Langsung ke konten utama

Review Buku Melodi Senin by Yuukagem (Giveaway dan Blogtour)

Review Buku Melodi Senin by Yuukagem (Giveaway dan Blogtour)


Judul Buku : Melodi Senin
Pengarang : Yuukagem
Penerbit : Laksana Fiction
Terbit : 2019
Tebal : 204 hlm.
ISBN : 978-602-407-460-9



Blurb :


Yuka Efelin, anak kelas 2 IPA 1
Dijuluki si Buronan Senin. Punya kebiasaan membolos dengan memanjat tembok belakang sekolah. Sering dikejar-kejar dan diberi hukuman oleh Pak Yogas.

Heru Fernandes, anak kelas 2 IPS 1
Playboy sekolah. Harus punya pacar dan putus sebelum seminggu lalu menebar virus cinta lagi. Menjadi tempat pendaratannya Yuka saat jatuh.

Pak Yogas, guru sejarah
Selalu memikirkan hukuman untuk dua muridnya itu, maksudnya biar kapok, lalu mereka kembali ke sekolah dan mengikuti pelajaran.

Di tengah-tengah padatnya pelajaran di sekolah, Yuka yang bekerja di toko roti demi membiayai kuliahnya kelak, masih memikirkan cara untuk tetap bertahan di kelas unggulan. Tentu aaja dibarengi hukuman dari Pak Yogas yang menjadi pengejar setianya saat bolos, juga seorang “pengejar” yamg tak kenal lelah lainnya.

Resensi buku :


Bolos sekolah di hari Senin? No way! Tapi nggak buat Yuka karena ia harus melakukan suatu tugas yang nggak bisa digantikan oleh orang lain. Yuka mau tak mau harus merelakan jam belajarnya terpotong demi masa depannya. Tapi gimana kalau Yuka kedapatan membolos bareng anak lain? Apa mereka komplotan? Apa mereka janjian bolos?

Heru anak sekolah SMA 1 Karya sering membolos dengan memanjat pagar sekolah. Tak disangka hari itu Heru dan Yuka saling berebut keluar sekolah. Berlari hingga saling bertubrukan. Kali ini dua anak tukang bikin masalah itu dikejar-kejar oleh Pak Yogas. Keduanya kena hukuman membersihkan mushola dan merangkum pelajaran.

Yuka menjadi gadis yang berbeda setelah perceraian ayah dan ibunya. Baginya, bertahan hidup tanpa kasih sayang keduanya pun sudah membuatnya berubah drastis. Yuka yang dulu ceria dan selalu menjadi anak pintar di sekolah, mendadak menjadi si pembuat masalah. Yuka jadi makin sering mmebolos tanpa alasan. Apalagi kegiatan membolosnya ini diketahui oleh Pak Yogas, guru sejarah yang memergokinya melompati pagar sekolah.

Yuka yang dulu dikenal sebagai gadis manis, kini menjadi buronan senin. Ada apa dengan Senin? Kenapa Yuka selalu membolos di hari itu, bukan hari lainnya? Kenapa Yuka nggak mau memberi alasan kenapa ia membolos?

Pertanyaan demi pertanyaan menghantui Pak Yogas karena ia selalu mendapati Yuka membolos di awal minggu. Kalau satu dua kali tak masalah, tapi rekor membolos Yuka membuatnya hampir dikeluarkan dari jajaran anak kelas unggulan. Apalagi Yuka adalah anak kelas IPA. Banyak pelajaran yang harus dipelajarinya agar tidak terdepak dari jajaran anak-anak kelas elit. Yuka bahkan sempat tertidur saat ujian. Kalau Yuka tak bisa membuktikan bahwa dirinya masih layak di kelas unggulan, maka ia akan dipindahkan ke kelas lain.

Berbeda dengan Yuka, Heru si playboy kelas ikan cue ini sering membolos karena bosan dengan pelajaran. Baginya membolos memicu adrenalinnya. Tiap dikejar-kejar pak Yogas, dia bahagia, bukannya sedih. 😅 Heru yang dikenal sebagai playboy juga sering pacaran dalam waktu singkat, kurang dari seminggu dia pasti memutuskan pacarnya. 😂

Apa jadinya jika dua Buronan Senin itu harus menyelesaikan tugas yang diberikan pak Yogas. Kalau tidak, ia akan mendapat sangsi berat dari sekolah.

Di sisi lain, ada Adit, si ketua OSIS yang naksir Yuka sejak masih SMP. Adit yang sahabatan dengan Heru kaget karena baru tahu Yuka tukang bolos. Masa ketua OSIS pacaran sama tukang bikin onar?

Masalah demi masalah bermunculan hingga membuat persahabatan Adit dan Heru semakin rumit. Akankah Yuka memilih salah satu di antara keduanya? Trus gimana nasib para Buronan Senin yang bikin hari-hari di SMA jadi makin berwarna?

🌼🍃🌼🍃🌼🍃




Masa SMA bisa dibilang masa yang paling bikin bahagia. Persahabatan yang terjalin lebih intens dan seru karena anak-anak SMA ada di fase mencari jati diri. Sering liat temen sekelasmu bolos sekolah? Bisa jadi dia sedang krisis identitas.

Tak semua yang terlihat di depan mata seperti yang kita pikirkan. Ada anak-anak yang bertahan hidup dengan memendam masalahnya sendiri, seperti Yuka, Heru dan Adit. Yuka dengan dampak trauma perceraian orang tuanya, membuat ia tak mudah percaya dengan kata cinta. Heru yang sering membolos dan playboy sebenarnya haus kasih sayang dari orang tuanya yang sangat sibuk. Dan Adit yang berjuang dengan sakitnya

Anak-anak remaja adalah fase di mana kita masih mencari jari diri. Mencari figur di tengah rumitnya kehidupan. Jika Yuka disibukkan dengan pekerjaan paruh waktunya, Adit justru disibukkan dengan menjadi ketua OSIS. Bukti bahwa Adit tak mau sakit menjadi penghalang baginya untuk tetap berkarya di organisasi sekolah. Ya, meskipun dengan keterbatasan yang tak mudah.

Saat remaja punya masalah mereka nggak tahu mau cari solusi ke mana. Di sini peran guru haruslah menjadi sebuah titik balik agar anak remaja menemukan tempat ternyaman untuk berkisah dan berkeluh kesah.

Di novel Melodi Senin ini selain ceritanya yang seru khas anak-anak remaja, celetukan yang tercipta juga tanpa bullying. Penulis membuat julukan yang lebih manusiawi dibanding buronan senin yaitu Bu Nin. Ini terjadi saat sahabat Yuka menyebutnya sebagai Bu Nin alias buronan senin. Nggak frontal menyebut Yuka sebagai tulang bolos, karena sahabatnya kenal Yuka. Yuka nggak akan bolos tanpa alasan yang jelas. Di sinilah pentingnya seorang sahabat untuk nggak memojokkan sahabatnya ketika ada masalah.

Yuka juga tetap serius belajar meskipun di tengah keterbatasan uang yang ia miliki. Yuka punya karakter yang anti mainstream. Ia nggak akan melawan ketika diberi hukuman. Bahkan meskipun hukumannya harus bersihin mushola atau ngerangkum pelajaran.

Beda dengan Yuka, ada Heru yang diam-diam perhatian, tapi suka gengsi buat mengakui. Karakter Heru ini playboy plin plan. Dia sering sengaja cari pengganti cewek demi memenuhi kekosongan jiwanya karena ketiadaan sosok orang tua dalam masa remajanya. Beruntungnya Heru dekat dengan Adit yang pintar. Jadi meski ia sering bolos, tapi ia nggak malas belajar. Ia mau mencari tahu pada teman-temannya yang pintar kalau pelajaran yang ia pelajari nggak ia pahami. Beda kan sama anak-anak nakal yang biasanya tukang nyontek. Nah ini enggak. Heru dan Yuka sama-sama tetap belajar meski sering ketinggalan pelajaran karena bolos sekolah.

🌼🍃🌼🍃🌼🍃

Ada kalimat yang saya suka di novel ini :

  1. "Kedua orang tua gue saling cinta, tapi pada akhirnya bercerai. Kemana cinta mereka? Ke mana janji mereka untuk saling menyayangi? Ke mana janji untuk tetap bersama dalam keadaan apa pun? Dan sekarang, Kakak mau saya jadi pacar Kakak karena cinta? Cukup, kak. Tolong jangan ngasih harapan dan cinta yang pada akhirnya nggak berarti apa-apa.” (hlm. 99)
  2. “Kebanyakan membolos bikin lu sensitif gini. Dikit-dikit ngambek. Dikit-dikit ngambek.” (hlm. 115)
  3. "Wah, parah. Pas orangnya di kelas, giliran pikirannya yang membolos. Hoooi, tukang mengkhayal.” (hlm. 122)
  4. “Karena gue bukan siapa-siapanya Yuka, gue lebih sensitif ketika dengar apa pun tentangnya. Dan mendengar seseorang berbicara tentangnya.” (hlm. 123)
  5. “Apa salahnya kalau gue membantu sifat pengecut lu? Yuka nggak akan peka dengan perhatian-perhatian yang elu berikan. Cewek perlu pengungkapan juga, Dit.” (hlm. 127)
  6. “Gue nggak pernah ragu dengan persahabatan kita, sekali pun situasi sekarang berbeda, gue masih menganggap lu sebagai sahabat.” (hlm. 130)
  7. “Berhenti bersikap seperti cowok baik-baik di depan gue. Playboy tetap aja playboy. Lu kira pandangan orang lain langsung  berubah saat lu memperlakukan pacar lu yang sekarang sedikit berbeda dengan yang sebelumnya?” (hlm. 150)
  8. “Yang menjadikan lu cowok brengsek adalah diri lu sendiri. Selagi ada kemauan untuk berubah, lu pasti bisa menjadi cowok yang baik.” (hlm. 162)
  9. “Biasanya kita merasa baik setelah mengunjungi tempat yang menyenangkan atau yang kita suka.” (hlm. 175)
  10. “Lu terlalu mudah ngomong cinta dan terlalu mudah juga untuk meralat kata-kata itu.”(hlm. 180)


🌼🍃🌼🍃🌼🍃

Nah, kini saatnya Giveaway! 😎

Kali ini saya akan membagikan 1 novel Melodi Senin gratis untuk pembaca blog ini yang mengikuti giveaway Melodi Senin. 😍





Aturan giveaway dan blog tour Melodi Senin :


  1. Follow twitter @laksana_fiction dan @ila_rizky. Jika tidak ada twitter silakan like FB “Penerbit DIVA Press” atau IG @penerbitdivapress dan @ilarizky
  2. Follow blog Resensi Kiky ini (klik ikuti) atau subscribe dengan memasukkan alamat emailmu.
  3. Share link postingan ini di twitter dan mention @ila_rizky @laksana_fiction dengan hastag #GAMelodiSenin
  4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar : “Apa yang membuatmu jatuh cinta pada seseorang?”
  5. Pemenang akan dipilih sesuai dengan jawaban yang diberikan. Jadi berikan jawaban yang bikin hati saya meleleh ya. 😛
  6. Giveaway Melodi Senin ini hanya untuk peserta berdomisili di NKRI. Ongkir pengiriman ditanggung penerbit. Jadi kamu tinggal duduk manis di rumah menunggu kurir mengirim paket hadiahnya. 😉v
  7. Giveaway Melodi Senin berlaku mulai tanggal 25 Maret - 31 Maret 2019 jam 23.59. 
  8. Pengumuman pemenang maksimal 2 hari setelah Giveaway selesai yaitu tanggal 2 April 2019. Jika dalam waktu 1x 24 jam tidak ada kabar dari pemenang setelah dihubungi, maka akan diberikan pada orang lain. 😊
  9. Foto buku hadiahnya jika sudah sampai yakni  novel Melodi Senin dari DIVA Press.😄(wajib ya gaess 😘)
  10. Format jawaban : 

Nama :
Akun socmed : @
Domisili :
Link share :
Jawaban :



Jika belum beruntung memenangkan hadiahnya, kamu bisa ikuti jadwal Blogtour selanjutnya di blog Ade Delina mulai tanggal 1 - 7 April 2019 (Diary Gamophobia). 😊

Nah, selamat mencoba. Good Luck! 😘

🌼🍃🌼🍃🌼🍃

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah ikut giveaway Melodi Senin karya Yuukagem.

Pemenangnya adalah


FATHIA RIZKIAH@Fath_vath


Silahkan kirimkan nama, alamat, no hp yang aktif ke email sabilla.arrasyid@gmail.com atau ke DM twitter saya @ila_rizky

Buku akan dikirim oleh penerbit ke alamat rumahmu. 😊

Bagi yang belum beruntung, kamu bisa ikut blogtour berikutnya di blog http://delinabook.wordpress.com

Thank you untuk partisipasinya ya teman-teman. 💞🎉😍

Komentar

  1. Bismillahirrahmanirrahim...
    Nama : Farrah Nur Fadhilah
    Akun sosmed : Twitter : @Rarah_09
    Domisili : Indramayu, Jawa Barat, Indonesia
    Link share : https://twitter.com/Rarah_09/status/1110470523052384261?s=19
    Jawaban : Senyumannya, dengan dia tersenyum rasanya hati ini merasakan keteduhan hatinya😊

    BalasHapus
  2. Nama: Fathia Rizkiah
    Akun sosmed: Twitter @fath_vhat, Instagram @fath_vhat
    Domisili: kota Tangerang
    Link share: https://twitter.com/Fath_vhat/status/1110472016291721216?s=20
    Jawaban: Senyum dan tatap. Dua nikmat terindah yang selalu sukses membuat pertahanan saya sebagai perempuan jutek runtuh. Bagaimana tidak? Lekukan senyum manisnya selalu bisa menjelma detak jantungku berpacu begitu cepat hingga dua kali lipat dari detak biasanya. Belum lagi aku dibuat terbang saat me-reka ulang bagaimana ia tersenyum begitu manis padaku. Ya aku terbang, kukira senyum manis itu ditujukan padaku. Padahal aku tidak tahu.


    Seandainya saya mendapatkan novel ini, saya akan mereview novel ini ke YouTube channel saya "Fathia Rizkiah" :)

    BalasHapus
  3. Nama: Fathia Rizkiah
    Akun sosmed: Twitter @fath_vhat, Instagram @fath_vhat
    Domisili: Kota Tangerang
    Link share: https://twitter.com/Fath_vhat/status/1110472016291721216?s=20
    Jawaban "Apa yang membuatmu jatuh cinta pada seseorang?": senyum dan tatap. Dua nikmat terindah yang Allah ciptakan ini benar-benar sukses membuat pertahanan saya sebagai perempuan jutek runtuh. Bagaimana tidak? Sedikit saja ia menunjukkan Lekuk senyum manisnya, jantungku berdegup kencang. Meski aku tidak tahu senyum itu ditujukan padaku atau bukan. Belum lagi bibir ini yang tersenyum-senyum sendiri saat me-reka ulang ia tersenyum begitu manis. Ah rasanya aku akan gila.

    Kalau saya mendapat novel ini, saya akan mereview di YouTube channel saya "Fathia Rizkiah"

    BalasHapus
  4. Sukses giveaway nya LA... 🙏

    BalasHapus
  5. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/bety_19930114/status/1110511690217451521?s=20
    Jawaban: Cara dia memperlakukanku dengan hormat sebagai seorang wanita.

    BalasHapus
  6. Nama : Safrizal
    Akun socmed : @safrizal_garuda (twitter)
    Domisili : Aceh
    Link share : https://twitter.com/safrizal_garuda/status/1110732135147560960
    Jawaban : “Apa yang membuatmu jatuh cinta pada seseorang?”
    Entahlah... Itu pertanyaan yang tak pernah bisa aku jawab sampai sekarang. Bahkan aku hampir lupa kapan terakhir kali aku benar-benar jatuh cinta. Karena memang terkadang cinta hadir tanpa perlu menunggu alasan.

    BalasHapus
  7. Nama: Cahya
    Akun sosmed: @ccchhy (twitter)
    Domisili: Kota Palembang
    Link share: https://twitter.com/ccchhy/status/1110727496452833280
    Jawaban: Tidak ada... 😀 tidak ada alasan khusus yang membuatku jatuh cinta pada seseorang. Tanpa sadar tahu-tahu aku sudah jatuh cinta saja padanya. Karena aku sendiri pernah pengalaman jatuh cinta pada seseorang yang aku sendiri tak tahu mengapa aku bisa jatuh cinta padanya. Padahal aku tidak dekat dengannya, ngobrol pun jarang. Dibilang ganteng pun tidak juga ya. Dan dia bukan tipikal pria yg super sweet atau pun super gentle seperti yg biasa diidamkan para wanita. Dia biasa-biasa saja. Standar.

    Yang namanya hati nggak bisa ditebak ia akan menjatuhkan dirinya kapan dan pada siapa. Dan setiap aku mengalami itu aku tidak pernah mencari-cari alasan hal apa yang membuatku suka padanya karena jika alasanku itu tak lagi ada pada dirinya maka bukan berarti aku tak bisa lagi menyukainya, bukan?

    BalasHapus
  8. Nama : Farida Endah
    Akun socmed : @farida_271 (twitter & IG)
    Domisili : pacitan jawa timur
    Link share : https://twitter.com/farida_271/status/1111012376130707456
    Jawaban : tresno jalaran soko kulino kak, ha ha ha dia yang membuat nyaman, dia yang enak diajak bicara, dia yang tidak ngeri saat melihat kejelekan aku, dan semua hal itu tiba-tiba datang dengan sendirinya. kok aku selalu deg-deg an ya kalau mau ketemu dia, kok aku kangen ya gak liat dia dalam sehari aja

    BalasHapus
  9. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Sosmed : @HamdatunNupus
    Domisili : Depok, Jawabarat
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/1111525455994085376
    Jawaban : Dari cara orang itu mencintai & menyayangi ibu dan saudari perempuannya.

    BalasHapus
  10. Nama : Dwi Prasetyani
    Akun Sosmed : @stya_10
    Link share : https://twitter.com/Stya_10/status/1110741215576612865?s=20
    Jawaban :
    Tentang sebuah alasan : mengapa aku jatuh cinta kepada seseorang?

    Well..
    Cinta adalah fitrah, ia adalah sebuah rasa yang Allah anugerahkan kepada setiap makhluk ciptaannya. Kalau kata orang Cinta itu dari mata turun ke hati. Sedang bagiku cinta itu adalah kejujuran diri, berawal dari rasa kagum, diam-diam memerhatikan dan tumbuhlah cinta. Dulu mungkin dengan mudahnya aku mencinta, mendamba ia yang elok rupa. Tapi itu dulu. Sekarang berbeda. Alasan yang membuatku jatuh cinta adalah rasa cintanya kepada Sang Rabb. Tentang kedekatannya kepada Sang Rabb. Dia yang sedap dipandang mata, yang menentramkan dan mendamaikan karena kesolihannya. Yang pasti dialah sosok idaman, calon pemimpin masa depan. Seorang imam yang menuntun dan membersamai jalan menggapai jannah-NYA. Bagiku jatuh cinta tak melulu soal harta atau rupa, yang nomor satu adalah agamanya juga akhlaknya. Jatuh cinta kepada dia karena DIA akan jauh lebih indah daripada jatuh cinta kepada dia karena ada apanya.
    Melihat solihnya dia, taatnya pada Sang Rabb, sholat jamaahnya, sholat sunnahnya, puasanya, amal-amal sholihnya, tilawahnya..
    Ahh.. Memang enak ya jika mendamba.
    Membayangkan pun sudah berbunga-bunga.
    Beginilah jika cinta bukan pada waktunya. Harus senantiasa bersabar dan jangan lupa puasa 😅

    BalasHapus
  11. Nama :Lina Fitriani
    Akun Sosmed :@19linafitriani2
    Domisili: Pati, Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/19linafitriani2/status/1112172394272034816
    Jawaban : Yang membuatku jatuh cinta pada seseorang ??
    Gigi ginsulnya mungkin ?,'dia' itu aslinya nyebelin dan bikin jengkel, aku pun sering dibikin marah² tapi setiap kali dia senyum plus nunjukin gigi ginsulnya rasanya itu adem, ayem tentrem gitu, rasa jengkelnya itu mendadak hilang aja...
    Kalau ada yang berharap jadi 'si gigi kelinci' yang mencintai dan dicintai dan berakhir jadi bidadari surga , aku cuma berharap jadi 'si gigi ginsul' yang mencintai dan dicintai dengan tulus dan ikhlas

    BalasHapus
  12. Nama: Leny
    Akun sosmed:@melodyhujan23 (twitter)
    Domisili:Rantau,Kalimantan Selatan
    Link Share: https://twitter.com/MelodyHujan23/status/1112335511039836162
    Jawaban:Yang membuat aku jatuh cinta kepada seseorang adalah kecintaannya pada Sang Pencipta. Dia beribadah bukan karena takut tapi karena cinta pada Tuhannya. Dengan kecintaannya kepada Tuhan, aku yakin dia juga akan mencintai sesamanya, kedua orangtuanya, juga saudaranya. Dengan cinta kepada-Nya, dia pasti memiliki hati yang bersih, jujur, dan bertanggungjawab.

    BalasHapus
  13. Nama : Mar'atul Firdaus
    Akun socmed : @Kaze_Idoz (twitter)
    Domisili : Gresik, Jawa Timur
    Link share : https://twitter.com/Kaze_Idoz/status/1112370209170444289
    Jawaban : Kepribadian dan caranya memperlakukan ibu serta saudara perempuannya. Ini sih kriteria suami ideal ya. Tapi, hal ini beneran terjadi dalam hidupku. Makin cinta sama suami 😘

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital