku, Tiyas Vika yang mau hibahin buku ke taman baca atau siapapun yang butuh. 


Hanya saja, karena ini kebanyakan buku lama, jadi kondisinya juga udah menguning ya. *mohon dimaklumi ya*


Kalau ada yang minat adopsi buku ini, kukasih gratis. Tinggal sebutin aja judul buku dan kirim data ini ya. Pengiriman dari Kota Tegal. Tinggal bayar ongkirnya aja. 😉

29 November 2021

[Resensi Buku] Secangkir Kopi Untuk Setiap Kisah - David Rohadi

 



Judul buku : Secangkir Kopi untuk Setiap Kisah

Pengarang : David Rohadi

Penerbit : Penerbit Koru

Terbit : Cetakan Pertama, September 2019

Tebal : 34 halaman

ISBN : 978-623-7351-12-2

Genre : fiksi/snack book

Rating : 4/5 ⭐

Harga sewa : Rp 605/14 hari

Sewa ebook di aplikasi Lontara


❤️❤️❤️

[Resensi Buku] New York, New York by Andry Setiawan

 

New york new york - penerbit koru


Judul Buku : New York, New York

Pengarang : Andry Setiawan

Penerbit : Penerbit Koru

Terbit : Cetakan Pertama, Agustus 2018

Tebal : 136 halaman

Genre : novel romantis

ISBN : 978-602-52185-6-9

Rating : 3,5/5 bintang

Harga Sewa : Rp 3.850/14 hari

Sewa ebook di Aplikasi Lontara

❤️❤️❤️

28 November 2021

Cara Sewa Ebook Murah di Aplikasi Lontara Bayar Pakai LinkAja

Baca ebook murah hanya dengan bayar pakai LinkAja mulai dari 5 rb an/judul? WOW! 

Saya baru download aplikasi Lontara di google play store setelah scroll infonya di instagram teman. Awalnya saya penasaran apa itu aplikasi Lontara? 

❤️❤️❤️

Aplikasi Lontara : Beli dan Sewa Ebook Murah dengan Cara Pembayaran Mudah dan Cepat


Jadi aplikasi Lontara adalah aplikasi untuk beli dan sewa ebook. Ebook yang dijual atau disewakan dari berbagai macam penerbit antara lain Penerbit Indiva, Penerbit Koru, Penerbit Serambi, Penerbit Puspa Swara, Namina Books, Yayasan Pustaka Obor, dll. 

Nah, untuk penulis yang buku karyanya sudah ada di aplikasi ini antara lain : Orhan Parmuk, Sinta Yudisia, Riawani Elyta, Gola Gong, Afifah Afra, Sibel Eraslan, L.M Cendana, Azzura Dayana, dll. 


Bagi kamu yang baru download aplikasi Lontara, kamu bisa cek judul buku yang akan kamu baca dengan mengetik judul di kolom pencarian atau search dengan kategori buku. Tapi kalau bingung juga bisa pakai list nama penerbit biar gampang nyarinya.


❤️❤️❤️

27 November 2021

[Resensi Buku] Ella and Owen #2 – Attack of The Stinky Fish Monster! by Jaden Kent

 


Judul Buku : Ella and Owen #2 – Attack of The Stinky Fish Monster!

Pengarang : Jaden Kent

Illustrator : Iryna Bodnaruk

Penerbit : Little Bee Books

Terbit : Cetakan pertama, 2017

Tebal : 112 hlm

ISBN : 978-1-4998-0369-3

Genre : novel anak

Rating : 4/5 bintang

Harga buku : $5,99 US

Beli buku di BBW Tokopedia


❤️❤️❤️

25 November 2021

[Resensi Buku] Tempat Paling Liar di Muka Bumi - Theoresia Rumthe & Weslly Johannes

 

Kumpulan puisi romantis indonesia


Judul Buku : Tempat Paling Liar di Muka Bumi

Pengarang : Theoresia Rumthe & Weslly Johannes

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Cetakan ketiga, Oktober 2021

Tebal : 104 halaman

Genre : kumpulan puisi

ISBN : 9786020657004

Rating : 4/5 bintang

Harga Buku : Rp 50.000

Baca ebook di Gramedia Digital


❤️❤️❤️

24 November 2021

[Resensi Buku] Lebih Senyap dari Bisikan by Andina Dwifatma


Judul Buku : Lebih Senyap dari Bisikan

Pengarang : Andina Dwifatma

Penerbit :  Gramedia Pustaka Utama

Terbit :  Cetakan Pertama, 2021

Tebal : 155 halaman

ISBN :  9786020654201

Rating : 5 ⭐

Harga Buku : Rp 72.000

Baca di Gramedia Digital 


❤️❤️❤️

19 November 2021

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

 

Novel sang keris - novel sejarah dan budaya Indonesia
Sang keris


Judul : Sang Keris 

Pengarang : Panji Sukma

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020 

Tebal : 110 halaman

Genre : novel sejarah & budaya

ISBN : 9786020638560

Rating : 4/5 ⭐

Harga buku : Rp 65.000

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital


❤️❤️❤️

17 November 2021

[Resensi Buku] Ella and Owen #5 - The Great Troll Quest by Jaden Kent

 



Judul Buku : Ella and Owen #5 - The Great Troll Quest

Pengarang : Jaden Kent

Illustrator : Iryna Bodnaruk

Penerbit : Little Bee Books, New York

Terbit : 2017

Tebal : 112 halaman

Genre : novel anak (usia : 6-8 tahun)

ISBN : 978-1-4998-0474-4

Harga buku : $ 16,99 US

Rating : 5 bintang

Beli buku anak import di Big Bad Wolf (BBW) Tokopedia


❤️❤️❤️

15 November 2021

[Resensi Buku] Progresnya Berapa Persen - Soraya Nasution

 



Judul Buku : Progresnya Berapa Persen?

Pengarang : Soraya Nasution

Penerbit : Elex Media Komputindo

Terbit : Cetakan Kedua, September 2019

Tebal : 360 halaman

ISBN : 978-623-00-0374-5

Rating : 4/5 bintang

Harga Buku : Rp 88.000

Baca dan download ebook di Gramedia Digital

7 November 2021

[Resensi Buku] Petualangan Jack & Piggy Natal by J.K. Rowling

 
The Christmas Pig - JK Rowling



Judul Buku : Petualangan Jack & Piggy Natal
Judul asli : The Christmas Pig
Pengarang : J.K. Rowling
Ilustrasi : Jim Field
Alih bahasa : Dini Pandia dan Nina Andiana
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Cetakan Pertama, Oktober 2021
Tebal : 352 halaman
ISBN : 978-602-06-5706-6
Genre : novel anak 
Rating : 5 bintang
Harga Buku : Rp 107.000
Baca ebook di Gramedia Digital

3 November 2021

Review Buku OURS - Adrindia Ryandisza

🍁 Review Novel OURS - Adrindia Ryandisza 🍁


Novel metropop OURs


Judul buku : OURS 

Pengarang : Adrindia Ryandisza @adrindia

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama @gramedia

Genre : Metropop @fiksigpu @fiksimetropop

Tebal : 208 hlm

ISBN : 978-602-06-5631-1

Harga : Rp 62.000

Rating : 4/5 ⭐

Bisa dibeli di gramedia.com atau baca di aplikasi Gramedia Digital 

1 November 2021

[Resensi Buku] Kumpulan Dongeng Asia Tenggara - Cerita Negara Tetangga Myanmar

 

Dongeng myanmar


Judul Buku : Kumpulan Dongeng Asia Tenggara  - Cerita Negara Tetangga Myanmar

Penulis : Hapsari Hanggarini

Penerbit : Bhuana llmu Populer 

Terbit : 2021

Tebal : 28 halaman

Rating : 4/5 bintang

Baca ebook di Gramedia Digital


25 October 2021

[Resensi Buku] Mualaf : Meniti Jalan Lurus Penuh Gejolak

Mualaf indonesia




Judul Buku : Mualaf (Inspired by a true story)
Pengarang : John Michaelson
Penerjemah : Barokah Ruziati
Penerbit : Gramedia
Terbit : 2014
Tebal : 352 halaman
ISBN : 978-602-03-0417-5
Rating : 3,5/5 bintang

24 October 2021

[Resensi Buku] Cinta Terakhir Baba Dunja by Alina Bronsky

 

cinta terakhir baba dunja - novel rusia terjemahan


Judul Buku : CintaTerakhir Baba Dunja

Pengarang : Alina Bronsky

Alih Bahasa : Harisa Permatasari

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Cetakan Pertama, 2020

Tebal : 160 halaman

Genre : Novel Rusia (U : 17+)

ISBN Digital : 978-602-06-4823-1

Rating : 4/5 bintang

Harga Buku : Rp 65.000

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital

13 October 2021

[Resensi Buku] On The Origin of Sh!tty Generation by @millennialsshit (Blog Tour)

 



Judul Buku : On The Origin of Sh!tty Generation

Penulis : @millennialsshit

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan Pertama, 2021

Tebal : 160 halaman

ISBN : 978-623-216-838-1

Rating : 4/5 bintang

Harga buku : Rp 99.000

Baca di aplikasi Gramedia Digital

[Review Buku] The Jewel In The Hub by David Hunt

 

Novel anak oxford university press

Judul Buku : The Jewel in The Hub

Pengarang : David Hunt

Illustrasi : Alex Brychta

Penerbit : Oxford University Press (OUP)

Terbit : Cetakan pertama, 2014

Tebal : 45 halaman

ISBN : 978-0-19-273907-0

Rating : 4/5 bintang

Harga buku : £ 4,99

Buku bisa dibeli di BBW Tokopedia

10 October 2021

[Resensi Buku] Dongeng Klasik Snow White by The Brothers Grimm

 



Judul Buku : Snow White

Pengarang : The Brothers Grimm

Text Adaptation : Giada Francia

Graphic Design : Marinella Debenardi

Illustration : Francessa Rossi

Penerbit : WS Kids (White Star Kids)

Terbit : 2014

Tebal : 64 halaman

ISBN : 978-88-544-0857-9

Rating : 5 bintang

Beli di Official Store BBW Tokopedia

 

9 October 2021

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

 

Ebook funiculi funicula


Judul  Buku : Funiculi Funicula

Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold)

Pengarang : Toshikazu Kawaguchi

Alih Bahasa : Dania Sakti

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021

Tebal : 224 halaman

ISBN : 9786020651927

Genre : Novel Fantasi - Jepang

Rating : 4/5 bintang

Harga Buku : Rp 70.000

Baca via Gramedia Digital

5 October 2021

[Blog Tour & Resensi Buku] Semangat Tante Sasa! by Thessalivia

 

Review novel metropop - semangat tante sasa

Judul Buku : Semangat, Tante Sasa!

Pengarang : Thessalivia

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Cetakan Pertama, September 2021

Tebal : 272 halaman

ISBN : 978-602-06-5648-9

Genre : Metropop

Rating : 4/5 bintang

Bisa dibaca di Gramedia Digital

 

22 September 2021

[Resensi Buku] Best Friend Bride by Kat Cantrell

 



Judul Buku : Pengantin Sang Sahabat

Judul Asli : Best Friend Bride

Pengarang : Kat Cantrell

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Cetakan Pertama, 2021

Tebal : 232 halaman

ISBN : 978-602-06-5330-3

Genre : novel romance /Harlequin (U 21+)

Rating : 4/5 bintang

Baca via Gramedia Digital

15 September 2021

[Resensi Buku] Ta'aruf dalam Sunyi by Diana Fitria


novel islami taaruf dalam sunyi - diana fitria

Judul Buku : Ta'aruf dalam Sunyi
Pengarang : Diana Fitria
Penerbit : Clover
Terbit : Cetakan Pertama, 2020
Tebal : 304 halaman
Genre : Novel Islami (U 13+)
ISBN : 978-6230302114


Rating : 4/5 bintang
Harga Buku : Rp 89.000
Beli di Gramedia.com

13 September 2021

[Resensi Buku] Jangan Diklik #1: Rahasia Ayu - Lexie Xu

 

Jangan Diklik Series : Novel Rahasia Ayu - Lexie Xu


Judul Buku : Rahasia Ayu (Jangan Diklik #1 Series)

Pengarang : Lexie Xu

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (GPU)

Terbit : Cetakan Pertama, 2020

Tebal : 256 halaman

ISBN : 978-602-06-4356-4

Genre : Novel Remaja /Teenlit (U 17+)

Rating : 5 bintang

Harga Buku : Rp 79.000

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital

 

8 September 2021

[Resensi Buku Anak] Kitty Sang Pahlawan Super by Paula Harrison


kitty and the moonlight rescue

Judul Buku : Kitty Sang Pahlawan Super

Judul Asli : Kitty and The Moonlight Rescue

Pengarang : Paula Harrison

Ilustrator : Jenny Levlie

Alih Bahasa : Susanna Prayoga

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan Pertama, 2021

Tebal :  130 halaman

ISBN : 978-623-04-0516-7

Genre : Children Book (U 7+)

Rating : 4/5 bintang

Harga buku : Rp 67.000

Baca via Gramedia Digital

7 September 2021

[Resensi Buku] Kitty dan Harta Karun Harimau Emas by Paula Harrison

 

kitty and the tiger treasure


Judul Buku : Kitty dan Harta Karun Harimau Emas

Judul Asli : Kitty and The Tiger Treasure

Pengarang : Paula Harrison

Pengalih Bahasa : Susanna Prayoga

Ilustrator : Jenny Lovlie

Penerbit : Penerbit BIP

Terbit : Cetakan pertama, 2021

Tebal : 130 halaman

ISBN : 978-623-04-0517-4

Harga Buku : Rp 67.000

Rating : 4/5 bintang

Baca via Gramedia Digital

27 August 2021

[Review Komik] Agen Polisi 212 #Vol12 - Mati Ketawa

 

komik agen polisi 212 volume 12 - mati ketawa


Judul Buku : Agen Polisi 212 Volume #12 - Mati Ketawa

Pengarang : Raoul Cauvin

Ilustrator : Daniel Kox

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Terbit : Cetakan Pertama, 2010

Tebal : 48 halaman

ISBN : 978-979-074-154-6

Rating : 4/5 bintang

Harga : Rp 30.000

Beli di Gramedia.com

16 August 2021

Review Buku Komik Pulang (Kompilasi Komik)

 

Kompilasi komik pulang - matto haq

Judul Buku : Pulang (Sebuah Kompilasi Komik)

Pengarang : Matto Haq, dkk

Penerbit : Koloni Komik Indonesia

Terbit : Cetakan Pertama, 2017

Rating : 4/5 bintang

Harga : Rp 55.000

24 July 2021

Resensi Buku Si Juki Anak Kosan Vol #1 by Faza Meonk

 

Resensi buku Juki anak kosan

Judul Buku : Si Juki Anak Kosan Vol #1

Pengarang : Faza Meonk

Penerbit : Falcon Publishing

Tebal : 140 halaman

ISBN : 978-602-6714-67-1

Genre : Komik

Rating : 4/5 bintang

Harga Buku : Rp. 69.000

Bisa dibeli di Shopee Gramedia

20 July 2021

[Resensi Buku] Hari yang Luar Biasa by Stella Ernes

 


Judul Buku : Hari yang Luar Biasa (Fabel Mengenal Emosi Anak)

Pengarang : Stella Ernes 

Penerbit : BIP (Imprint Gramedia)

Terbit : Cetakan Pertama, 2021

Tebal : 112 halaman 

ISBN : 978-623-04-0479-5

Genre : Children Book/Pictorial Book (usia 3 tahun)

Rating : 5 bintang 

Harga buku : Rp. 75.000

Baca ebook di Gramedia Digital


18 July 2021

Resensi Buku Rock Star Wannabe! by Put Rizki

novel rock star wannabe! karya put rizki


Judul Buku : Rock Star Wannabe! 

Pengarang : Put Rizki

Penerbit : Gramedia 

terbit : Cetakan Pertama, Juni 2019

Tebal : 248 halaman

Genre : Teenlit

ISBN : 9786020629674

Rating : 4/5 bintang 

Harga Buku : Rp. 78.000

Baca ebook via Gramedia Digital 

17 July 2021

Resensi Buku A Sky Full of Stars by Nara Lahmusi

novel teenlit nara lahmusi

Judul Buku : A Sky Full of Stars 

Pengarang : Nara Lahmusi

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama 

Terbit : Cetakan Pertama, September 2019

Tebal : 240 halaman

ISBN : 978-

Genre : Teenlit 

Rating : 5 bintang

Harga : Rp. 73.000

Baca ebook di Gramedia DIgital

16 July 2021

Resensi Buku Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin by Tere Liye

 

Novel romantis tere liye

Judul Buku : Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Pengarang : Tere Liye

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Cetakan ketiga puluh tiga, April 2018

Tebal : 264 halaman

ISBN : 9786020331607

Rating : 4/5 bintang

Harga Buku : Rp 53.000

Beli buku di Shopee Gramedia

12 July 2021

Review Buku #TemanTapiMenikah Living in Campervan by Ayudia C dan Ditto Percussion

 

Buku traveling ke new zealand


Judul Buku : #TemanTapiMenikah Living in Campervan

Penulis : Ayudia C & Ditto Percussion

Penerbit : Elex Media Komputindo

Terbit : Cetakan Pertama, 2021

Tebal : 185 halaman

ISBN : 978-623-00-2370-5

Rating : 4/5 bintang

Harga Buku :  Rp 125.000

Download ebook di Gramedia Digital

 

 

11 July 2021

[Resensi Buku] Catatan Harian Olin #3 : Selalu di Hati by Ali Muakhir

 

Novel komik catatan harian olin 3 - ali muakhir

Judul Buku : Catatan Harian Olin Vol 3 : Selalu Di Hati

Pengarang : Ali Muakhir

Ilustrator komik : Hasan Arifin

Penerbit : DARI! MIzan

Terbit : Cetakan Pertama, Agustus 2015

Tebal : 168 halaman

ISBN : 978-602-242-829-9

Rating : 5 bintang

Harga : Rp 30.000

Beli buku di Shopee Mizan

9 July 2021

[Resensi Buku] Nawaitu Cinta - Natta Reza : Perjuangan Menikah Muda Pasangan Influencer Islami

 

Nawaitu cinta natta reza

Judul Buku : Nawaitu Cinta

Penulis : Natta Reza

Penerbit : Falcon Publishing

Terbit : Cetakan Pertama, April 2021

Tebal : 117 halaman

ISBN : 978-602-6714-69-5

Rating : 4/5 bintang

Harga Buku : Rp 69.000

Bisa dibeli di Shopee Gramedia.com

7 July 2021

[Resensi Buku Anak] Bulu Telinga Kuda Nil - Durroh Fuadin K

 

Kuda nil


Judul Buku : Bulu Telinga Kuda Nil

Series Buku Anak : Seri Bijak Mengelola Sikap

Pengarang : Durroh Fuadin K.

Ilustrator : Bela Ansori

Penerbit : BIP

Terbit : Cetakan Pertama, 2020

Tebal : 28 halaman

ISBN : 978-623-216-911-1

Genre : Picture Book/Children Book

Usia Pembaca : 5 tahun

Rating : 5 bintang

Harga : Rp 55.000

Baca ebook via Gramedia Digital

6 July 2021

[Resensi Buku Anak] Cerdas Berbicara - Wrini Harlindi

 

buku anak cerdas berbicara - wrini harlindi


Judul Buku : Cerdas Berbicara  (Kumpulan Cerita Pengembangan Diri)

Pengarang : Wrini Harlindi

Penerbit : Penerbit Kiddo

Terbit : Cetakan Pertama, 2021

Tebal : 121 halaman

ISBN : 978-602-481-538-7

Rating : 4/5 bintang

Harga : Rp 115.000

Baca via Gramedia Digital

15 June 2021

[Resensi Buku] Doriyaki Rasa Baru - Dorippu

 

download ebook pdf doriyaki rasa baru


Resensi Buku : Doriyaki Rasa Baru

Pengarang : Dorippu (Andriani Toegiono)

Penerbit : Gagas Media

Terbit : Cetakan kedua, 2018

Tebal : 202 halaman

ISBN : 978-979-780-927-0

Rating : 4/5 bintang

Harga : Rp 88.000

Download ebook Doriyaki Rasa Baru di Google Playbook


Sinopsis Buku Doriyaki Rasa Baru - Dorippu : 


“Enak ya, jadi Kak Dori, hidupnya bahagia terus.”

“Aku pengin jadi Kak Dori bisa tinggal di Jepang.”

“Kak Dori, mah, kaya, bisa beli apa aja. Lha, aku?!”

 

Nggak sedikit yang komen begini ke gue. Banyak yang mengira hidup gue bahagia terus, nggak pernah sedih. Makan enak terus, sering jalan-jalan, punya uang banyak. Padahal, untuk bisa seperti sekarang gue melewati banyak hal yang pastinya nggak semua orang tahu.

Lewat Doriyaki Rasa Baru ini gue pengin berbagi cerita tentang hubungan kehilangan, impian, hingga LDR yang berujung pada pernikahan. Jadi, komen-komen, kayak di atas bisa terjawab dengan sendirinya.


Resensi Buku Doriyaki Rasa Baru - Dorippu :
 

Awal aku kenal nama Dorippu alias Andriani Toegiono pas sekitar tahun 2019 an, waktu itu ada temen yang rekomendasikan twitternya. Ceritanya, Dori ini cewek yang LDR an sama Gama, pacarnya. Mereka akhirnya menikah di tahun 2016. Kisah cinta mereka yang LDR an Jakarta-Tokyo ini pernah diliput oleh stasiun televisi dan jadi viral.


Well ya... waktu itu aku nggak gitu tahu kisah cintanya seviral apa, tapi aku penasaran sama sosok Dorippu ini karena kelihatannya anaknya asyik diajak ngobrol. Jadilah pas aku nemu bukunya di toko buku online Shopee, aku langsung mutusin buat beli bukunya. Btw, ternyata buku yang kupegang ini cetakan kedua loh. Keren banget ya! ;)


Buku Doriyaki Rasa Baru ini bisa dibilang kumpulan cerita yang digabungkan sejak Dori kecil hingga menikah. Ya, Dori ini dulu pernah tinggal di Jepang pas umur 5 tahun, tapi pas dia udah kelas 3 SD, dia harus kembali ke Indonesia karena kondisi perekonomian orang tuanya sedang tidak baik.


Selain itu, orang tuanya juga sering bertengkar. Ini yang bikin Dori akhirnya mau pindah ke Indonesia. Tapi, pas pindah ke Indonesia, Dori diturunkan kelasnya jadi kelas 2 karena perbedaan masuk tahun ajaran baru. Makanya Dori makin senewen sama ortunya dan sempat membenci mereka.


Hidup Dori bisa dibilang mengalami banyak naik turun seperti roller coaster. Ada saatnya bahagia, ada saatnya sedih. Beberapa kisah itu dia tuangkan di buku ini. Jadi, kalau kamu pengin kenal Dorippu, kamu bisa baca buku ini deh. ;)


Dorippu yang dikenal di social media tampak bahagia, ternyata dulunya pernah mengalami berbagai fase hidup yang bikin merinding. Misalnya : dia pernah lihat orang tuanya hampir bercerai, ayahnya mau bunuh diri, bahkan dia juga pernah sakit parah sampe beberapa kali masuk rumah sakit.


Baca juga : Resensi Buku Totto Chan Gadis Cilik di Tepi Jendela - Tetsuko Kuroyanagi


Saat SMP, papanya memutuskan untuk keluar dari rumah. Ortunya pun bercerai di tahun-tahun masa SMA nya. Di saat itulah kehadiran Gama muncul, yang membuat hidup Dori jadi lebih berwarna dan bermakna.


Yang bikin saya terkejut waktu baca kisah hidup Dori pas dia berusaha keluar dari stress yang melandanya. Dia kehilangan sosok orang tua yang dia cintai, karena kedua orang tuanya lebih banyak bertengkar di rumah. Bahkan barang-barang di rumah banyak yang dihancurkan. Ya, gambaran kehidupan rumah yang jauh dari kata ideal. Itu sebabnya waktu Dori dengar teman-temannya atau kenalannya bilang bahwa hidupnya selalu bahagia, yaa... nggak selalu bahagia kok. Ada sedihnya juga.


Dorippu mampu menyimpan semua kejadian di rumah dengan rapi, bahkan dari temannya sendiri. Sampai dia akhirnya sering sakit-sakitan dan temannya pada heran kenapa nilai dan kesehatannya makin menurun. Setelah itu, Dori tahu bahwa dia nggak mungkin menyimpan semuanya sendirian. Dia pun mulai terbuka dengan teman-temannya tentang kisah hidupnya.

 

“Di sekolah, gue menjadi pribadi yang ceria, semangat, humoris, dan tampak nggak pernah punya masalah hidup sama sekali. Tapi, begitu sampai di rumah, gue menjadi anak yang kasar, emosioal, sering membentak orangtua, sering membanting barang ketika marah. Gue sadar, semakin lama semakin menyerupai bokap nyokap. Gue benci sama diri sendiri yang seperti kehilangan arah. Gue butuh tempat bergantung tapi nggak  ada.” (Hlm. 41)

 

Sejak kejadian itu, Dori jadi lebih dekat dengan teman dan gurunya. Dia berani cerita apa yang dia rasakan dan mulai menjalani hidup dengan lebih optimis.

 

“Kalau orang tua gagal, masak gue sebagai anak juga ikutan gagal. Cukup mereka aja. Gue harus membuktikan punya kehidupan yang jauh lebih baik dari mereka. Pikiran dan keyakinan itu mulai gue tanam kepada diri sendiri.” (Hlm. 48)

 

Ada kejadian yang tak terlupakan sama Dorippu pas tahun 2011, waktu dia ada di Jepang buat ikut sekolah bahasa. Ternyata di Jepang ada bencana alam terparah yaitu tsunami yang menghantam daerah Fukushima, Jepang hingga ketinggian 23 meteran. Wow, gila sih. Untungnya, Tokyo nggak kena, makanya dia aman dan cuma mengalami shock karena gempa yang terjadi bertubi-tubi.Tapi gara-gara hal itu, Dori akhirnya ngungsi ke Indonesia.

 

“Setelah gempa hari itu, setiap hari terjadi gempa-gempa susulan. Hidup gue benar-benar nggak tenang, dan trauma dengan suara alarm gempa yang menyeramkan. Karena kondisi Jepang belum bisa dikatakan aman sepenuhnya, gue memutuskan balik ke Indonesia untuk mengungsi sebentar, tapi bokap tetap di Jepang. Setiap hari bokap memakai masker, lalu celah-celah jendela rumah dilakban untuk mencegah radiasi masuk ke dalam rumah.” (hlm. 88)

 

Setahun sebelum kuliahnya di desain grafis selesai, Dori mendapatkan kabar yang mengejutkan yaitu Mamanya sakit kanker. Dia pun shock dan sedih banget karena kehilangan mama membuat Dori sempat putus asa untuk melanjutkan kuliahnya. Nilai-nilainya turun drastis, bahkan ia lebih sering merasa hampa.

 

Namun, ada satu kejadian yang mengubah segalanya yaitu saat ada stasiun televisi yang menawari Dori untuk bertemu dengan Gama, untuk event televisi Indonesia (yang diproduseri Jepang) bertema LDR. Saat itulah Dori bisa bertemu dengan Gama untuk melepas rindu, dan membantunya keluar dari masa-masa suram setelah kematian mamanya.

 

Gama bisa nemenin Dori liburan selama 5 hari keliling Jepang. Sebuah hadiah yang nggak disangka-sangka karena doa Dori pas lagi sedih banget dan keinget di Jepang nggak punya teman yang bisa diajak berbagi cerita. Dia pengin Gama ada di sisinya nemenin dia. Ternyata, doa Dori dikabulkan.

 

Baca juga : Resensi Buku Keajaiban Toko Kelontong Namiya - Keigo Higashino


Well ya... cerita ini bakal biasa aja kalau Dori hanya LDR 1 tahun, tapi Dori udah menjalani LDR bertahun-tahun dengan Gama. Bahkan mereka menikah setelah 8 tahunan pacaran. Wow, lama juga ya.

 

Salah satu tips LDR bagi pasangan beda negara adalah rasa percaya yang tinggi bahwa pasangannya nggak akan selingkuh. Dori menjalaninya dengan lebih optimis dan ceria bahwa masalah jarak bukanlah penghalang untuk menjalani long distance relationship.

 

“Ngejalanin LDR itu nggak usah takut mikirin jarak dan bakal gimana ke depannya. Mikir kayak gitu nggak bakal ada habisnya. Besok aja belum tentu ada, ngapain mikir kejauhan. Jangan ribet sendiri, capek sendiri dan tenaga. Kadang masalah-masalah dalam hubungan itu kita sendiri yang ciptain. Jadi mending jalanin hari ini yang udah jelas-jelas ada di depan mata dan siapin diri untuk jalani hari esok.”

“Sejauh-jauhnya jarak, perasaan sayang akan ngalahin jarak yang ada. Jangan pernah berhenti membangun mimpi berdua pasangan kita. Banyak cara bikin hubungan jadi seru walau LDR-an, walau pacaran udah lama. Yang penting sama-sama mau berjuang bersama.” (Hlm. 166)

 

Menurutku cerita Dori tentang kisah hidupnya ini bikin aku sadar bahwa hidup itu ya pasti ada aja ujiannya Tapi gimana kita menghadapi hari, itu yang akan membuat hidup kita jadi lebih berwarna. Kalau Dori saja bisa menjalani hidupnya dengan lebih baik, kamu juga bisa ya.

 

“Jangan pernah berhenti bermimpi karena ada seribu lebih jalan menuju impian kita. Jangan biarkan hidup kita mengalir begiru saja mengikuti takdir yang ada. Karena ini hidup kita, cerita kita, kita sendirilah yang menentukan.” (hlm. 200)

 

Overall, buku Doriyaki Rasa Baru ini mengingatkanku untuk lebih bersyukur menjalani hidup, berani mengejar impian yang sudah diinginkan sejak lama, dan berani untuk memperjuangkan cinta yang meskipun banyak hambatannya tetap harus dikejar bagaimana pun caranya.

 

Well ya, 4/5 bintang untuk buku Doriyaki Rasa Baru karya Dorippu ini. Kamu udah baca juga? Share dong komentarnya di bawah ya. ;)