Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

22 January 2018

[Resensi Buku] Rahasia Diary Pegon by Machtumah Malayati (Blogtour & GIveaway)



Judul : Rahasia Diary Pegon
Pengarang : Machtumah Malayati
Penerbit : Diva Press
Terbit : 2018
Tebal : 232 hlm.
ISBN : 978-602-391-494-4
Rating : 3/5

Sinopsis :


Nur Laila tidak tahan lagi

Ia baru saja kehilangan ayah ketika diminta untuk datang ke rumah keluarga ibunya di sebuah desa yang untuk mendapatkan sinyal saja susahnya minta ampun. Tidak ada keriuhan kota seperti di Surabaya, hanya ada suara anak-anak mengaji di sore hari. Belum lagi sikap neneknya, Mbah Bin, yang tampaknya sama sekali tidak sayang kepadanya.

Ketika berkemas hendak hidup sendiri di Surabaya, sepupunya terbata membaca sebuah buku. Diary Nihayah. Buku itu ditulis dalam huruf yang tidak Laila mengerti.

Laila bertekad untuk bisa membaca sendiri diary ibunya tersebut. Bermula hanya ingin mengenal karakter ibunya, Laila justru menemukan rahasia mengejutkan.


Resensi Buku :


Memiliki impian bukanlah sebuah hal yang mustahil. Manusia memiliki daya jangkau yang tinggi untuk menggapai apapun impian mereka, termasuk dalam hal kesuksesan dunia maupun akhirat. Tapi apa yang kamu lakukan jika impianmu ditentang oleh orang sekitarmu? Tak banyak yang bisa berjuang untuk memperjuangkan impian mereka hingga mendapatkan apa yang diinginkan. Berhasil mewujudkannya dengan segenap jiwa dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Begitu pun yang terjadi pada Nur Laila.

Nur Laila, gadis ini baru saja kehilangan ayahnya ketika ia diminta untuk kembali ke desa. Kembali ke tempat yang ia tak sukai karena berbagai macam aturan yang ditetapkan kepadanya, termasuk harapan Mbah Brin, neneknya agar ia bisa belajar agama dengan lebih baik. Daripada hidup di Surabaya, tak memiliki siapapun di sana, hanya menghabiskan waktu dengan tema yang belum tentu bisa dijadikan teman baik.

Mbah Brin, selayaknya simbah pada umumnya, mengkhawatirkan nasib cucunya. Namun, ia tak pernah memberitahu apa alasan ia begitu ngotot ingin Nur Laila belajar agama. Ia hanya memaksanya ke mushala, mengikuti kajian dari ustad dan ustadzah yang ada, hingga ia diminta untuk mengajari anak-anak belajar pidato.

“Bukan cuma guru yang berkewajiban membagi ilmunya, Nur. Siapa saja terhadap sesamanya juga harus berbagi ilmu.” (hlm. 96)

Bagi Nur Laila, berada di desa bukanlah tempat yang nyaman. Sinyal susah, kehidupan yang tidak seperti seharusnya ia alami di Surabaya. Kehidupan yang jauh dari kata mewah. Tapi hidup akhirnya mengajarkan banyak hal padanya. Bahwa perubahan bisa terjadi meskipun lewat hal yang tidak ia duga sebelumnya.

Bermula dari sepupunya, Ilham yang terbata membaca aksara dalam sebuah buku lusuh. Buku itu diduga sebagai diary milik ibunya, Nihayah. Diary Nihayah yang akan mengantarkan Nur Laila pada pemahaman tentang hidup ibunya yang dulu pernah ia jalani. Mengapa ibunya ingin mengejar mimpinya di Surabaya, mengapa ia masih menyisakan tanda tanya besar pada hidupnya. Mengapa banyak pertanyaan saling tumpang tindih tapi simbahnya tak memberi jawaban apapun pada pertanyaannya. Pada kegelisahannya tentang jalan hidup yang pernah ditempuh ibunya. Baginya, menguak masalalu ibunya, lewat Diary Nihayah harus dimulai dari belajar membaca aksara bernama huruf pegon. Aksara yang akan mengantarkannya membaca kisah hidup ibunya yang terlampaui sekian tahun lamanya.

Akankah Nur Laila bisa membaca huruf pegon tersebut? Bagaimana kehidupannya di desa nanti?

***

Kisah dalam novel Rahasia Diary Pegon ini memberikan saya pencerahan bagaimana hidup selayaknya bisa membawa kita pada kebaikan-kebaikan lewat perjalanan panjang menemukan rahasia takdir yang pernah dilewati. Buat saya, meski buku ini bertema religi, namun isinya sarat makna dan tidak terkesan menggurui. Hikmah dan dialognya terasa pas tanpa terasa dipaksakan. Para tokohnya juga berproses untuk menyelesaikan masalah mereka masing-masing. Tentang bagaimana akhirnya penerimaan Nur Laila atas setiap tindakan yang terjadi dalam hidup ibunya, tentang bagaimana ia belajar agama dengan kesadarannya sendiri. Ia bahkan mulai bisa belajar untuk bersahabat dengan keadaan dan teman-teman barunya.

“Senyum adalah persahabatan sebab senyum adalah pengikat persaudaraan paling indah.” (hlm. 80) 
“Rasanya sangat susah mengajari orang yang tidak punya niat belajar. Seperti petuah bijak yang mengatakan segala sesuatu tergantung pada niatnya. Jika niat tidak ada, bagaimana bisa mengamalkannya dengan baik dan optimal. Orang yang tidak punya niat itu bagai musafir yang tersesat.” (hlm. 105) 
“Perasaan itu, bagai pedang bermata dua. Di satu sisi, perasaan yang bergemuruh itu adalah anugerah dan fitrah yang patut dipanjatkan syukur, juga sesuatu yang patut dimintakan maaf. Karena bisa menjadi jalan zina.” (hlm. 226)

Novel Rahasia Diary Pegon ini menyisipkan juga kisah para nabi dan rasul yang pernah ada di zamannya dan memberikah hikmah yang dapat dipetik oleh pembaca. Oiya, untuk sampulnya sangat manis, ada akses bunga-bunga di bagian depan sampulnya. Saya suka karena terasa imut untuk dibaca oleh anak gadis. :D Ketebalannya juga cukup, jadi bisa dibaca sekitar 2 harian. Overall, novel Rahasia Diary Pegon ini layak kamu baca untuk yang penasaran bagaimana novel islami yang membumi.

***

Nah, sekarang saya mau bikin Giveaway dari rangkaian Blogtour Rahasia Diary Pegon karya Machtumah Malayati. Kalau sebelumnya kamu sudah pernah ikut di 3 blog lainnya dan belum beruntung menjadi pemenang, kamu bisa ikutan juga giveaway di blog ini. Siapa tahu kamu beruntung kali ini ya. ^^


Syarat Ikutan Giveaway + BlogTour Rahasia Diary Pegon berhadiah 1 novel Rahasia Diary Pegon :

1.       Memiiki alamat di Indonesia ya.
2.       Follow @Diva_fiction dan like FB “Penerbit Diva Press
3.       Follow Blog Resensi Kiky lewat email atau Follow Button Google Friend Connect (GFC)
4.       Follow twitter @ila_rizky dan ig @ilarizky
5.       Sebarkan info ini di social mediamu
6.       Jawab pertanyaan di kolom komentar “Apa quote yang menginspirasi hidupmu? Kenapa?”
7.       Jawab dengan format sebagai berikut ya :

Nama :
Twitter :
IG :
FB :
Link share :
Jawaban :

Giveaway berlangsung dari tanggal 22-28 Januari 2018 pukul 23.59. Pengumuman pemenang secepatnya setelah periode giveaway selesai. Hadiah akan dikirim langsung oleh penerbit Diva Press setelah pemenang mengonfirmasi data dirinya.

Nah, selamat mencoba!  ^^

===

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah bersedia ikut serta dalam Blog Tour dan Giveaway Rahasia Diary Pegon. Saya memilih jawaban dari Monica Indah. Selamat ya. Silahkan kirim data diri ke email sabilla.arrasyid@gmail.com atau DM ke twitter saya di @ila_rizky. 

Ditunggu data (nama, alamat, no telp yang bisa dihubungi ya, agar hadiah segera bisa dikirim penerbit. ^^ 

Untuk yang belum menang, jangan berkecil hati. Semoga kita bisa berjumpa di Giveaway selanjutnya. ^_^

***
Selamat kepada pemenang : 

Monica Indah @monicaindah5


Jawaban:

Quotes "Jika kau lelah setelah berbuat kebaikan, maka keletihan itu akan hilang dan kebaikan itu akan kekal. Jika kau bersenang-senang dalam dosa, maka kesenangan itu akan hilang dan dosa itu akan kekal". Untuk sekarang quotes yang cukup mengena di saya adalah quotes ini, kenapa? karena ini mengingatkan saya untuk selalu berbuat baik kapan pun, dimana pun, dan kepada siapa pun. tidak ada kebaikan yang sia-sia, karena kita tidak tahu kebaikan yang mana yang akan membawa kita ke surga.




18 comments:

  1. Nama : Adib W. Hidayat
    Twitter : @adibwah07
    IG : adibwah07
    FB : Adib W. Hidayat
    Link share : https://twitter.com/adibwah07/status/955311297372958720
    Jawaban : Yang berbahaya dari menurunnya minat baca adalah meningkatnya minat berkomentar. - @Zenrs
    Kenapa quote ini suka, karena sebagai pengingat. Baca dulu, pelajari dulu, cari info dulu, cek dulu sebelum berkomentar apalagi berbagi. Kalau tidak tahu, cukuplah diam, sambil mencari tahu kebenarannya. InsaAllah terhindar dari berita-berita hoax apalagi suuddzon.

    ReplyDelete
  2. Nama : Vita Pusvitasari
    Twitter : @VPusvitasari2
    IG : Pusvitasarivita
    FB : Vita Pusvitasari
    Link share : https://twitter.com/VPusvitasari2/status/955325641494183937?s=08
    Jawaban : Quote yang paling disuka adalah "Carilah rezeki seolah kamu bakalan hidup seribu tahun lagi, dan beribadahlah seolah kamu akan mati besok", suka banget biar kita rajin mencari rezeki gak mudah menyerah dan gak mengeluh karena biar rezeki ada terus berkah bisa ke mekah madinah dan diwariskan ke anak cucu, dan rajin beribadah hingga ketika ajal menjemput kita sudah siap dengan bekal cukup yang mengantarkan kita ke surga Alloh 😇

    ReplyDelete
  3. Nama : Agus Hernowo
    Twitter : @aghernowo
    IG :Agusher19
    FB :https://www.facebook.com/agus.hernowo.5
    Link share :https://twitter.com/aghernowo/status/955349747312812032
    Jawaban :Quote yang paling aku suka adalah Man Jadda Wajada (Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil), Man Shobaro Zafiro (Siapa yang bersabar akan beruntung), dan Man Saaro Alaa Darbi Washola (Siapa yang berada dijalur-NYA akan sampai). Quote ini pertama kali saya tahu setelah membaca buku "Ranah 3 Warna karya A.Fuadi". saya merasa quote ini begitu merasuk dalam jiwa apalagi setelah menghayati kehidupan tokoh Alif Fikri serta teman-temannya, dan Insyaa Allah semoga saya dapat mengamalkannya, aminn

    ReplyDelete
  4. Nama : ika pasca
    Twitter :@ikapasca
    IG : @ika_pasca
    FB : Ika P. Himawati
    Link Share :https://twitter.com/Ikapasca/status/955434823333568517
    Jawaban : Urip itu urup (hidup itu selalu hidup) kenapa quotes itu saya pilih karena pada dasarnya mengacu pada keyakinan bahwa sebaik baik manusia adalah yang selalu bermanfaat untuk orang lain. Jadi dimana pun, kapanpun dan kepada siapa pun teruslah agara (saya) bisa menjadi bermanfaat meskipun dalam soal kecil sekalipun untuk orang lain, aamiin

    ReplyDelete
  5. Nama : Asep Nanang
    Twitter :@asepnanang59
    IG : @asepnanang59
    FB : Asep Nanang
    Link share :https://twitter.com/asepnanang59/status/955543647600238593
    Jawaban : "Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan atau mempersilahkan. Ia adalah Keberanian atau Pengorbanan." (Ali bin Abi Thalib)
    Menurut saya ini adalah quote cinta paling logis, romantis dan keren banget.

    ReplyDelete
  6. Nama: Masyithah Zatul 'Azmi
    FB: Masyithah Zatul 'Azmi
    IG: @itha8894
    Twitter: @chocobanana61
    Link Share:
    https://twitter.com/chocobanana61/status/955681690269057024
    Jawaban:
    Keajaiban akan terjadi jika kau terus mencoba dan berusaha. Suka banget sama quotes ini karena mengajarkan kita agar tidak mudah menyerah dalam mencapai sesuatu karena kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

    ReplyDelete
  7. Nama : Nindri Muliawati
    Twitter : @lianindri
    IG : @lia.nindri
    FB : Nindri Muliawati
    Link share : https://www.instagram.com/p/BeP2GpRnQ8F/?hl=id
    Jawaban : quote yang paling menginspirasi akhir-akhir ini dari drama terfavorit saya tahun 2017 Wise Prison Life, "memulai sesuatu yang baru itu memang berat, tapi ngga ada kata nyesel buat nyoba", kita semua pasti pernah dan sering merasa putus asa karna kegagalan, masalah atau hambatan. mari kita bangkit dengan melakukan suatu usaha yang baru walaupun itu sangat berat dan penuh keraguan, lebih baik daripada hanya larut dalam keputusasaan serta tidak melakukan apapun sehingga makin memperburuk kondisi.

    ReplyDelete
  8. Nama : Bety Kusumawardhani
    Twitter : @bety_19930114
    FB : Bety Kusumawardhani
    Link share : https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/955806695208337408?p=v
    Jawaban : Tidak harus menjadi yang nomor satu. Tetapi, jadilah yang istimewa, yang hanya satu ~Noriyuki Makihara~
    karena aku ingin mengubah presepsi masyarakat yg menganggap jadi nomor satu itu adalah suatu keharusan padahal sesungguhnya setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing yg membuatnya terlihat istimewa dengan cara mereka sendiri, tanpa harus menjadi nomor satu.

    ReplyDelete
  9. Nama : Bintang Maharani
    Twitter : @btgmr
    IG : tidak ada
    FB : tidak ada
    Link share : https://twitter.com/btgmr/status/956047645109358592
    Jawaban:

    "The main reason Monday exists is to make us really grateful for Friday." - Unknown

    It's just a simple quote but means a lot to me. Suka atau tidak, kita harus tetap menghadapi dan melewati hari demi hari, terutama hari senin. Senin adalah hari yang mengawali sebuah minggu, senin yang biasanya dibenci oleh banyak orang adalah pintu utama menuju weekend. Kalau dulu paling malas bertemu senin, setelah baca quote ini saya dapat merubah mindset saya tentang hari senin. Senin yang harusnya penuh dengan semangat karena ada Jumat atau weekend yang selalu ditunggu. Lebih belajar bersyukur karena senin & weekend merupakan refleksi nyata dari peribahasa "bersakit-sakit dulu, bersenang-senang kemudian".

    ReplyDelete
  10. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/956350344778231810
    Jawaban :
    ya, nyatanya kita masih bisa bertahan hidup dengan benar melalui kata-kata yang tertulis dan terucap. Dan jumlahnya tidak sedikit, saya mengambil kata-kata ini dari sebuah kitab suci “Fa inna ma'al 'usri yusra. Inna ma'al 'usri yusra” - yang artinya "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan". Bagaimana saya bisa menyerah dengan mudah jika Tuhan menjaminkan selalu akan ada kemudahan disetiap kesulitan ? kalimat itu tentu membangkitkan semangat & membuat saya selalu berfikir positif dalam menghadapi suatu kesulitan.

    ReplyDelete
  11. Nama: Siti Nur Afifah
    Twitter: @Afifah_Chan20
    IG: @s.nur.afifah
    FB: Nur Afifah Cliqjak
    Link share:
    Lihat Tweet @Afifah_Chan20: https://twitter.com/Afifah_Chan20/status/956137800939683846?s=09
    https://www.instagram.com/p/BeVGUxYnFek/
    Jawaban:
    Quotes yang selalu menginspirasi adalah "Dua hal yang tidak boleh mati dalam kehidupan adalah sabar dan semangat". Itu adalah quotes yang saya buat sendiri karena hidup saya yang kurang sabar dan kurang semangat. Dengan selalu mengingat quotes tersebut, apapun yang sedang saya hadapi harus diperang dengan sabar dan semangat.

    ReplyDelete
  12. Nama: Monica Indah
    Twitter: @monicaindah5
    IG: monicaindah5
    FB: Monica Indah Larasati
    Link Share: https://twitter.com/MonicaIndah5/status/956533565235240960
    Jawaban:
    Quotes "Jika kau lelah setelah berbuat kebaikan, maka keletihan itu akan hilang dan kebaikan itu akan kekal. Jika kau bersenang-senang dalam dosa, maka kesenangan itu akan hilang dan dosa itu akan kekal". Untuk sekarang quotes yang cukup mengena di saya adalah quotes ini, kenapa? karena ini mengingatkan saya untuk selalu berbuat baik kapan pun, dimana pun, dan kepada siapa pun. tidak ada kebaikan yang sia-sia, karena kita tidak tahu kebaikan yang mana yang akan membawa kita ke surga.

    ReplyDelete
  13. Nama : ria mustika fasha
    Twitter : @chikarein
    Ig : @riafasha
    Fb : Ria M Fasha

    Link share https://twitter.com/chikarein/status/956544325256560643

    Quote yang dari dlu selalu menginspirasi aku itu "La Tahzan Innalaha Ma Ana" jangan bersedih Allah bersama kita.
    Aku itu orang yang mudah banget goyah, hilang percaya diri dan mudah sedih gitu. Mungkin dah karakter orang melankolis ya hehe... Dah banyak juga kejadian yang bikin terpukul apalagi setelah berkeluarga dan punya anak. Jadi memang yang bikin semangat lagi adalah quote itu yang juga potongan ayat Alquran. Jadi yakin aja kalau sedih dan cobaan itu udah ada yang ngatur dan Allah ga akan ninggalin kita sendirian,yakin akan ada jalan keluar,toh kan Dia yang menuliskan jalan ceritanya.
    Dengan sering ingat quote itu aku juga ga sedih banget jika kehilangan sesuatu, atau ditinggalin orang2 hehe, karena sejati nya kita dan semuanya ga bakal kekal hehe..
    Eh malah curhat..

    Sukses terus ya mba ila

    ReplyDelete
  14. Nama :Iftinaan Nuurul Haniifah
    Twitter : @Hanifa_Iftin
    IG : @iftinan
    FB :Iftinan Nurul Haniifah
    Link share :https://www.instagram.com/p/BdvWCTlH6lK/?taken-by=iftinan
    https://twitter.com/Hanifa_Iftin/status/956788451432529921

    Jawaban : Quote yang menginspirasi saya adalah khairunnas anfa'uhum linnas yang artinya "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain" kalimat khairunnas anfa'uhum linnas ini sering saya tulis di kolom motto hidup ketika mengisi form apapun, karena kalimat ini memotivasi saya untuk terus berbuat baik dan bermanfaat bagi sekitar.

    ReplyDelete
  15. Nama : Aulia
    Twitter : @nunaalia
    IG : @nunaalia
    FB : NunaaLia
    Link share : https://twitter.com/nunaalia/status/956795565999775744

    “Apa quote yang menginspirasi hidupmu? Kenapa?”

    Jawaban : "Allah dulu, Allah lagi, Allah terus." (K.H. Yusuf Mansur)
    Quote yang makin menyadarkan diri jika sebagai manusia kita hanya bisa bergantung kepada Allah SWT dalam segala aspek kehidupan kita.

    ReplyDelete
  16. Nama : Desita Wahyuningtias
    Twitter : @desitaw97
    IG : @desita_itsmystyle
    FB : Desita Wahyuningtias
    Link share : https://twitter.com/desitaw97/status/956832305732993024
    “Apa quote yang menginspirasi hidupmu? Kenapa?”
    Jawaban :
    "Do what you love and love what you do"
    Alasannya karena quote ini rasanya begitu bijak. Ia mengajarkan keberanian sekaligus tanggung jawab. Berani bermimpi, berani melangkah bahkan berani gagal. Karena jika keadaan tidak sesempurna yang diharapkan, ia mengajarkan rasa tanggung jawab atas pilihan yang diambil. Kita dibebaskan untuk mengubah dunia. Tapi jika kita gagalpun, kita masih bisa bertahan dengan cara beradaptasi. Tidak semua hal dapat dimenangkan, tapi kenyataan itu tidak lantas membuat kita menjadi seorang yang kalah. Kita menjadi sosok yang berharga bagaimanapun keadaan kita.

    ReplyDelete
  17. Nama: Dikpa Lathifah
    Twitter: @dikpalathifah
    IG: @dikpalathifah
    FB: Dikpa Lathifah II

    Link share: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1980990715493715&id=100007484168135

    Quote:
    "Jangan menyerah, tempat istirahat kita adalah surga."

    Quote ini selalu saya ingat dalam hari-hari saya yang penuh kegiatan yang kadang membuat diri begitu lelah, begitu penat, hingga ingin menyerah.

    Mengingat quote ini akan membuat saya tersentak dan kembali bersemangat. Ya, saya tidak boleh berhenti berbuat baik hingga bisa menjejakkan kaki di surga.
    Quote ini mendorong saya untuk terus berbuat baik, kapanpun dan dimanapun.


    ^_^

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^