Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

22 September 2018

Book Haul September 2018


Book Haul September 2018

Bulan September ini saya banyak beli buku cetak, bukan lagi ebook. Sebenernya karena kangen juga baca buku yamg bisa dipegang bentuk fisiknya haha. Selain itu karena pengin ngunjungi toko buku. Dah lama banget ga main ke Gramedia Tegal. Terakhir kapan ya, lupa. Hahaha.


Waktu itu ke Gramedia bareng mama dan ternyata boleh beli buku yang disuka, dibayarin pula. Alhamdulillah. Makasih maah. LOVE YOUU~ 😍

Saya beli buku apa aja di Gramedia? Ada 3 judul buku yang saya beli :

1. Cetros dan Batozar - Tere Liye
2. Detektif Conan Volume 94
3. Be The New You - Wirda Mansur

Berhubung belinya di toko buku Gramedia langsung, jadi paling dapet diskonnya dikit. Eh masih dapet potongan ga sih? Wkwk. Berhubung lupa nyimpen struk, jadi saya ga tahu ini dapet diskon apa ga. Dulu sih klo beli di toko buku Gramedia pake Kompas Gramedia Value Card dapet diskon 10% dan point yang bisa dikumpulin.

Trus, kapan hari ada promo diskon 20 rb dan free ongkir di Shopee. Jadi  saya beli buku inceran yang udah lama dipenginin. Yups, box set Enid Blyton yang seri si Kumbang. 😍

Sebenernya saya udah pernah baca 1 judulnya pas langganan Gramedia Digital. Tapi saya pengin punya buku cetaknya karena buku ini baguuuuusss banget buat anak-anak. Sayang aja kalo ga dikoleksi kan? Jadi kalo saya nanti punya anak, bukunya bisa dia baca. 😘

Trus, book haul saya selanjutnya yaitu... jreng-jreeeng...

1. Minhajul Muslim (cover merah)
2. Al Quran al Hufaz (warna biru)
3. Islamic Parenting



Ini saya beli di Shopee karena ada potongan free ongkir 20 rb. Jadi saya beli 3 buku ini di 2 toko. Masing2 ongkirnya beda ya. Yang kena tambahan biaya ongkir pas beli Minhajul Muslim karena kena 2 kg. Mayan tebel bukunya.

Dannnn, ternyata Minhajul Muslim ini ada versi cover baru yang warnanya biru. Hahahaha. Saya baru sadar pas searching judul buku lainnya. Hyaaa, gpp deh ya. Pake cover merah versi cetakan lama. Alhamdulillah, yang penting isinya sama. Hehe.

Saya berharap dengan buku-buku yang dibeli, saya jadi rajin baca hardbook lagi. Ya, maklum, udah sejak awal tahun 2017 saya pake ebook buat baca buku. Enak karena bisa dibawa kemana-mana dan lebih praktis buat penyimpanannya, hanya butuh gadget. Tapi saya tetep butuh buku fisik untuk judul buku yang memang ingin dikoleksi, bukan hanya sekali baca.

 Jadi pilihannya sekarang ada dua yaitu

1. Saya bakal beli ebook langganan per bulan/beli eceran per judul buku di Gramedia Digital, Google Play Book dan Bookmate untuk buku yang memang ga akan saya koleksi, hanya sekali baca seperti novel, komik, atau buku yang saya penasaran aja isinya apa. Nah, kalo bagus baru beli versi cetaknya. Karena harga buku sekarang mahal, saya jadi harus selektif juga untuk milih buku sesuai budget belanja buku bulanan.

2. Saya bakal beli buku versi cetak (baik hard cover maupun soft cover) kalau bukunya benar-benar ingin saya koleksi, baik karena manfaatnya maupun karena penulisnya merupakan penulis favorit. Saya udah punya beberapa list penulis favorit ini. Kalau mau tahu liat aja cover bukunya saya foto atau hanya pakai capture cover versi ebook. Kalau difoto berarti saya punya bukunya. Sesederhana itu.

Mungkin ada yang nanya, kok mau baca ebook? Ga capek bacanya? Ya, tergantung. Sama kayak baca social media atau blog post, saya lebih sering pakai gadget untuk search informasi. Itu sebabnya ga masalah biasakan diri membaca ebook.

Hanya saja, kalau ebook saya kasih jeda. Bacanya dicicil dengan pembagian waktu 1-2 jam per baca 1 judul buku. Kalo udah bosen, saya ganti baca buku cetak. Jadi mata juga ga capek kena sinar radiasi dari gadget.

Overall, saya ngerasa perlu bikin book haul gini karena saya sadar kalau beli buku kadang suka nggak dibaca sampai tuntas, entah karena bosan atau karena sibuk jadi ditimbun. Hahaha. Jangan ditiru yaaa. Makanya saya sengaja bikin book haul semacam ini biar saya inget kalau beli buku itu pake duit, bukan pake daun. Jadi ya harus tuntas dibaca, biar ga mubazir kan ya. Hehe.

Semoga dengan bikin book haul ini juga bikin saya mampu memilah judul buku apa aja yang masuk ke koleksi. Jadi nggak asal comot aja judul buku yang dibeli. Karena saya sadar, bahwa beli buku secara impulsif kadang saya lakukan hanya karena ingin aja. Padahal seharusnya saya beli karena saya punya alasan kuat kenapa saya bisa memilih buku itu.

 Jadi paham ya kenapa saya bikin postingan ini. Semoga saya bisa mulai rutin baca dan ngereview buku lagi di blog ini. Ganbareee! 😆

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^