7 May 2020

Resensi Buku : Wake Up Sloth! by Aulia Hanifa




Judul Buku : Wake Up Sloth!
Pengarang : Aulia Hanifa
Penerbit :  YOI Books (Imprint Elex Media Komputindo)
Terbit : Cetakan Pertama, 2019
Tebal : 96 halaman
ISBN Digital : 978-623-00-0851-1
Harga : Rp 80.000

Rating : 5 bintang

Baca di Gramedia Digital


Sinopsis Buku :


Bagaimana jadinya saat millenials diibaratkan menjadi hewan kungkang yang lamban dan pemalas ini?

Buku ini akan membantuku untuk berdamai dengan diri sendiri, dengan cara menjelma menjadi seorang teman dan alarm yang akan membangunkanmu saat kamu bermimpi buruk.

Buku ini juga dilengkapi dengan tips berpikir positif dan template yang dapat menjadi terapi diri.


Resensi Buku :


 “Hidup tak selamanya berada di bawah. Yakinlah suatu saat nanti kamu akan berada di atas.”

Sloth adalah si makhluk lambat yang menjalani hidup kurang begitu semangat. Pada malam hari, ia sering merasa cemas, memikirkan hal-hal kecil yang selalu terlintas. Buku ini adalah diary kisah Sloth yang kini menjadi buku milikmu, pembaca buku ini. Buku Wake Up Sloth! karya Aulia Hanifa ini akan mengantar kita pada hal-hal yang lebih baik, lewat perenungan yang dalam tentang hal-hal yang membebani pikiranmu selama ini.

Masa gelap tak selamanya ada, ia akan tergantikan dengan kebahagiaan


“Masa gelap yang dihadapi dalam hidup ini, ibarat mimpi buruk saat tidur. Gelap, cemas, takut, dan depresi, juga ketidak percayaan akan kemampuan diri.

"Mimpi buruk memang tak bisa dihindari, tapi setelah mimpi buruk berakhir, mimpi baik akan terjadi. “

Cahaya akan menyinari mimpi burukmu

Pernahkah kita bermimpi buruk? Ya, Sloth pun sama. Ia seorang pemimpi juga sama sepertimu. Saat bermimpi, ia menjelajahi alam mimpi yang sangat dalam. Ia bertemu pemimpi lainnya, namun yang lebih menakjubkan adalah ia bisa masuk ke alam bawah sadarnya, untuk melihat rasa takut yang selama ini ia pendam sendiri.

“Di tempat impian, aku bertemu “ketakutan” – teman lamaku.” 
“Hanya satu hal yang membuat mimpi menjadi tidak mungkin untuk diraih. Ketakutan untuk gagal.”  - Paulo Coelho.

Sloth mengalami apa yang kita rasakan juga. Saat di alam mimpi, ia bertemu rasa takut terdalamnya. Semua hal yang disimpannya di alam bawah sadar muncul kembali dalam bentuk rasa takut yang paling nyata. Hingga ia merasakan tenggelam dan tertekan.

“Ketakutan akan kegagalan, ekspektasi yang tak sesuai kenyataan. Semua menarikku ke dalam keputusasaan. Hanya ada satu pilihan di antara jutaan pilihan. Aku harus bangun dan bangkit atau membiarkan diriku tenggelam dalam penyesalan.” 
“Jatuh adalah bagian dari kehidupan, sedangkan bangkit kembali adalah hidup itu sendiri.” – Anonim

Tapi rasa takut itu terus menghantui, meskipun Sloth sudah terbangun dari mimpinya. Satu-satunya cara agar ia kembali bisa menjalani hari-harinya dengan lebih baik adalah dengan merancang lagi hidup yang ingin ia jalani. Bagaimana cara agar hidupnya menjadi lebih baik?

Rasa takut yang dirasakan Sloth dalam mimpi, muncul lewat alam bawah sadarnya


Sloth membuat my to do list di secarik kertas untuk setiap hari yang ia jalani. 


Dengan membuat to do list, hidupnya jadi lebih teratur dan terarah. Tujuan hidup Sloth terlihat jelas di depan mata. Ia berpikir untuk mengerjakan hal-hal yang bisa dilakukannya, dengan temponya sendiri. Biar lambat, asal ia bisa menyelesaikannya, tanpa membebani pikirannya dengan deadline super padat.

Sloth mengurangi kecemasan dan beban pikirannya dengan menulis di buku. 


Tentang apa saja yang menjadikannya takut menghadapi hidup.  Ia mulai menulis hal ini : List Bagaimana Jika. List itu berisi hal-hal yang “Bagaimana jika” , berisi rasa takut yang ia pikirkan dan khawatirkan ini.

Sloth membiarkan kecemasan itu menghilang perlahan seiring dengan tulisan yang ia torehkan di kertas. Ia membuang kecemasan demi kecemasannya agar hal itu tidak menjadi penghalang hidupnya.

“Ini bukan tentang kesalahan yang aku buat atau kegagalan yang aku miliki. Ini semua tentang ingatan dan hal-hal kecil yang membebani pikiranku setiap hari”.

Sloth ingin mencintai dirinya sendiri


Iya, agar hidupnya jauh lebih nyaman tanpa rasa khawatir yang berlebihan.

“Mencintai diri sendiri bukanlah egois. Kamu tidak akan mencintai orang lain jika kamu belum bisa mencintai dirimu sendiri. Mencintai dirimu seperti kamu ingin dicintai.”

Sloth membuat dua list hal-hal yang baru


Apa saja list itu? Yang pertama adalah list berisi “Hal yang aku sukai dari diriku”, dan yang list kedua adalah berisi “Hal yang tidak aku sukai dari diriku yang ingin aku ubah.”

Quotes motivasi yang ada di buku Wake Up Sloth ini antara lain : 


 
“Tidak apa-apa mempunyai mimpi tinggi. Mimpi yang tinggi akan membuka jalan baru, memaksamu keluar dari zona nyamanmu, dan tidak meninggalkan ruang penyesalan di masa lalu.”    
“Bukan seberapa besar mimpimu, tetapi seberapa besar usahamu. Lakukan sekarang atau menyesal kemudian. Karena waktu yang hilang tidak dapat dikejar lagi.” 
“Mimpi tidak akan berhasil kecuali kamu melakukannya.” (John C. Maxwell) 
“Untuk jiwa yang selalu berekspektasi terlalu tinggi. Tenang, aku akan di sana saat kamu jatuh.- Tanah” 
“Untuk kamu yang lelah dengan semua ini, tenang... Aku akan menginspirasimu saat kamu berproses. – Kupu-kupu”

Buat kamu yang merasakan ketakutan dan kecemasan yang sama dengan Sloth. Saat ekspektasimu tidak sesuai dengan kenyataan, kamu bisa memulai lagi mencoba hal baru, hingga impianmu tercapai. Di buku ini juga diberikan tips dan trik agar kamu bisa berpikir positif.

Tips Berpikir Positif :


1.       Menjadi sehat
2.       Lakukan sesuai yang membuatmu bahagia
3.       Cintai diri sendiri
4.       Berhentilah khawatir
5.       Jangan terlalu banyak berpikir, lakukan saja.
6.      
Selalu berdoa dan jangan berhenti percaya.

Setelah perjuangan yang berat, kamu pantas mendapatkan hadiah medali atas kerja kerasmu. Jadi, jangan menyerah ya!

Di buku ini juga kamu bisa mengisi beberapa list antara lain : Self rewards, list hal-hal yang sudah aku lakukan, list hal-hal yang belum aku lakukan, dan list gratitude journal


Meskipun hal ini terlihat sederhana, tapi percayalah, setiap perubahan ini akan membawamu menjadi lebih tenang dan nyaman menjalani hidup. Selain itu, hidupmu jauh lebih terarah dan menjadi lebih baik setiap harinya. Kamu akan mendapatkan impianmu yang selama ini kamu impikan, selama kamu berusaha mewujudkannya. Nah, selamat mencoba ya!

Overall, 5 bintang untuk buku ini karena cerita berisi ilustrasi, tips dan trik, dan quotenya sangat menarik perhatianku. Terima kasih untuk penulis yang sudah menuliskan buku Wake Up Sloth ini! Senang bisa membaca buku seindah ini yang membuatku bersemangat menjalani hari lagi. Arigatou! ;)


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^