Langsung ke konten utama

[Review Buku Anak] Festival Air karya D.K. Wardhani


Judul Buku : Festival Air

Penulis : Dian Kusuma Wardhani

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Terbit : 2017

Tebal : 24 halaman 

Rating : 4/5 🌟


Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤️❤️❤️


[Review Buku Anak] Festival Air karya D.K. Wardhani: 


Hujan deras yang tak terbendung membuat Pintu Air Wastu rusak. Sampah, lumpur dan enceng gondok mengalir hingga membuat sungai Bening menjadi kotor. Padahal sebelumnya, sungai Bening sangat bersih dan bisa digunakan anak-anak untuk berenang. 


Pintu Air Wastu kelelahan. Hewan-hewan yang tinggal di aliran sungai juga menjadi panik.


Sungai Bening tak lagi mampu menampung air yang tercurah, hingga membuat Kampung Kidung mengalami banjir bandang. 


Buku anak ini mengajarkan bagaimana cara mengatasi banjir di sungai. 


Selain itu, anak-anak juga diajari cara bergotong royong untuk memperbaiki pintu air yang rusak akibat curah hujan yang deras dan tak terbendung. 


Anak-anak belajar membuat lubang biopori untuk mengolah sampah di rumah sehingga sampah tidak menumpuk di aliran sungai. 


Selain itu, di buku anak ini juga membahas tentang festival air. 


Anak-anak dan warga kampung berjibaku untuk membuat sungai kembali bersih dan bisa digunakan lagi. 


Jika air sungai menjadi bersih, anak-anak bisa berenang, bahkan warga bisa mengadakan festival air di mana ada lomba dayung perahu. Sungai bersih pun bisa dinikmati kembali. 


Dengan gotong royong bareng warga, maka kampung akan bisa terhindar dari banjir. Karena menjaga sungai bersih dari sampah juga bagian dari usaha untuk menjaga lingkungan tetap asri dan terjaga kelestariannya. 


Buku anak ini disajikan dengan gaya bercerita ala dongeng sehingga anak bisa lebih mudah memahami tema lingkungan yang ingin disajikan penulis. 


Di akhir cerita, penulis juga menyisipkan ilustrasi aliran air bersih ke rumah melalui air sungai dan PDAM. Juga cara membuat lubang biopori yang mudah dilakukan di rumah. 


Buku anak ini diharapkan bisa menjadi bagian dari melek literasi tema climate change agar anak-anak bisa belajar menjaga lingkungan sekitar rumah dari kerusakan ekstrim akibat sampah dan polusi lainnya. 


Nah, selamat membaca ya! ❤️


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️