Langsung ke konten utama

Review Buku Anak Korea 어린 왕자 (Dongeng Terkenal di Dunia: Pangeran Kecil - Cinta Istimewa dan Berharga)


Judul Buku : 어린 왕자 (Dongeng Terkenal di Dunia: Pangeran Kecil - Cinta Istimewa dan Berharga)

Penulis : Eun-seon Han  

Illustrator : Ju-hyeon Chae

Adaptasi karya Antoine de Saint-Exupéry 

Terbit : 2014

Tebal : 30 hlm

ISBN : 9788954314336

Rating buku : 4/5 🌟


❤️❤️❤️


Review Buku Anak Korea 어린 왕자 (Dongeng Terkenal di Dunia: Pangeran Kecil - Cinta Istimewa dan Berharga) by Eun-seon Han   :


Siapa yang sudah baca novel Lè Petite Prince? 


Nah, buku anak yang aku baca ini adalah versi ringkas dari kisah si Pangeran Cilik. 


Sebagai pembaca yang nggak terlalu familiar dengan kisah klasik, aku butuh waktu lama untuk paham isi novelnya. 


Tapi, buku anak ini justru ngasih pemahaman baru bahwa kisah pangeran cilik ini benar-benar ringan. Tentu saja dalam sudut pandang anak-anak yaa~ 


Nah, apa sih ceritanya?



Di langit yang jauh di luar Bima Sakti, ada sebuah bintang yang sangat kecil. Bintang itu begitu kecil sehingga jika kamu berjalan beberapa langkah saja, kamu bisa membuat lingkaran penuh.


Hiduplah seorang pangeran kecil di sebuah bintang kecil. Dan ada mawar juga.


Pangeran kecil merawat bunga mawar itu dengan baik.Namun, mawar itu sangat suka merengek. Ia menggerutu dan meminta perlindungan lebih pada sang pangeran. 


Pangeran yang sebal dengan sang Mawar pun akhirnya pergi meninggalkannya. 



Pangeran menjelajah planet lain dan menemukan banyak hal baru yang belum pernah ia lihat. Termasuk pertemuannya dengan seorang pembual, si pecinta kekayaan, dan sarjana yang membuka matanya lebar-lebar tentang ilmu pengetahuan. 


Pangeran cilik masih ingin menjelajah planet lain. Ia datang ke Bumi dan menemukan banyak bunga tumbuh di sana. Ia teringat dengan mawar di planetnya. Ia juga bertemu Rubah yang mengajaknya menjadi sahabat. 



Pangeran cilik baru sadar bahwa keindahan mawar ada di mana-mana, namun yang mengingat dirinya hanyalah mawar yang bersamanya di planetnya. Bukan mawar di planet lain. 


"Aku pikir hanya ada satu mawar di planetku. Namun, di sini ada begitu banyak bunga yang sama."


"Tidak, itu tidak akan pernah sama."


"Bunga-bunga di sini tak akan mengingatmu lagi. Hanya bunga-bunga di bintangmu yang akan mengingatmu."


"Apakah bungaku benar-benar akan mengingatku?"


"... kamulah yang menyiram bunga dan menangkap serangga."


"Bunga itu dan kamu sangat istimewa."


Well, membaca percakapan antara Rubah dan Pangeran Cilik, aku jadi menyimpulkan bahwa meskipun ikatan Mawar dan Pangeran Cilik sangat istimewa, sang pangeran cilik merasa terkekang karena sang mawar di planetnya suka menggerutu. 


Pangeran Cilik baru menyadari bahwa tak ada yang seindah mawar di tempatnya tinggal dulu, yang memahaminya lebih dari yang lainnya. 



Buku anak ini mengajarkan tentang makna relationship dalam sudut pandang anak-anak. Baik itu pertemanan maupun cinta, kita sama-sama saling terikat dengan yang lainnya. 


Hanya saja, apakah kita merasa terbebani dengan relationship itu ataukah justru merasa bahwa relasi itu bisa tetap dipertahankan? 


Seperti yang dilakukan Pangeran Cilik, pada akhirnya ia akan kembali ke tempatnya semula dan lebih menghargai mawar yang menemaninya selama ini. 


Overall, buat kamu yang suka atau penasaran dengan kisah Pangeran Cilik, buku anak ini memberi representasi yang lebih mudah dipahami, dan lebih sederhana. 


Bahasanya ringan khas anak-anak, selain itu ilustrasinya juga cantik. 


Oiya, di Korea Selatan juga ada tempat wisata yang identik dengan kisah Pangeran Cilik ini, bahkan bukunya juga diterbitkan dalam berbagai versi baik novel maupun pictbook. 


Nah, selamat membaca yaa! ❤️


✅️ Rating buku : 4/5 🌟

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️