4 January 2021

[Resensi Buku] Komik Doraemon Petualangan Vol. 19 - Fujiko F Fujio Pro


komik doraemon - fujiko f fujio - elex media


Judul Buku : Doraemon Petualangan Vol. 19 - Petualangan Nobita di Luar Angkasa

Pengarang : Fujiko F Fujio Pro

Penerbit : Elex Media Komputindo

Terbit : Cetakan Pertama, 2016

Tebal : 196 halaman

ISBN : 978-602-02-9232-8

Rating : 5 bintang

Harga : Rp 25.000 (dapat diskon jadi Rp 12.500)


Sinopsis Komik Doraemon Petualangan Vol. 19 : 


Nobita, Doraemon, Giant, Suneo dan Shizuka bermain star crush game, salah satu alat mainan dari kantong Doraemon. Alat ini adalah game petualangan luar angkasa yang paling baru. Kalau main ini orang akan bisa merasa benar-benar berpetualang ke luar angkasa. 


Doraemon mengajak teman lainnya untuk masuk ke dalam game dengan memasukkan tangan ke lubang kotak star crush game. Dengan begitu, mereka bisa masuk ke dalam dunia luar angkasa.


"Kita akan balapan sampai ke planet dengan menghindari meteor dan menembak pesawat lain."

"Sebenarnya aku takut kena tembak."

"Tenang saja, permainan ini aman kok."

"Tujuan kita adalah planet yang bersinar itu."


Mereka terbagi 2 tim yaitu tim 1 Giant dan Suneo, dan tim 2 Doraemon, Nobita dan Shizuka. 


Sayangnya, saat bermain, tim Nobita kalah dan keluar game lebih dulu. Sedangkan tim Giant masih melanjutkan game hingga akhir.


Sampai kemudian terjadi sebuah tragedi : Nobita mengacaukan isi kamarnya dengan alat Doraemon. Semua benda menjadi gosong dan meluncur keluar dari kamar. Ibu Nobita membuang benda-benda yang rusak dan kotor ke belakang rumah. 


Saat sudah selesai beberes, Nobita baru sadar Giant dan Suneo belum keluar dari kotak game. Padahal mereka sudah bermain terlalu lama. Ternyata, merela terjebak dalam kotak game dan tak bisa keluar.


Tak disangka, kotak star crush game yang dibuang ibu Nobita di belakang rumah, ternyata hilang. Kotak itu harus ditemukan oleh Nobita dan kawan-kawan, kalau tidak nasib Giant dan Suneo bisa gawat. Keduanya tidak akan bisa keluar dari game itu.

 

Masalahnya, kemana kotak start crush game itu menghilang?

 

Saat Doraemon mencari kota game itu, sesosok cahaya yang diduga alien atau makhluk asing membawa kotak game ke luar angkasa. Padahal, jarak luar angkasa dengan bumi sangat jauh hingga jutaan tahun cahaya. Bagaimana bisa Giant dan Suneo kembali ke bumi jika mereka dibawa oleh pesawat alien?

 

Saat itulah, Suneo dan Giant ternyata sudah bisa keluar dari kotak game. Mereka keluar dari game dan menemukan fakta bahwa mereka ada di dalam ruangan yang asing, namun penuh dengan benda-benda dari bumi.

 

Saat akan membuka pintu, Giant terkaget karena ia baru menyadari di mana dirinya berada sekarang. Ia ada di pesawat milik makhluk luar angkasa. Wow, siapa yang membawanya?

 

Di saat itulah Doraemon, Shizuka, dan Nobita pergi ke luar angkasa dengan menggunakan pintu kemana saja. Mereka menggunakan benda yang ditinggalkan oleh Alien itu. Benda itu berupa batu yang runcing berbentuk mirip bintang. Batu ini yang diduga milik alien yang membawa game start crush.

 

Lalu, bagaimana mereka bisa kembali ke bumi?

 

Giant, Suneo, Shizuka, Nobita, dan Doraemon terjebak di dalam pesawat luar angkasa. Pesawat ini membawa mereka pada petualangan yang seru, asyik, namun menegangkan. Pertarungan yang membuat mereka makin khawatir tidak bisa kembali ke bumi, karena mereka terjebak di situasi yang membingungkan.

 

Sosok alien yang membawa game star crush adalah peri mungil bernama Freya. Freya bekerja untuk Ryan, kepala pasukan ksatria muda angkasa yang punya misi untuk menemukan planet yang bisa dihuni oleh kelompoknya.

 

Sejak 300 tahun, kelompok Ksatria muda angkasa bekerja keras untuk menemukan planet yang layak dihuni kembali. Penyebabnya karena planet yang sebelumnya mereka tinggali sudah tidak layak huni lagi. Hingga mereka terombang ambing selama 300 tahun di luar angkasa.

 

“Selama 300 tahun, kami terus berkelana ke seluruh jagat raya, untuk mencari planet yang masih hijau dan bisa dihuni. Lama-lama, makhluk planet lain yang senasib dengan kami berkumpul dan terbentuklah armada pengembara galaksi bima sakti.” (Hlm. 66)

“Kami generasi muda yang lahir di kapal induk, terus melakukan penelitian dan pencarian untuk menemukan planet yang dapat kami huni. Itulah yang mendasari berdirinya pasukan kastria muda angkasa ini.” (Hlm. 66)

“Kami berempat dikirim untuk menyelidiki  tata surya tempat kalian tinggal. Dan akhirnya kami menemukan sebuah planet yang indah bernama ‘bumi’”. (Hlm. 67)

 

Masalah muncul saat planet bumi akan diserang oleh pesawat induk yang digawangi oleh ayah Ryan. Sayangnya, ayah Ryan berada di bawah pengaruh alien bernama Angel Moa. Moa mampu menghipnotis orang yang berinteraksi dengannya. Ia bisa memanfaatkan orang lain untuk membuat rencananya terwujud yaitu menjadikan bumi sebagai tempat tinggal kelompoknya dan menyingkirkan para makhluk bumi.

 

Siapakah Angel Moa itu? Dan bagaimana kelanjutan kisah petualangan Nobita di luar angkasa? Simak di komik Doraemon Petualangan Vol. 19 ya!

 

Resensi Buku Komik Doraemon Petualangan Vol. 19 :

 

Komik Doraemon karya Fujio F terbit dalam berbagai versi, salah satunya adalah versi petualangan Doraemon. Komik petualangan Doraemon ini terbit hingga volume 24. Seingat saya segini ya, koreksi jika saya salah. Nah, komik doraemon ini beda covernya. Komik petualangan ini lebih warna-warni dibanding komik seri yang biasa. Kalau komik seri biasa covernya hanya putih biru.

 

Komik Petualangan Doraemon Vol. 19 ini berkisah tentang petualangan Nobita di luar angkasa. Mereka menemukan alien yang menginginkan planet bumi sebagai pengganti planet tempat tinggal mereka sebelumnya. Mereka sangat ingin agar bisa masuk ke dalam bumi, bahkan ingin bisa menanam pohon yang diyakini mereka sebagai pohon dewa.

 

Di scene saat para penghuni pesawat memohon di depan pohon dewa itu, saya jadi teringat dengan kepercayaan di Jepang yang masih sangat kental. Penulis masih menyisipkan pesan ini di komik meskipun ceritanya sudah ada di luar angkasa. Well ya, menurut saya ini sah-sah saja sih. Karena namanya kepercayaan ya, mau gimana lagi.

 

Scene paling seru pas kejadian Doraemon berusaha untuk membelokkan arah pesawat karena hampir menabrak benda angkasa lainnya. Wuih, ini bikin gregetan sih. Syukurlah berhasil ya. Kalau nggak, kapal induknya bisa meledak dan Doreaemon dkk nggak bisa balik ke rumah deh.

 

Scene lain yang nggak kalah seru adalah saat Nobita cs sedang keluar dari pesawat dan ternyata mereka nyasar di planet yang sangat aneh. Planet ini adalah planet halusinasi, di mana para penghuninya adalah pohon-pohon mengerikan yang memakan korban yang terhipnosis. Halusinasi ini berhasil bagi orang yang memang menginginkan sesuatu yang paling terdalam, misalnya seperti Nobita dan teman-temannya yang sangat ingin pulang ke bumi.

 

Selain itu, juga ada halusinasi yang dialami Nobita yaitu saat pak Guru memberikan kertas hasil ulangan bernilai sempurna yaitu 100. Padahal Nobita selama ini dikenal sebagai anak pemalas, dan nilainya paling jelek. Wekeke. Kok bisa nilai ujian Nobita sampe jadi 100? Ajaib bener dah. Hahaha xD

 

Di komik Doraemon Petualangan Vol. 19 ini juga, pembaca akan disuguhkan kisah tentang power of hope and believe. Kekuatan dari rasa yakin dan percaya pada keluarga, ternyata mampu mengalahkan pengaruh hypnosis dari Angel Moa. Saya pikir Angel Moa itu apa ya, ternyata… serem juga sih kalau inget siapa si Moa itu. Katanya mirip iblis yang menghancurkan bumi. Masalahnya, dia tak berwujud dan bisa menempel di benda-benda yang menjadi wadah untuknya bergerak dan mengerahkan kekuatan ala alien.

 

Yang bikin saya seneng lihat Nobita dan teman-temannya bisa seru-seruan di luar angkasa. Bahkan ada kejadian lucu yang bikin ngakak yaitu saat Nobita nggak sengaja kentut di luar angkasa. Hahaha. Jadilah dia bisa meluncur dengan kecepatan penuh gara-gara gas yang dihasilkan dari kentutnya. Wkwk.

 

Trus ada scene Doraemon pas ngobrol sama makhluk luar angkasa. Doraemon bilang, dia ngantuk banget. Eh, diledek sama makhluk luar angkasa, “Masa robot bisa ngantuk? Masa robot bisa kena hypnosis?” Wkwk. Ya, bener juga ya. Doraemon nggak jauh beda ama manusia bumi. Hahaha

 

Bener-bener ajaib ide dari  penulisnya ini. Bikin cerita petualangan Doraemon jadi seru, mendebarkan dan ngakak juga. :D

 

Overall, saya kasih bintang 5 untuk komik Doraemon Petualangan volume 19 ini. Selanjutnya saya bakalan baca volume 20 ya. See you~ :p


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^