Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

3 July 2015

Insya Allah, Sah! : Dilema Penantian Jodoh dan Perjuangan Berhijab


Judul : Insya Allah, Sah!
Pengarang : Achi TM
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : 2015
Tebal : 328 hlm.
ISBN : 978-602-03-1465-5
Genre : Fiksi/Romance/Dewasa
Rating : 4/5


Berhijab sebuah panggilan jiwa yang datang menyapa pada muslimah. Silvi tidak berhijab karena hidayah, namun ia perlu memakai jilbab agar nazarnya terwujud. Nazar yang diucapkan Silvi memaksanya untuk membenahi penampilan. Saat Silvi terjebak dalam lift bersama Raka, karena panik, Silvi bernazar akan memakai jilbab kalau bisa keluar dari lift. Masalahnya, bagaimana mungkin ia-desainer sekaligus pemilik Silviana Sexi Boutique yang beromzet miliaran – bisa memenuhi nazar untuk berjilbab? Gila aja,kan?! Kekacauan urusan pernikahan Silvi ternyata tak kunjung kelar. Dion, calon suami Silvi malah tidak suka jika Silvi memakai jilbab dan mengancam akan membatalkan pernikahan.

Silvia membenahi penampilan menjadi lebih menutup aurat, namun ia mengalami pergulatan batin seputar kelayakannya untuk berjilbab. Dukungan dari keluarga tidak ia dapatkan, justru adiknya, Gina, tidak ingin Silvi, trend centre-nya yang selama ini dijadikan panutan kini berubah kiblat menjadi desainer pakaian muslim. Silvi bimbang antara mewujudkan nazarnya agar pernikahannya lancar dengan Dion, atau ia harus mengalami banyak kesialan beruntun karena hutang janji untuk berjilbab belum ia tepati.

Di satu sisi, ia harus berjibaku dengan persiapan pernikahan yang dibantu oleh Raka, namun ia juga mengalami trauma karena kehadiran orang masa lalu yang membangkitkan kenangan buruk saat SMA. Silvi bertemu lagi dengan orang yang pernah membully dirinya dan sahabatnya. Sayangnya, orang ini juga yang berniat menghancurkan keinginan Silvi untuk melangsungkan pernikahan. Dapatkah Silvi mendengar kata yang paling ingin ia dengar dari Dion?

“Saya terima nikahnya Silviana Harini binti Rasyid Mahmud dengan maskawin tersebut dibayar tunai.”
“Sah?”
“Saaaah...!”

***

Novel islami yang ditulis oleh Achi TM ini berbalut komedi romantis dengan latar dunia hiburan yang sarat dengan uji keimanan. Sebagai novel islami, novel ini mampu memberikan pemahaman seputar dunia islam dari sudut pandang seorang Silvi dan Raka. Melihat sudut pandang yang diambil dengan mengangkat dunia hiburan yang glamour dan melenakan, novel ini patut untuk menjadi cermin bagaimana gaya hidup selebriti dan bagaimana mereka mampu keluar dari zona nyaman yang memberikan sekian banyak kesenangan dunia dan bermilyar omzet, namun kering ruhani. Silvi sosok yang ada di balik desain baju seksi yang lantas berpindah haluan menjadi desainer baju muslim. Tidak mudah untuk memilih jalan untuk berbenah menjadi seorang muslimah dengan jilbab yang dipakai di kepala. Sebab justru di saat niatan berhijrah singgah, ujian justru datang dari banyak hal.

Novel ini memberikan gambaran bagaimana dunia entertain dan showbiz yang dirasakan oleh Silvi, Raka dan Dion memiliki dua sisi mata uang. Satu sisi mudah untuk mendapatkan materi, satu sisi yang lain paparan dari apa yang dilakukan oleh orang terkenal tak akan luput dari sorotan media yang mampu menjadikan bully dan kecaman luar biasa jika tidak bisa menjaga nilai islami itu tetap ada. Penulis juga memberikan gambaran tentang pengaruh bully bagi seseorang dan bagaimana cara untuk keluar dari trauma yang ditimbulkannya.

Penulis juga menyisipkan pesan cinta lewat sosok Raka yang polos, berdedikasi dan multitalenta. Raka yang mampu menghadirkan nuansa dakwah lewat syair lagu mengingatkan saya pada dunia nasyid yang kini sudah berpindah haluan menjadi lebih ngepop dan banyak berkisah seputar cinta. Novel seputar pencarian jodoh dan hidayah berjilbab ini membuat saya berkaca, bahwa jodoh terbaik sudah Allah tentukan. Tinggal memperbaiki diri dan jodoh akan datang di saat yang tepat dan penuh hikmah, seperti kisah Silvi. Saya penasaran jika novel ini difilmkan pasti seru dan menghibur. Kekurangan novel ini, karena ditujukan untuk segmen pembaca dewasa, maka masih ada bagian konten novel yang mengacu pada budaya yang tidak islami, seperti pacaran yang menggunakan skin to skin. Overall, 4 bintang untuk novel ini.


Postingan ini diikutsertakan dalam 
Indonesian Romance Reading Challenge 2015
dan 
Islamic Reading Challenge 2015

4 comments:

  1. Waahhh... masukin wishlist aahh... :D

    ReplyDelete
  2. Sepertimya bagus ya. Kemarin pas ke gramedia, buku ini dipegang-pegang aja dan nggak jadi di beli *masukin wishlist*

    ReplyDelete
  3. Kapan ya aku saaaah? Hahaha kok malah curhat, sih. Pengen nambah koleksi buku tapi masih banyak yang belum khatam. Hiks hiks

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^