Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

27 November 2015

[Resensi Buku] Jurus Kuliah Ke Luar Negeri


Judul Buku : Jurus Kuliah Ke Luar Negeri
Penulis : Miftachudin Arjuna, dkk
Penerbit : Inspira
Terbit : Cetakan ke-5, Agustus 2015-11-27
Tebal : 300 halaman
ISBN : 978-602-0829-26-5

Kuliah ke luar negeri itu mudah, asal tahu caranya!

Bagi sebagian besar orang, kuliah di luar negeri menjadi primadona karena memiliki prestise yang tinggi. Apalagi jika ditunjang dengan beasiswa sehingga mahasiswa tersebut tidak perlu membayar biaya kuliahnya. Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa? Apakah mencari beasiswa semudah mencari universitas pilihan yang akan menerima para mahasiswa tersebut? Jawabannya ada di buku Jurus Kuliah KeLuar Negeri yang saya baca ini.

Buku Jurus Kuliah Ke Luar Negeri (JKLN) dibuat berdasarkan riset selama 9 tahun dan pengalaman dari berbagai mahasiswa bermacam jurusan, negara dan universitas yang didatangi oleh para mahasiswa Indonesia ini. Sebagai wujud peduli bagi pendidikan generasi berikutnya, mereka membuat buku yang menjadi pedoman untuk mencari beasiswa di luar negeri, baik lewat jalur mandiri maupun lewat yayasan.

JKLN tak sekadar memuat informasi umum yang bisa dicari di Google, tapi karena berdasarkan pengalaman para mahasiswa tersebut, maka akan banyak yang bisa dipelajari. Mulai dari pengalaman mahasiswa yang harus berjuang habis-habisan untuk bisa berangkat ke luar negeri, ada juga yang berbagi cerita dramatis dari mahasiswa asal pelosok yang sama sekali nggak bisa bahasa Inggris, ada juga yang sampai sukses kuliah di luar negeri hingga S3. Semuanya dirangkum dalam buku setebal 300 halaman ini. Buku JKLN ini juga diberi tambahakn DVD Jurus Kuliah Ke Luar Negeri yang tebalnya mencapai 4.367 halaman. Informasi yang belum ditemukan di buku, bisa didapat di DVD, jadi sifatnya buku dan DVD saling melengkapi.

road map kuliah ke luar negeri
Buku JKLN ini dimulai dengan bahasan tentang siapa yang bisa mendaftar beasiswa, alasan mencari beasiswa dan kuliah di luar negeri, dan mulai dari mana kita akan mencari beasiswa? Alur kuliah ke luar negeri juga dijelaskan secara gamblang lewat road map infografis yang dijadikan bonus buku ini. Ada juga pilihan 5 universitas terbaik di dunia. Ini yang bisa dijadikan acuan mahasiswa untuk menentukan mereka akan mencari universitas seperti apa yang akan dijadikan pilihan. Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan beasiswa, kamu juga bisa membayar sendiri biaya kuliah, atau mencari donatur personal yang bisa membantu meringankan biaya kuliah, hal ini dibahas di bab Berjaya Tanpa Beasiswa halaman 149.

Di bab berikutnya dibahas juga tentang cara cerdas mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri yang belum banyak dilakukan. Lalu apa saja persiapan berangkat keluar negeri seperti menyiapkan paspor, visa, ceklist dokumen universitas, LOA, dll. Ini yang perlu diteliti dengan cermat agar tidak tertinggal satu pun. Beasiswa yang dikirimkan sangat ketat dengan aturan sehingga jika syarat administratifnya saja kurang, bagaimana bisa lolos seleksi awal?

Lalu, bab berikutnya membahas tentang kapan sih saat yang tepat untuk memulai persiapan ke luar negeri? Pergi ke luar negeri kan tidak hanya sehari dua hari, tapi untuk bertahun-tahun. Butuh belajar bahasa juga jika universitas tersebut tidak menggunakan bahasa Inggris melainkan bahasa sesuai dengan negara tersebut. Misalnya beasiswa di Jepang maupun Jerman yang sangat menjunjung tinggi bahasa asli mereka. Mau tidak mau, mahasiswa harus belajar hingga minimal menguasai percakapan sehari-hari agar tidak tertinggal jauh saat perkuliahan dimulai. Selain paspor, visa, persiapan bahasa, mahasiswa juga butuh mempersiapkan keuangan.

Nah, jika sudah diterima di luar negeri, bagaimana selanjutnya? JKLN membahasnya dengan detail di halaman 241. Ada beberapa hal yang wajib dilakukan sebelum berangkat ke luar negeri antara lain : mempunyai rekening bank di Indonesia, pastikan semua perizinan sudah beres dan clear, jika ada dokumen yang bisa diperpanjang sebelum berangkat, perpanjanglah. Dan jika ada cicilan kredit atau hutang bayarlah sebelum pergi, agar tidak ada tanggungan. Mahasiswa juga perlu untuk berjaga-jaga dengan mempersiapkan surat kuasa jika ada hal yang harus diselesaikan di Indonesia, misalnya urusan bank, dll.

Lalu ada juga tips untuk menjadi mahasiswa yang gaul di masyarakat setempat. Ketika sudah pindah ke luar negeri, otomatis kita mengikuti alur kehidupan orang lain. Butuh waktu untuk menyesuaikan yang kadang bikin culture shock. Kalau begitu, ikuti tips dari JKLN seperti : mengikuti berbagai festival lokal di negara tersebut, jangan berpikiran sempit, jika tinggal bersama keluarga lokal, cobalah untuk membantu mereka menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, makan makanan khas negara tersebut, dan jangan membandingkan negara tersebut dengan negara lain.  

Selain tips-tips berdasarkan pengalaman para mahasiswa dari berbagai kalangan, buku ini juga dilengkapi dengan ceklist yang bisa membantu kita mencari tahu apa saja yang belum kita selesaikan prosedurnya. Misalnya seperti bagaimana cara kita mengatur manajemen keuangan saat kuliah ke luar negeri. Kita butuh untuk melist pengeluaran bulanan dan pendapatan agar tidak kaget saat melihat keuangan bulanan di rekening kita.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan DVD  berisi 9 ebook (4367 halaman) ditambah 219 video interview dan tips yang akan membantu kita melihat secara langsung wawancara dengan banyak mahasiswa sehingga kesan visualnya akan terasa sekali. Seperti misalnya saat diadakan wawancara lewat skype yang diadakan oleh Tim Inspira dengan seorang mahasiswa di Jepang. Dia memperlihatkan pula bagaimana suasana yang ada di sana. Jadi, buat yang penasaran apa saja persiapan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, baca deh buku JKLN dari penerbit Inspira ini. Dijamin kamu akan segera bersiap untuk membenahi banyak hal yang perlu kamu urus agar proses pengajuan beasiswamu lancar. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan fasilitas konsultasi gratis lewat coaching clinic ke luar negeri.

Save the date ya!
Ini dia tanggal pentingnya

Malang  - 30 November 2015
Surabaya – 1 Desember 2015
Bali – 3 Desember 2015.

Untuk pemesanan, buku Jurus Kuliah Ke Luar Negeri ini bisa dipesan lewat telp WA/SMS ke 0821-3700-8000 atau email : official.inspirabook@gmail.com, website : www.inspirabook.com maupun fanpage www.facebook.com.inspiraid/



1 comment:

  1. Saya sudah pesan bukunya, tapi belum datang juga sudah tiga harii. :(

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^