Langsung ke konten utama

Resensi Detektif Conan Edisi Spesial #21 - Aoyama Gosho

Judul : Detektif Conan Edisi Spesial #21
Pengarang : Aoyama Gosho
Ilustrasi : Ohta Masaru, Kubota Kazuhiro
Penerbit : Elex Media Komputindo
Penerjemah : M. Gunarsah
Terbit : 2005
ISBN : 979-637-789-6

Jebakan dipasang dengan cerdik. Tapi, setipis dan sesulit apa pun benang yang terhubung roda kebenaran tak akan lolos dari Conan!

Komik Detektif Conan edisi spesial #21 ini merupakan edisi yang dikerjakan secara keroyokan oleh mangaka Aoyama Gosho dan kedua temannya. Bagi yang penasaran dengan kisah Conan, di edisi ini tidak akan dijelaskan hubungannya dengan plot utama cerita dengan organisasi besar. Jadi kisah di komik ini hanya selingan dari komik utamanya. Anyway, saya baru sadar bahwa kasus dalam komik edisi spesial ini lebih mudah sedikit tokoh yang dicurigai, hanya saja cluenya juga sangat sedikit. Jika tidak dijelaskan oleh Aoyama Gosho mungkin saya tidak akan sadar bagaimana triknya, saking sedikitnya clue.

Ada 6 kasus dengan masing-masing memiliki cerita yang tidak saling berhubungan. Antara lain, taksi perampok, waspadalah dengan gitar yang buruk, ksatria pendiam, korban bencana terkutuk, duel detektif ternama, dan senjata yang hilang.

Di kasus taksi perampok, Conan mengalami hal yang aneh. Seorang perampok melarikan uang yang dirampoknya dengan menggunakan taksi yang mencolok. Setelah itu sang perampok mengendarai taksi dengan kecepatan yang stabil dan cepat. Tidak ada sedikit pun saat di mana taksi itu mengurangi kecepatan. Padahal tas koper yang berisi uang itu ditemukan tergeletak di tepi jurang. Tapi pelakunya menghilang. Conan mencari hingga menemukan clue tentang taksi yang menggunakan pintu otomatis. Di sini saya baru tahu bahwa pintu otomatis itu membantu si pelaku untuk melemparkan koper ke tepi jurang tanpa mengurangi kecepatan.

penyamaran para detektif cilik di kasus perdagangan senjata api ilegal
Kasus kedua tentang perdagangan senjata api yang ditutupi dengan cara menjual cd musik di sebuah toko. Anehnya, orang yang akan membelinya harus menemukan clue bagaimana cara membaca pesan tersembunyi tentang perdagangan senjata api ilegal itu. Conan menemukan ada hubungannya antara cat yang tergores di tepi cd dengan gitar yang suaranya sumbang. Apa yang akan terjadi?

“Trik untuk memperlihatkan informasi  perdagangan gelap senjata api. CD yang dibuang di belakang toko adalah cd yang digunakan untuk transaksi sebelumnya. Tadinya kupikir ada cara khusus untuk mendengarkannya. Ternyata bukan didengar tapi dilihat.”

Kasus ketiga tentang seorang aktor samurai yang mati saat syuting terakhir dramanya. Ia sedang bermasalah dengan sang istri, dan diduga selingkuh dengan lawan mainnya di drama kolosal. Tidak disangka sang samurai meninggal di depan mata istrinya. Dan ditemukan bukti sebuah coretan hiragana kuno yang hanya bisa dibaca oleh orang yang mengerti. Terkuaklah pesan tersembunyi yang mengisyaratkan tentang bunuh diri. Apa motif bunuh diri sang aktor?

Saya gregetan saat baca bagian ini karena pesannya sungguh rumit. Jika tidak tahu bahwa huruf itu adalah huruf unik karena mengandung arti yang dibaca dengan cara yang berbeda tentu pesan kematian itu tidak akan sampai pada istri sang aktor.

Kasus keempat, korban bencana terkutuk. Kematian Hasegawa membawa berita buruk ke dalam desa. Seorang menemukan Hasegawa mati di jurang sekitar lembah awan putih. Lembah awan putih itu berada di dekat Dewa langit hitam. Sebenarnya, dewa langit hitam hanyalah batu besar yang disembah karena pengaruhnya yang hebat bagi para penduduk. Dulu batu itu yang melindungi penduduk dari serangan perampok dan para samurai yang kejam. Setiap kali ada serangan, perampok tidak akan bisa masuk ke dalam desa karena terlindungi batu itu. Apa hubungannya antara batu hitam dengan kematian hasegawa? Padahal ia sudah memiliki peta yang benar? Di kasus ini tebakan saya benar, meski agak lama juga untuk menebak apa hubungannya peta dan batu. Penggunaan sains untuk menebak teka-teki kasus ini pun akhirnya terpecahkan.

“Mustahil! Kompas ini menunjukkan utara dan selatan terbalik!! Kenapa!? Padahal waktu kulihat tadi, dia berfungsi normal!!” 
“Itu karena ada ada rahasia pada batu langit hitam ini. Lihatlah ini! Menempel dan tidak jatuh! Sebenarnya, batu hitam ini adalah magnet. Kalau kompas digunakan di samping magnet yang besar ini. Dia akan terkena pengaruh medan magnet langit hitam seperti tadi.”

Kasus kelima, duel detektif ternama antara Heiji, Conan dan Kogoro untuk memecahkan kasus kartu puisi yang disembunyikan. Gelar ratu abadi yang disematkan pada Miyabi ternyata membuat para lelaki datang berbondong-bondong untuk mendaftar sebagai peserta perjodohan. Jika bisa menemukan kartu puisi miliknya, maka akan dinikahkan. Hanya saja, kasus ini jadi rumit sekali karena letak rumah yang besar membuat semua orang hampir menyerah menemukan kartu puisi yang dimaksud. Rumah dengan 25 ruangan itu harus dijelajahi satu per satu. Bagaimana cara Conan menemukan jawaban dari teka-teki tersebut? Kasus ini keren karena penyelesaiannya yang tidak biasa, apalagi memberikan gambaran bagaimana kartu puisi itu digunakan dalam budaya Jepang.

Kasus keenam, senjata yang hilang. Ada pembunuhan yang terjadi di area perkemahan. Pelakunya belum ditemukan karena barang buktinya menghilang. Bagaimana cara Conan menemukan kain panjang yang digunakan pelaku untuk mencekik leher korban? Di sinilah kecerdasan Conan berperan menyelesaikan masalah lewat Sonoko yang dibuat tertidur. Kasus ini memiliki clue yang sedikit tapi jika bisa ditebak hubungannya, maka kasus akan selesai.

Overall, edisi ke-21 ini membuat banyak jebakan yang berliku tapi menarik untuk disimak. Seperti di kasus pertama dan keempat yang menggunakan analisis sains. Nah, kamu sudah membacanya? ;)

Postingan ini diikutsertakan dalam Comic Reading Challenge 2015

Komentar

  1. wah conan, aku ngga terlalu ngerti sih jalan ceritanya, tapi.. banyak sukaaa, seru kayanya kalau ngikutin dari awal mah yaa kak..

    BalasHapus
  2. boleh pinjem mbak hahahaha ..
    penasaran jadi pengen baca..

    BalasHapus
  3. wih, jadi pengen baca komik conan lagi dari part pertama :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital