7 May 2020

Resensi Buku : Honest World by @hearhonest Nathalia Tanojo




Judul Buku : Honest World
Penulis : @hearhonest Nathalia Tanojo
Penerbit : YOI Books (Imprint Elex Media Komputindo)
Terbit : Cetakan pertama, 2019
Tebal : 98 halaman
ISBN Digital : 978-623-00-0155-0
Harga : Rp 90.000
Rating : 4/5 bintang

Baca via Gramedia Digital


Blurb Buku :


Do you feel tired of living someone else’s life?
Perhaps trying to fit where you don’t belong?
Try to discover the Honest World and keys to unlock it with @hearhonest!

Resensi Buku :


Pernah nggak ngrasain capek dan lelah dengan kehidupan yang kita jalani saat ini? Ada banyak orang yang merasa nggak tahu mau kemana, nggak tahu harus ngapain setelah mendapatkan hal-hal yang sudah mereka dapatkan. Bahkan jika pun ia seorang superstar, ada hal-hal yang kadang sulit untuk diterima oleh diri kita, bahwa ada dunia yang kita lupakan. Sesuatu yang membuat kita bertanya, dunia itu sebenarnya seperti apa sih? Apakah dunia kita saat ini adaah dunia yang sangat kita impikan, dengan rutinitas kehidupan yang sudah kita lakukan setiap hari?

Jujur, ada banyak pertanyaan yang kadang membuat aku bertanya, apakah dunia yang aku rasakan adalah dunia yang juga sangat aku impikan? Ataukah dunia yang aku geluti sekarang membuat banyak beban terasa di pundak?

Saat membaca buku Honest World ini, aku diajak untuk masuk ke dunia si beruang lucu dan menggemaskan bernama Honest. Dunia Honest bukanlah dunia yang kita alami saat ini. Dunia yang sangat jauh berbeda dan membuat aku bertanya, apakah aku benar-benar sudah jujur pada diriku sendiri? Jawabannya, belum.

“Hello, my name is Honest. Yes, i’m some kind of bear. No, I’m not here to tell you about my adventure in wildlife. I’m a bear who lives in my own little world to find amusements i life lessons.”

Buku Honest World ini ditulis oleh Nathalia Tanojo (admin @dearhonest) dalam format bahasa Inggris. Bukunya tipis banget, sekitar 90 an halaman. Tapi ada ilustrasi lucu di dalamnya berupa dunia Honest, si beruang yang akan mengantarkan kita pada 4 kunci kehidupan. Setiap kunci akan membawa kita pada penjelajahan dunia yang menakjubkan. Nah, mari kita lihat Honest World!

“Unlike my world, your world often forces you to paint your life canvas with the color of money, fame and power. The question is : does your pursuit of money, fame and power so far bring meaning to your life?” 
“Tidak seperti duniaku, duniamu sering memaksamu untuk melukis kehidupanmu dengan warna uang, kepopuleran, dan kekuasaan. Apakah upayamu untuk mengejar uang, ketenaran dan kekuasan sejauh ini membawa makna bagi kehidupanmu?”

Pertanyaan ini membuatku berpikir ulang tentang makna uang, kepopuleran dan kekuasaan pada hidupku. Ada orang yang berubah karena ketiga hal itu. Yang dulunya orang baik, bisa saja menjadi jahat hanya karena ingin kekuasaan, uang ataupun kepopuleran. Apakah aku pernah merasakan makna ketiga hal itu dalam hidupku? Jujur, iya.

dunia honest yang sangat berbeda dari dunia kita yang penuh pencitraan
(doc : https://ebooks.gramedia.com/id/buku/honest-world)


Seperti yang dikatakan Honest di buku ini, “I won’t disagree that the comfort of money is up to some point, a fundamental needs.” Yang artinya, “Saya tidak setuju bahwa kenyamanan uang adalah , sampai ke beberapa titik, merupakan kebutuhan dasar.”

“Menjadi terkenal juga membuat hidup jadi lebih mudah, Tapi jika kamu berada di lingkaran kompetisi tanpa akhir, sedikit kekuatan yang akan memberimu rasa pemenang.”

Artinya, kita kan nggak akan selamanya jadi pemenang. Karena ada pemenang dan pecundang, tapi dunia ini memang diciptakan dengan banyak warna, warna kepopuleran akan memudahkan bagi sebagian orang, dan yang lainnya hanya sebagai pelengkap saja.

Ada juga warna kekuasaan yang lebih besar akan membuatmu menguasai permainan, dan memutuskan aturan yang akhirnya membuat pemenang dan pecundang. Tapi, Honest mengatakan bahwa, ada hal-hal yang kita lupa saat mengejar tiga hal tadi : uang, kepopuleran dan kekuasaan.



“When do you whatever you can, whenever you don’t really want to, to achieve money, fame, and power that can always slip away. Won’t the meaning of life be lost? When the meaning is lost, what is life?”

Kapan kamu melakukan apapun yang kamu bisa, kapanpun kamu tidak benar-benar ingin, untuk mencapai uang, ketenaran, dan kekuasaan yang selalu dapat menyelinap pergi. Bukankah makna kehidupan akan hilang? Ketika maknanya hilang, apakah hidup itu?

“Would you rather do something you don’t enjoy to please people you don’t know, or do little things that your heart, has been telling you to?”

Apakah kamu lebih suka melakukan sesuatu yang kamu tidak menikmati untuk menyenangkan orang lain yang tidak kamu kenal, atau melakukan hal-hal kecil yang dikatakan hatimu?

Apakah dunia kita diciptakan oleh harapan dan sikap kita terhadap orang lain? Meskipun kita tidak mengenalnya, hingga membuat kita lupa siapa diri kita yang sebenarnya.

Honest ingin membawa pembaca untuk memahami bahwa ada dunia kejujuran yang sangat berbeda dari dunia kita saat ini. Dunia di mana kita bisa jujur pada diri sendiri, agar kita dapat hidup dengan lebih bahagia.

a meaningful life

Untuk mencapai dunia Honest, si beruang lucu, kita akan membawa empat kunci. Setiap kunci akan membuka pintu dunia baru. 

Apa saja kunci itu? Ada kunci cinta, bakat, realitas dan kunci iman.


Keempat kunci ini akan kita bedah satu per satu ya.

Kunci pertama adalah Love Key atau kunci cinta.


Kunci cinta memiliki banyak bentuk. Cinta membuat hidup seseorang lebih bergairah. Orang yang memiliki cinta akan mendapatkan kekuatan. Di balik kekuatan cinta, ada juga emosi terdalam bernama rasa takut. Rasa takut yang tidak bisa dibendung terhadap cinta, akan membuat orang menjadi seseorag ang sangat berbeda. Inilah mengapa cinta memiliki dua sisi, hal baik dan buruk.

Di sisi baik, cinta memberi kita kekuatan untuk menggapai dunia yang indah. Di sisi lain, cinta juga membuat hidup kita memiliki rasa takut. Misal : takut kehilangan pasangan yang diekspresikan dalam emosi yang berbeda. Itu sebabnya cinta terlihat menyedihkan karena membuatmu masuk ke dunia yang berbahaya dan penuh ancaman : misal KDRT dalam rumah tangga.

Rasa takut juga akan membuat kita khawatir tentang segalanya. Jika kita dapat mengendalikan cinta, dalam bentuk yang paling jujur, maka kita akan bahagia. Ya, alih-alih merasa terancam karena cinta yang membuatmu khawatir kehilangan sesuatu yang kamu cintai. Jadi, sudahkah kita jujur bahwa dunia cinta yang kita jalani adalah dunia yang bahagia, ataukah kita khawatir dan takut dengan cinta yang dimiliki?

Kalau dianalogikan ke dunia kita, ada rasa insecure pada pasangan, rasa cemburu, juga ada rasa tidak aman ketika cinta kita tidak berbalas. Padahal seharusnya cinta seindah dan sebahagia yang ada di dunia Honest. Jadi, sudahkah kita juga mencintai diri kita sendiri, sebelum mencintai orang lain dengan kadar cinta yang tepat?

“Your love conquers fear, rejects hatred, condemns pride, and throws envy away. Love and be loved. That is the only way to own the love key. When love becomes your power, yu have everything you need to overcome the world.”

“Cintamu mengalahkan ketakutan, menolak kebencian, mengutuk kesombongan, dan membuang rasa iri. Cinta dan dicintai, ini adalah hanya jalan untuk memiliki kunci cinta. Saat cinta mendatangkan kekuatanmu, kamu punya segala yang kamu perlukan untuk menguasai dunia.”

Kunci kedua adalah talent key atau kunci bakat.


Setiap manusia memiliki bakat yang dibawanya sejak lahir. Saat kamu ingin tahu apa bakatmu, kamu bisa bertanya pada dirimu sendiri, “What do you enjoy doing?” Apa sih yang bikin kamu merasa nyaman melakukan hal itu? Bisa jadi itu adalah bakat yang kamu miliki. Namun, kamu harus terus mengasah bakatmu untuk menjadi yang terbaik.
 
“We were born with different sets of talents, there is no us in blaming others for what you cannot do.”

“Kita dilahirkan dengan sekumpulan bakat yang berbeda, tidak ada gunanya menyalahkan orang lain atas apa yang tidak dapat kamu lakukan.”

Setiap orang memiliki bakat yang berbeda, jangan samakan diri kita dengan orang lain. Misal : temanmu bakat menyanyi dengan bagus, tapi kamu bakatnya dalam hal menulis. Kita nggak boleh iri dengan bakat orang lain trus nyalahin Tuhan. Kok bisa sih bakat orang lain lebih bagus daripada aku, ataupun nyalahin karena kita nggak punya bakat itu.

Ya sama seperti ikan, kalau ikan disuruh naik ke pohon, ya nggak akan bisa. Karena memanjat pohon bukanlah talenta si ikan, melainkan talenta hewan lain. Sama halnya dengan manusia. Kita punya bakat yang berbeda. Jadi maksimalkan bakat yang paling bikin kita merasa nyaman dan jadi diri sendiri. Dengan begitu, kita akan menjadi manusia yang lebih bahagia.

Untuk kunci ketiga yaitu reality key atau kunci realitas.


Kunci realitas dapat dipahami dengan analogi yang dijelaskan oleh Honest.

Jika kita menganggap koran adalah sumber informasi, berbeda halnya dengan anjing atau kucing yang menganggap bahwa koran hanyalah benda untuk bermain saja. Yeah, karena realitas yang kita rasakan berbeda dengan realitas yang dirasakan oleh makhluk lain.

“Never believe that there is a limit to what you can be where you can go or who you really are. Only you can shape your reality.”

Kunci realitas ini akan membantu kita untuk memahami bahwa hidup ada di dunia nyata. Dunia di mana kita tinggal. Dengan segudang informasi yang kita terima setiap hari, kita dapat melihat realita lewat pengetahuan dan informasi yang diperoleh oleh panca indera.

Yang keempat adalah Faith Key atau Kunci Iman.


Kunci iman perlu dimiliki seseorang untuk masuk ke Honest World. Karena, jika kita memiliki iman sebagai kunci terakhir, kita akan dapat jujur pada diri sendiri.

Kita butuh jujur pada Tuhan, tentang apa yang kita rasakan setiap hari. Apakah kita mengalami kesulitan saat ujian menerpa? Kita perlu kunci iman untuk membuka dunia kejujuran, karena jika kita tak memiliki iman, kita akan kesulitan untuk merasakan bahwa ada Tuhan yang memiliki kesempurnaan dalam segala hal.

“Faith talks about the unknows factor that lets love take control and helps you survive even when nothing seems right.” 
“Just like how i wrote this book for a greater cause, your life has an author too.” 
“Just reach out to Him and let faith be the lost key to set your foot on the world of wonders.” 
Jika kita memiliki rencana, apakah rencana itu akan selalu sempurna? Tentu tidak, kan? Saat itulah kita butuh kunci iman untuk menguatkan kita bahwa ada rencana yang lebih baik, yaitu rencana Tuhan. Buku kehidupan kita telah ditulis oleh perencana terbaik yaitu Tuhan. Jadi, sudahkah kamu memiliki kunci iman dalam dirimu agar kamu bisa jujur pada dirimu sendiri?

“Being honest to yourself may not quaratee fame, money, or power. However, it brings real colors to your life and makes you a happier, wiser, and peaceful person.”


No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^