Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

28 August 2014

Resensi Buku It’s Not a Dream! by Triani Retno A.


Judul : It’s Not a Dream!
Penulis : Triani Retno A.
Penerbit : Elex Media
ISBN : 978-602-02-4440-2
Terbit : Juli 2014
Tebal : 168 halaman
Harga : Rp 33.800


"Ketika mimpi-mimpi menjadi nyata. Tetaplah di sini bersamaku. Mencintaiku, merindukanku..."
          
          Mimpi bagi sebagian orang dianggap sebagai bunga tidur. Sepintas tak ada yang istimewa karena acak dan absurd. Endapan yang tersisa dari emosi yang belum diluapkan di kehidupan nyata sering jadi terasa utuh di dunia mimpi. Namun, ada mimpi yang menjelma jadi nyata, menggenapkan tanya tanya dalam hati Fayya.

           Beragam kejadian dialami oleh Fayya, gadis 17 tahun yang sangat sering bermimpi. Keriuhan yang ada di mimpinya membuat Fayya tak bisa tidur dengan damai. Kadang, Fayya merasakan tubuhnya bergerak letih karena sibuk ngejar pesawat terbang, lari-lari sampai capek, dan beragam mimpi aneh lainnya. (hlm 2) Tiap bangun tidur, badannya seperti mengalami apa yang ia rasakan di alam mimpi. Padahal, menurut Kriesta-sahabatnya, mimpi itu ya hanya bunga tidur saja.

         Bagi Fayya, mimpinya bisa jadi ide buat menulis cerpen. Fayya juga bisa merasakan suasana di beberapa negara yang ia datangi di alam mimpi. Ia bisa menghirup aroma musim gugur dengan dedaunan maple yang berguguran di bawah kakinya.(hlm. 66) Tapi, kepanikan melanda Fayya saat ia tahu mimpinya terasa tak asing lagi. Fayya kaget saat mimpinya bersama Chef Andrean sama seperti di mimpinya. Ada lagi berita kematian beberapa orang dalam rombongan pendakian gunung yang menghilang di mimpi Fayya. (hlm 112)

          Elvin, cowok yang ditaksirnya pun beberapa kali datang dalam mimpi. Fayya mulai panik ketika berkali-kali mimpi Elvin pamit untuk pergi jauh. Diam-diam Fayya mencari tahu tentang mimpi. Ia yakin, pasti ada penjelasan ilmiah di balik sebuah mimpi. (hlm. 124) Dari pencariannya itu Fayya tahu bahwa para ahli psikologi telah lama membahas mimpi. Lalu, apa arti mimpi Fayya?

***
        Novel It’s Not a Dream karya Triani Retno ini mengisahkan tentang anak remaja yang sering mengalami mimpi yang menjadi kenyataan. Mimpi prekognisi yang dialami Fayya, mungkin saja biasa dialami oleh anak indigo. Kelekatan Fayya dengan dunia mimpi terasa nyata dan mengundang pertanyaan, apa yang ada dalam arti mimpinya?.

          Mimpi-mimpi Fayya bukan sekadar bunga tidur. Mimpi-mimpinya adalah gambaran masa depan. Mimpi-mimpinya adalah gambaran yang ia dapatkan ketika sukmanya terlepas dari badan saat ia tengah tidur pulas. Out of body experience atau saat sukmanya terlepas, saat itulah jiwa Fayya menyambungkannya dengan dunia astral.

            Novel dengan gaya bahasa khas remaja yang mengalir dan padat dengan isi. Tak hanya sisi romantis percintaan Fayya dengan Elvin yang menjadi inti cerita, namun juga tentang usaha Fayya dan Elvin berjibaku mewujudkan impian terpenting dalam hidup mereka menjadi nyata. Novel ini layak untuk dibaca di kala senggang karena ringan dan menghibur.

3 comments:

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^