Langsung ke konten utama

Resensi Buku It’s Not a Dream! by Triani Retno A.


Judul : It’s Not a Dream!
Penulis : Triani Retno A.
Penerbit : Elex Media
ISBN : 978-602-02-4440-2
Terbit : Juli 2014
Tebal : 168 halaman
Harga : Rp 33.800


"Ketika mimpi-mimpi menjadi nyata. Tetaplah di sini bersamaku. Mencintaiku, merindukanku..."
          
          Mimpi bagi sebagian orang dianggap sebagai bunga tidur. Sepintas tak ada yang istimewa karena acak dan absurd. Endapan yang tersisa dari emosi yang belum diluapkan di kehidupan nyata sering jadi terasa utuh di dunia mimpi. Namun, ada mimpi yang menjelma jadi nyata, menggenapkan tanya tanya dalam hati Fayya.

           Beragam kejadian dialami oleh Fayya, gadis 17 tahun yang sangat sering bermimpi. Keriuhan yang ada di mimpinya membuat Fayya tak bisa tidur dengan damai. Kadang, Fayya merasakan tubuhnya bergerak letih karena sibuk ngejar pesawat terbang, lari-lari sampai capek, dan beragam mimpi aneh lainnya. (hlm 2) Tiap bangun tidur, badannya seperti mengalami apa yang ia rasakan di alam mimpi. Padahal, menurut Kriesta-sahabatnya, mimpi itu ya hanya bunga tidur saja.

         Bagi Fayya, mimpinya bisa jadi ide buat menulis cerpen. Fayya juga bisa merasakan suasana di beberapa negara yang ia datangi di alam mimpi. Ia bisa menghirup aroma musim gugur dengan dedaunan maple yang berguguran di bawah kakinya.(hlm. 66) Tapi, kepanikan melanda Fayya saat ia tahu mimpinya terasa tak asing lagi. Fayya kaget saat mimpinya bersama Chef Andrean sama seperti di mimpinya. Ada lagi berita kematian beberapa orang dalam rombongan pendakian gunung yang menghilang di mimpi Fayya. (hlm 112)

          Elvin, cowok yang ditaksirnya pun beberapa kali datang dalam mimpi. Fayya mulai panik ketika berkali-kali mimpi Elvin pamit untuk pergi jauh. Diam-diam Fayya mencari tahu tentang mimpi. Ia yakin, pasti ada penjelasan ilmiah di balik sebuah mimpi. (hlm. 124) Dari pencariannya itu Fayya tahu bahwa para ahli psikologi telah lama membahas mimpi. Lalu, apa arti mimpi Fayya?

***
        Novel It’s Not a Dream karya Triani Retno ini mengisahkan tentang anak remaja yang sering mengalami mimpi yang menjadi kenyataan. Mimpi prekognisi yang dialami Fayya, mungkin saja biasa dialami oleh anak indigo. Kelekatan Fayya dengan dunia mimpi terasa nyata dan mengundang pertanyaan, apa yang ada dalam arti mimpinya?.

          Mimpi-mimpi Fayya bukan sekadar bunga tidur. Mimpi-mimpinya adalah gambaran masa depan. Mimpi-mimpinya adalah gambaran yang ia dapatkan ketika sukmanya terlepas dari badan saat ia tengah tidur pulas. Out of body experience atau saat sukmanya terlepas, saat itulah jiwa Fayya menyambungkannya dengan dunia astral.

            Novel dengan gaya bahasa khas remaja yang mengalir dan padat dengan isi. Tak hanya sisi romantis percintaan Fayya dengan Elvin yang menjadi inti cerita, namun juga tentang usaha Fayya dan Elvin berjibaku mewujudkan impian terpenting dalam hidup mereka menjadi nyata. Novel ini layak untuk dibaca di kala senggang karena ringan dan menghibur.

Komentar

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com