Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Keajaiban Toko Kelontong Namiya - Keigo Higashino



Judul Buku : Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Pengarang : Keigo Higashino

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Cetakan Pertama, 2020

Tebal : 404 halaman

ISBN : 9786020648293

Rating : 5 bintang (⭐⭐⭐⭐⭐)



Sinopsis Novel Keajaiban Toko Kelontong Namiya - Keigo Higashino : 


Ketiga pemuda berandal bersembunyi di toko kelontong tak berpenghuni setelah melakukan pencurian, sepucuk surat misterius mendadak diselipkan ke dalam toko melalui lubang surat.

Surat yang berisi permintaan saran. Sungguh aneh.

Namun, surat aneh itu ternyata membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu, menggantikan peran kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan tahun-tahun terakhirnya memberikan nasihat tulus kepada orang-orang yang meminta bantuan.

Hanya untuk satu malam.

Dan saat fajar menjelang, hidup ketiga sahabat itu tidak akan pernah sama lagi …


Review Buku Keajaiban Toko Kelontong Namiya :


Hallo man-teman. Kali ini saya akan bahas novel Keajaiban Toko Kelontong Namiya karya Keigo Higashino.

Novel Keajaiban Toko Kelontong Namiya ini berkisah tentang 3 pemuda brandal yang nyasar di toko kelontong. Atsuya, Kohei dan Shota, mereka bermalam di toko sampai pagi.

Namun, ada keanehan yang terjadi di toko kelontong tua bernama toko kelontong Namiya. Mereka menemukan surat-surat misterius yang ditujukan ke kakek pemilik toko kelontong itu.

Kakek tua itu sudah meninggal. Bahkan tak lagi ada yang menghuni toko kelontong itu. Namun, malam itu, surat-surat yang datang dari masa lalu itu berkisah tentang bagaimana kakek tua itu membantu orang-orang yang berkonsultasi lewat surat.

Pertanyaan demi pertanyaan muncul saat surat-surat yang datang dari masa lalu itu mengusik rasa ingin tahu tiga penjahat itu.

Apakah suratnya akan dijawab? Ataukah lebih baik didiamkan saja? Tapi surat itu banyak meminta saran untuk masalah-masalah berat.

Mulai dari masalah gadis yang meminta saran utnuk menggugurkan kandungan karena kasus hamil di luar nikah dengan lelaki suami orang, juga kasus seorang atlet yang dilema haruskah menjaga kekasihnya yang sakit atau melanjutkan mimpi untuk mengejar kejuaraan olimpiade?

Ada juga seorang pemusik yang dilema apakah harus mengejar passionnya di bidang musik atau mewarisi toko ikan ayahnya?

Ada juga kesedihan seorang anak sekolah yang harus kabur dari rumah karena ayahnya terlilit hutang sangat banyak.

Semua surat itu datang dari masa lalu, karena suasana di toko kelontong itu antara dua dunia masa lalu dan masa depan (setelah 33 th) yang saling terhubung.

Saat bulan bersinar terang hingga pagi menjelang, surat-surat itu saling bertukar kabar lewat tangan 3 lelaki berandal itu, berpindah dari kotak penyimpanan susu toko kelontong Namiya yang sudah menua termakan zaman masuk ke dunia paralel.

Hanya satu malam. Ya, satu malam. Keajaiban itu terjadi.

Mereka menggantikan peran kakek tua untuk menjawab pertanyaan konsultasi Toko Kelontong Namiya.

Bagian paling ngenes pas baca kisah anak laki-laki yang kabur dari rumah. Sedih bener deh. Dia baru tahu kalo keluarganya meninggal setelah 18 th berlalu.

Part berikutnya akan membahas seorang gadis yang menggunakan nama pena unik untuk menulis surat pada kakek Namiya
Seorang gadis yang memakai nama pena "Anak anjing yang kebingungan" adalah seorang gadis berusia 19 th yang terpaksa bekerja keras jadi hostes demi menyambung nyawanya.

Pekerjaannya di kantor ATK tidak sepadan dengan gajinya. Ia minta saran dari kakek Namiya bagaimana cara untuk mendapatkan uang dengan cepat. Tapi yang menjawab 3 penjahat kecil yang masuk toko kelontong Namiya itu.

Kisah novel Keajaiban Toko Kelontong Namiya ini makin menarik karena berkisah tentang dunia paralel di Toko Kelontong Namiya.

Aliran waktu selama semalam terhenti di toko kelontong. Tepat di tanggal 13 September, bertepatan dengan peringatan kematian Kakek Namiya ke-33 th.

Yang menarik, surat terakhir itu justru menjadi saran yang diterima oleh si gadis itu. Ia bekerja keras untuk menghasilkan uang dari investasi saham dan properti sebelum perekonomian Jepang kolaps. Ia jadi kaya raya dari hasil jual properti berkali-kali lipat.

Namun yang lebih menarik lagi, ada hubungan apa antara rumah perlindungan Taman Marumitsu dan Toko Kelontong Namiya?

Semua orang yang berkonsultasi dengan si kakek terhubung dengan rumah perlindungan Taman Marumitsu. Wow! Di bagian ini aku tercengang. Sebuah plot twist yang bikin kaget!

Ternyata aliran waktu di toko kelontong Namiya si kakek tua, terhubung dengan arwah direktur rumah perlindungan taman Marumitsu yang ternyata.... Jreng-jreng... Mantannya si kakek. What the... Jadi dulu pas mau meninggal, direktur bilang kalau akan melindungi seluruh penghuni Taman marumitsu meskipun dari surga. Uwow.... Jadi yang konsultasi sama si kakek itu banyakan ya anak-anak dari rumah perlindungan. Yang mana sebenernya secara ikatan batin jadi penghubung kisah cinta si kakek dan mantannya.

Yang lebih gregetan pas endingnya. Baca balasan Kakek Namiya untuk surat kertas kosong yang dikirim ke tokonya.

"Peta yang anda miliki masih berupa kertas kosong. Itulah mengapa meski sudah memiliki tujuan, anda belum menemukan dimana jalan yang bisa membawa anda ke sana... Itu wajar. Siapapun pasti akan merasa kebingungan."

"Cobalah mengubah sudut pandang. Karena peta anda masih berupa kertas kosong, anda jadi bebas menggambar apa saja. Semuanya terserah pada anda. Anda bebas melakukan apa saja karena kesempatan terbentang luas di hadapan anda."
Ini adalah balasan untuk surat kosong yang dikirim ketiga berandal kecil pada si kakek Namiya yang ternyata berasal dari rumah perlindungan taman Marumitsu itu. Uwoww... Jadi secara nggak langsung si kakek Namiya bilang,
"Hidupmu itu masih bisa diperbaiki lho, meski kamu nggak tahu tujuan hidupmu apa. Kamu ga harus jadi dirimu yang sekarang terus menerus. Kamu bisa mengukir dirimu jadi siapapun yang kamu mau."
Yang intinya TOBAT woy! Kamu bisa ga jadi penjahat melulu! Thats point is... Beneran deh baca novel Keajaiban Toko Kelontong Namiya ini bikin mikir, "oya ya, hidup tu ya ada banyak sudut pandang." Dan saat dimintai nasihat, bisa jadi nasihat sesederhana apapun bisa mengubah jalan hidup seseorang. Artinya, kata-katamu bisa mengubah hidupmu dan orang lain.

Jadi jangan abaikan kalau ada yang minta tolong atau saran atas hidupnya yang amburadul. Bisa jadi itulah saran yang benar-benar dia butuhkan untuk menemukan peta dan arah hidupnya lagi. Arigatou~ Novelnya beneran dah. Mantep banget! 😍

Kalau kamu gimana? Udah pernah baca novel Keajaiban Toko Kelontong Namiya? Share dong kesan kamu di kolom komentar. 😉


Komentar

  1. suka banget pokoknya novel iniiiii

    BalasHapus
  2. Aku belum baca kak, baru denger malah novel Keajaiban Toko Kelontong Namiya karya Keigo Higashino. Pas baca reviewnya aku penasaran hehe

    BalasHapus
  3. Belum bacaaa

    Tapi aselik.....jadi penasaran bgt gegara baca review ini.

    Thanks much mbaaa

    BalasHapus
  4. Belum pernah baca. Tahu saja dari artikel ini. Tapi merasa dekat dengan kisah dalam novel ini. Banyak pelajaran hidup yg bisa kita ambil sih ya....

    BalasHapus
  5. wah bagus nih buku, mau baca ah
    tadi nyari ke marketplace tapi gak ada
    Harus ke toko gramedia ya?

    BalasHapus
  6. Belum baca kak..menarik ya.. keajaiban toko kelontong.. disuruh bertaubat tapi dg berbagai pengalaman orang2 yg mereka gak kenal.. bukan dinasehati secara langsung...

    BalasHapus
  7. Dalam dunia nyata seringkali kisah di atas kita alami. Pesan moralnya jelas dari resensi buku Keajaiban toko kelontong di atas adalah tidak boleh meremehkan hal-hal kecil di sekitar kita. Lakukan sesuatu hal yang baik dimanapun kita berada.

    BalasHapus
  8. Huwaahh aku suka Keigo Higashino, walau belum pernah baca novelnya,sringnya nonton yang udah difilmkan hehe.
    Jadi pengen mulai membaca novel2 kek gini mbak, buku ini masih tergolong terbitan baru,masih ada gak ya di gramed,dah lama gak ke gramed eui...

    BalasHapus
  9. Penasaran aku. Jadi yang balas surat-surat itu si penjahat anak berandal itu ya? terus yang kirim surat tahu gak sudah dibalas suratnya? penasaran nih mau baca hingga tuntas

    BalasHapus
  10. Ah penasaran banget sama surat-surat yang minta saran. Apa saja saran yang diberikan oleh ketiga pemuda itu. Dan bagaimana kisah mereka berikutnya. Pingin baca....

    BalasHapus
  11. Diterangkan detail sampai ke bagian ending. Spoilernya banyak juga hehe
    Hmm, daku belum baca kak.
    Cuma kalau baca review dan lihat ratenya sepertinya bukunya boleh juga buat dibaca

    BalasHapus
  12. Saya belum pernah baca novel ini kak, lumayan juga tebalnya 400 an halaman.
    Menarik juga pesannya, bahwa apa dan bagaimanapun kita, kita bisa bermanfaat kok bagi orang lain, memberikan saran pada orang yang sedang menghadapi masalah

    BalasHapus
  13. Oh akhirnya beli buku fisiknya kah, La?
    Aku pikir genrenya horor, hihi.. suka curiga karena beberapa judul yang aku pingin baca malah berakhir aga serem. Tapi beneran menarik pelajaran dan pesan yang dikirimkan dari membaca buku Keajaiban Toko Kelontong Namiya.

    Sebelum terlambat, marilah kita tobat.
    Bersama kita bisa.
    Eh, jadi malah kampanye...?!

    BalasHapus
  14. Saya kok jadi tertarik pengen baca ya. Karena bisa jadi semacam Q&A hidup orang-orang di sekitar dan bisa mengubah sudut pandang saat melihat suatu masalah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com