18 Februari 2022

[Review Buku] Bull's Eye : The Power of Focus by Brian Tracy


Buku pengembangan diri karya Brian Tracy


Judul Buku : Bull's Eye

Penulis : Brian Tracy

Penerbit : Gramedia

Terbit : 2016

Tebal : 100 halaman 

Genre : buku pengembangan diri

Rating : 5⭐


❤️❤️❤️


[Review Buku] Bull's Eye - Brian Tracy : 


"Untuk mencapai cita-cita yang belum pernah Anda capai sebelumnya, Anda harus mengembangkan sebuah ketrampilan yang belum pernah Anda miliki." (Hlm. 61)



Pernahkah kamu bertanya mengapa ada orang yang bisa mendapatkan penghasilan yang berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding orang lain? 


Ya... Padahal garis start mereka sama, di usia yang sama memulai karier dari bawah. 


Namun, beberapa tahun kemudian ada orang yang sudah sampai di titik puncak karier mereka dan mendapatkan kebebasan financial. 


Jawabannya adalah pada fokus. 


Orang yang fokus pada pengembangan diri akan mendapatkan hasil yang lebih baik alih-alih terus jadi kutu loncat atau berpindah ke bidang lain, tanpa menjadi ahli di bidang pekerjaan tersebut.


Orang yang menjadi versi terbaik dirinya, akan mendapatkan apresiasi dari hasil kerja keras selama ini. 


Kerja keras inilah yang dilakukan siang dan malam, dengan penuh ketekunan dan kesungguhan hati. 


"Orang-orang dengan penghasilan tinggi berfokus untuk mengembangkan satu ketrampilan satu per satu dengan jelas dan terencana, sepanjang karier mereka."(Hlm. 58)


"Hasil bersih dari pengembangan dan penguasaan satu ketrampilan kunci, lalu menggabungkan ketrampilan kunci ini dengan khazanah ketrampilan kunci mereka yang lain, adalah bahwa mereka menjadi semakin berharga, akhirnya menghasilkan sepuluh kali, dua puluh kali, seratus kali, bahkan 257 kali lebih besar daripada orang-orang yang mulai bersama mereka pada awal karier mereka." (Hlm. 58)


Jadi kuncinya adalah pada fokus pengembangan diri. 


⭐⭐⭐


❤️Kekuatan keunggulan dirimu ada pada beberapa hal yaitu : 


🎯Unggul dalam suatu hal : 


Kamu memiliki ketrampilan kunci yang bisa kamu lakukan dengan hasil terbaik dibandingkan orang lain. 


🎯Harga diri :


Bagaimana kamu memandang nilai dirimu sendiri selama ini? Apakah kamu sudah mencintai dirimu dengan lebih baik? 


Jika kamu mencintai dirimu. Maka saat kamu melakukan pekerjaan dan memperlakukan orang lain akan berdampak pada harga dirimu. 


Semakin tinggi harga dirimu, kamu akan memberi kualitas terbaik pada apapun yang kamu lakukan. 


Intinya harga diri akan mempengaruhi caramu bekerja, menghasilkan uang dari ketrampilan terbaik yang kamu miliki dan berinteraksi dengan orang lain.


🎯Citra diri : 


Citra dirimu juga menentukan apakah kamu memang ingin dianggap sebagai orang terbaik ataukah hanya ingin diangggap sebagai orang biasa dengan ketrampilan biasa saja? 


Kamu bisa mulai melihat dirimu melalui citra diri yang ingin kamu tunjukkan pada orang lain. 


🎯 Kompeten/Mahir : 


Saat kamu mahir atau kompeten dalam bidang tertentu, kamu akan dicari oleh orang lain. 


Penghasilanmu juga akan meningkat karena ketrampilan itu hanya bisa dilakukan olehmu, bukan oleh orang lain. 


Semakin kamu menjadi ahli di bidang yang kamu jalani, maka kamu akan mendapatkan penghasilan dengan nilai yang jauh lebih tinggi, bila dibandingkan penghasilan yang diperoleh para pemula.


🎯 Efektifitas Tinggi


Dengan memiliki efektifitas yang tinggi, kamu akan mengerjakan tugas atau tanggung jawab dengan lebih cepat, hemat waktu dan energi, dan juga hasil terbaik. 


Tentunya hal ini akan membuatmu lebih mudah dikenali karena semakin efektif, maka orang yang bekerjasama denganmu akan senang dengan hasil yang didapat 


🎯 Bidang unggulan


Memiliki bidang unggulan tentu saja adalah hal yang penting. 


Jika kamu ahli di bidang yang kamu kuasai, maka kamu akan menjadi unggul di bidang tersebut. Dengan kata lain, kamu akan menjadi bintang di antara orang-orang. 


Kamu tidak mudah disingkirkan karena kualitas pekerjaanmu di atas rata-rata dan tidak ada yang bisa menggantikan kualitas seperti hasil kerjamu selama ini.


⭐⭐⭐


Kekuatan Kejelasan Target Untuk Mencapai Impianmu


Dalam buku ini, Brian Tracy menulis tentang bagaimana pengaruh kejelasan, fokus, dan konsistensi dalam kesuksesan seseorang. 


Di awal bab, penulis mengisahkan tentang Howard Hill, seorang atlet yang terampil bermain bisbol dan sepak bola. Namun, ia tidak memiliki kemampuan untuk meraih hasil terbaik dan menjadi juara. 


Lalu, ia mengganti olahraga yang dimainkannya, menjadi panahan. Ia kemudian menjadi ahli di bidang olahraga panahan. Ia memenangkan 196 kejuaraan panahan secara berturut-turut. 


Brian Tracy bilang bahwa kekuatan fokus pada target mampu membawa kita pada capaian yang lebih baik. 


Artinya, kita harus tahu sasaran bidik (bull's eye) yang harus kita tembak. Bukan asal menarik busur, tapi tahu strategi dan juga cara memainkan dengan efisien agar hasilnya terbaik. 


Kekuatan kejelasan dalam mencapai target ini sangat penting. Bagaimana bisa mencapai target jika sasarannya saja tidak jelas? 


"Bila Anda tidak tahu kemana Anda hendak pergi, jalan apa pun tak akan menuntun Anda ke sana." (Lewis Carroll)


"Seseorang dengan cita-cita yang jelas akan memperoleh kemajuan di jalanan yang paling bergelombang sekalipun. Seseorang yang tidak memiliki cita-cita tidak akan memperoleh kemajuan bahkan di jalanan yang paling mulus." (Thomas Carlyle)


Kuncinya adalah kejelasan tujuan. Jika kamu punya tujuan yang jelas, kamu akan lebih mudah mencari jalan untuk menuju ke arah sana. 


Kamu harus mencari tahu kejelasan mutlak tentang siapa dirimu, apa yang sebenarnya kamu inginkan, dan langkah apa yang harus kamu ambil untuk mencapai impianmu dan sampai ke tempat yang kamu inginkan.


Intinya adalah : milikilah tujuan yang jelas dan detail. 


Inilah sasaran bidik pertamamu. Jika kamu sudah punya tujuan, maka kamu akan dapat meningkatkan probabilitas untuk sukses dalam hidup.


"Kenyataannya adalah Anda tidak dapat mengenai target yang tak dapat Anda lihat." (Zig Ziglar)


Jika sudah punya tujuan, tulislah tujuan itu di kertas. 

 

"Tulis tujuan Anda. Buat tujuan Anda menjadi sesuatu yang dapat diukur. Hanya 3% dari orang dewasa memiliki cita-cita tertulis dan mereka, menurut penelitian yang dilakukan di Yale dan Harvard, akhirnya memiliki penghasilan sepuluh kali lipat dari orang-orang yang tidak memiliki cita-cita." (Hlm. 13)


Jadi, setelah memiliki kejelasan tujuan, fokuslah pada apa yang akan kamu lakukan. 


Kutipan motivasi - Brian Tracy


Detailkan tugasmu, maka kamu akan memecah pekerjaanmu menjadi lebih kecil dan terukur. Selain itu, tujuanmu jadi memiliki tenggat yang jelas. 


"Kesuksesan adalah hasil dari penyelesaian tugas." (Hlm 47)

 

"Setiap prestasi besar didahului oleh ratusan bahkan ribuan upaya dan kegiatan kecil yang tidak pernah dilihat dan dihargai siapa pun." (Hlm 47)


⭐❤️❤️⭐❤️❤️ ⭐


Menurut Saya : 


Buku pengembangan diri ini sangat singkat, padat dan jelas. Isi tulisannya daging semua, hampir tak boleh dilewatkan satu halaman pun. 

Brian Tracy berfokus pada misi pribadinya untuk membantu orang agar bisa mencapai kesuksesan dengan membaca buku-buku pengembangan diri yang ditulisnya dan workshop karier yang dimentorinya. 

Itulah sebabnya, karyanya selalu memiliki tujuan yang jelas. Memudahkan orang lain meningkatkan skill terbaik untuk menuju kesuksesan. 

Buku Bull's Eye membuka mata saya tentang betapa pentingnya memiliki kejelasan tujuan, fokus dan konsistensi. Tanpa ketiganya, tak akan ada hasil yang mengagumkan. 


Kutipan Motivasi Sukses dalam Karier



Bull's Eye maksudnya adalah sasaran bidik. Setiap orang pasti bisa memanah jika tahu triknya. Bukan hanya asal memanah, tapi menjadi pemanah terbaik. 

Sasaran bidik yang dituju harus jelas, seperti cita-cita yang ditulis dalam kertas dengan detail dan memiliki tenggat. 

Jika tenggat dan tujuan terlalu besar, buat tenggat lain yang lebih singkat, dan capai tujuan jangka pendek.

Saya melihat bagaimana Brian Tracy meyakinkan pembaca bahwa kita semua bisa mencapai apa yang orang lain capai juga. Jika belum, itu berarti hanya  karena kita belum bekerja lebih keras lagi.

Kejelasan, fokus dan konsistensi. 


Berulang kali 3 kata ini diulang dalam buku. Sehingga saya jadi tahu, tanpa salah satunya target akan meleset. 

Saya jadi ingat kisah dalam drama Korea 100 Days My Prince saat sang pangeran hendak memanah target yaitu pembunuh berdarah dingin yang mengejarnya di  tengah hutan. 

Tanpa fokus dan strategi yang jelas, anak panah hanya akan mengarah pada sasaran yang salah. Makanya, salut banget sama pemanah zaman Joseon dulu yang bisa sekali lepaskan anak panah langsung tembus ke sasaran. Trus, sasarannya langsung mati. Huhu

Ya, sama dengan tujuan hidup. Kalau nggak pakai strategi, kita hanya akan melakukan banyak hal tanpa hasil yang efektif. Malah nggak akan membawa kita kemana-mana. 

"Anda hanya akan benar-benar sukses dan bahagia, bila anda unggul di suatu bidang." 

Intinya, fokus pada pengembangan skill hingga mahir, jadilah ahli di bidangnya. Capai tujuan dengan strategi, pakai prinsip Pareto 80/20. Lalu, konsentrasi dan fokus hingga tujuan akan tampak makin jelas. 

Hindarkan diri kita dari distraksi, karena kini era digital penuh dengan distraksi dari social media di smartphone. 

"Tidak ada cita-cita yang tidak realistis. Yang ada hanyalah tenggat yang tidak realistis" (Hlm 14)

Miliki target harian setiap hari, lakukan tugas penting di pagi hari. Atur prioritas, lakukan terus menerus. Bangunlah jejaring pertemanan yang solid, yang akan membantumu mencapai impian lebih cepat.

Lakukan evaluasi dan capai target baru setiap kali target lama sudah tercapai. Dengan begitu, kita akan terus berada di jalur terbaik untuk sampai ke tujuan kesuksesanmu. 

Overall, 5 ⭐ untuk buku Bull's Eye karya Brian Tracy ini. 

Nah, selamat membaca ya! 😍


❤️❤️❤️

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^