Langsung ke konten utama

Resensi Buku Kresek Hitam by Honey Dee


Judul buku : Kresek Hitam

Penulis : Honey Dee

Penerbit : Elex Media Komputindo

Terbit : Juli 2023

Tebal : 184 halaman

ISBN : 9786230048364

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital 


❤️❤️❤️


πŸ“š Sinopsis Buku Kresek Hitam by Honey Dee : 


Maera pikir, masuk asrama rehabilitasi merupakan hukuman terbaik atas penebusan dosa-dosa masa lalunya. Ternyata, hukuman yang sesungguhnya didapat setelah dia keluar dari sana. 


Dia kehilangan saudara dan teman, di-DO dari kampus, dan yang jauh lebih buruk, tak lagi dipercaya kedua orangtuanya. 


Ketika Maera berusaha menata ulang kehidupannya, orang-orang yang dia harap bisa menolong malah berbalik menghancurkannya. 


Apakah beban yang terlampau berat ini mampu dihadapi Maera di usianya yang baru sembilan belas? 


Haruskah hidupnya berakhir bagaikan kresek hitam yang akan disingkirkan oleh keluarganya?



❤️❤️❤️


πŸ“š Review Buku Kresek Hitam by Honey Dee : 


Maera masuk rehabilitasi karena mengonsumsi narkoba. Meskipun ia dinyatakan bersih setelah menjalani rehabilitasi selama 3 bulan, namun keluarganya menganggap dia bermasalah. 


Tak ada keluarga inti yang menyambutnya saat pulang ke rumah. Ortunya sibuk kampanye pemilihan walikota, dan 2 kakaknya juga sama. 


Maera hampir saja menyerah dan meminta kak Sukma untuk menerimanya bekerja di rehabilitasi. Namun, Kak Sukma percaya bahwa tinggal dengan keluarga jauh lebih dibutuhkan Maera. 


Ya, Maera menelan semua ucapan pahit yang mampir ke telinga dari kanan kiri. Hal itu Maera lakukan demi mengeratkan lagi kekeluargaaan yang kian merenggang. 


Namun, sebuah bencana terjadi. Maera bertemu dengan sepupu jauhnya, seorang cowok bernama Mahisa, yang ternyata diam-diam terobsesi dengannya dan ingin menjadikannya istri. Namun, Maera menolak karena ia tak mau menjalani pernikahan di usia yang terlalu dini, 19 tahun. 


Masih banyak impian yang ingin diraih. Maera masih ingin bekerja dan bermanfaat bagi lingkungan. Juga berkuliah lagi di tempat yang baru. 


Alasan itu dianggap tak masuk akal oleh Mahisa. Cowok itu tetap memaksakan kehendaknya, dan terjadilah insiden yang membuat Maera harus berurusan dengan polisi lagi. Kali ini, karena dia dirudapaksa oleh Mahisa, namun cowok itu memutarbalikkan fakta tentang hal itu. 


Bisa dibilang, Mahisa punya persona yang sulit dibantah oleh keluarga Maera. Mengingat Mahisa ini adalah penghafal al Qur'an, bahkan sudah punya bisnis yang mapan. 


Namun, apa yang membuat Mahisa gelap mata dan melakukan hal jahat dan aneh yang dianggap tabu bagi seorang religius sepertinya? 


Maera sampai mencari bantuan keluar rumah, dan mengungsi ke tempat yang aman. 


Meski demikian, ortunya memaksakan kehendak mereka agar Maera menikah dengan Mahisa. Semua hal itu demi menutup aib yang ada. 


Padahal, Maera sangat benci cowok itu, tapi kenapa korban justru harus menikah dengan pelakunya? 


❤️❤️❤️



Menurutku :


Novel Kresek Hitam karya Honey Dee ini menggambarkan bagaimana keadaan korban rudapaksa (perkosaan) yang berada di persimpangan. 


Secara bukti, mereka kadang dianggap lemah karena berada di pihak korban. Apalagi perempuan yang bisa saja tidak berani speak up tentang bagaimana kejadian yang dialami. 


Sosok Maera ini sebenarnya naif dan lugu, bahkan waktu dia diflirting sama Bang Izar, dia malah ngira itu becanda doang. Ya, namanya umur 19 tahun, beda sama isi kepala cowok yang udah kepala 30 ya. 


Nah, bang Izar ini sih yang biang masalahnya, becandanya kelewatan. Becandaannya nyrempet masalah. Kayak gimana ya, nggak bisa lihat sikon lho. Hadeehh


Emang salah Bang Izar sih, tapi Mahisa ini juga bikin geleng-geleng kepala. Haduuuh. 


Gregetan aku tuh liat dia dengan polosnya mengaku segala perbuatannya. Kayaknya sih abis kena baku hantam di kantor polisi, makanya ngaku. 🀷‍♀️


Tapi nih, aku nggak habis pikri di luar nurul sekali liat kelakuan Mahisa. Sebagai penghafal al Qur'an entah kemana hafalannya menghilang. Lenyap tak berbekas. Seolah menghafal al Qur'an itu cuma rutinitas dan kewajiban aja, nggak ada yang masuk ke akhlak di kehidupannya. Apalagi waktu dia ngebut-ngebutan. Wkwk. Asli kzl banget. Sampe dikomenin ama bocil gara-gara dia muntah disopirin Mahisa. πŸ˜…


Yang lebih ngeselin lagi keluarga sepupu Maera. Dahlah ini bobrok banget. Tantenya apalagi, ngeselin banget omongannya. Hadehh. 


Emang ya, meskipun keluarganya dianggap keluarga surgawi, tapi soal akhlak beda lagi. πŸ™„


Pantas saja Rasulullah bilang, sebaik-baik akhlak adalah seseorang yang baik sama keluarganya. 


Kalau di luar mentereng dengan segudang prestasi dan nama baik, tapi sama keluarga sendiri kek Dajjal ya, gimana yaa... πŸ₯Ί 




Abah menutup semua kebusukan dalam rumah kita demi nama baik, demi partai, demi embel-embel umat yang sebenarnya hanya karena Abah takut kehilangan kursi. Abah nggak pernah cinta kami. Abah cinta kursi. Abah cinta kekuasaan yang Abah dapat dari partai.


(Kresek Hitam, hlm. 150)



Ya Allah, gregetan banget pengin nampol para tokoh antagonis yang bikin Maera stresseu. 😭😭😭


Dahlah, kamu baca aja sendiri novelnya. Dijamin pengin nyekek Mahisa dkk. 😑 


Well.... Untung ada banyak tokoh baik hati yang datang di waktu tak terduga. Cukuplah endingnya cucok buat bikin hati terasa hangat. 


Maera, sini peluk dululaaah~ πŸ₯ΊπŸ₯ΊπŸ₯Ί


Oiya, gambaran suasana Samarinda terasa nyata banget. Kayak beneran kejadiannya ada di sana. Padahal ini fiksi ya. Eh iya, ini pemenang juara 1 lomba novel islami Laiqa lho. 😍


Menurutku alur dan konflik di bukunya pas. Pesan moral yang digaungkan penulis melalui para tokohnya juga clear. Nggak ada pesan yang ambigu. Bener-bener porsinya sesuai yang dibutuhkan. Setiap tokoh lain juga nggak cuma numpang lewat, tapi beneran berpengaruh ke perkembangan karakter Maera di novel ini.


Minusnya apa ya, aku rasa agak kurang enak bahas nama obat yang dipakai Mahisa buat melakukan rudapaksa Maera. Aku khawatir malah jadi inspirasi pembaca buat berbuat yang tidak baik. 


Semoga kekhawatiranku ini dipahami sama penulisnya yaa. Sebenernya mau ngasih bintang lima, tapi minus itu aja sih. Makanya rating jadi 4,5 🌟 ya. 


Overall, rating buku Kresek Hitam karya Honey Dee :  4,5/5 🌟

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek - Ratih Kumala di Shopee

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital