7 September 2021

[Resensi Buku] Kitty dan Harta Karun Harimau Emas by Paula Harrison

 

kitty and the tiger treasure


Judul Buku : Kitty dan Harta Karun Harimau Emas

Judul Asli : Kitty and The Tiger Treasure

Pengarang : Paula Harrison

Pengalih Bahasa : Susanna Prayoga

Ilustrator : Jenny Lovlie

Penerbit : Penerbit BIP

Terbit : Cetakan pertama, 2021

Tebal : 130 halaman

ISBN : 978-623-04-0517-4

Harga Buku : Rp 67.000

Rating : 4/5 bintang

Baca via Gramedia Digital

 

 

Sinopsis Buku Kitty dan Harta Karun Harimau Emas :

 

Kitty  sudah tidak sabar ingin mengunjungi museum untuk melihat patung harimau emas yang sangat berharga. Menurut legenda, siapa pun yang memiliki patung itu, permintaannya akan dikabulkan. Kitty melakukan perjalanan di bawah sinar bulan menuju museum untuk memperlihatkan patung itu kepada Pumpkin. Namun, sesampainya di sana, ternyata patung itu telah dicuri dan Kitty dituduh sebagai pencurinya.

Bisakah Kitty mengembalikan nama baiknya, menemukan dalam pencurian, dan mengembalikan patung itu sebelum matahari terbit?

Yuk simak kisahnya dan lengkapi serinya!

 

Review Buku Kitty dan Harta Karun Harimau Emas :


Keluarga Kitty punya rahasia istimewa. Ibunya mempunyai kekuatan super seperti seekor kucing. Setiap malam, dia bertualang untuk menolong orang. Kitty dan adiknya, Max, juga memiliki kekuatan super yang sama seperti ibunya. Kitty bisa melihat dalam gelap dan mendengar suara di kejauhan. Selain itu, dia juga mempunyai keseimbangan yang bagus dan sangat mahir jungkir balik. Yang paling istimewa, dia bisa bicara dengan hewan!


Keluarga Kitty akan mengunjungi Museum Kota Hollam untuk melihat pameran. Di sana ada patung harimau emas dan banyak harta karun kuno lainnya. Terdengar kabar bahwa patung harimau emas berhiaskan berlian dan matanya terbuat dari zamrud yang besar. Selain itu, patung itu istimewa karena pernah terkubur selama ribuan tahun di makam kuno sebelum ditemukan oleh para arkeolog.


Ada juga kabar bahwa patung harimau emas itu bisa mendengar keinginan hatimu dan akan mengabulkan permintaanmu jika kamu menyentuh cakarnya. Namun, jika ada orang jahat yang menyentuh patung itu dan membuatnya marah, maka dia akan mengirim hantu untuk membalas dendam.


Kitty ingin menunjukkan patung harimau emas itu pada Pumpkin, kucingnya. Namun, Kitty punya ide untuk menyelinap masuk ke dalam museum saat malam hari. Namun, Pumpkin takut bertemu hantu di malam hari. Museum terasa sangat menyeramkan saat malam hari.


“Kita harus pergi sekarang. Kita hanya butuh waktu sepuluh menit untuk sampai di museum dan aku bisa menggunakan kekuatan superku untuk menemukan jalan pintas melewati atap-atap rumah.”(hlm. 14)

 

Kitty dan Pumpkin menjelajah rumah-rumah dengan atap berbentuk cerobong asap. Mereka melewati jalanan yang sunyi dengan cepat dan tanpa suara. Saat sampai di museum, tak disangka Kitty dan Pumpkin bertemu dengan Cleo, kucing abu-abu yang sensitif dan sangat hati-hati menjaga museum.


Cleo sangat gesit dan membantu dengan cepat. Ia mengaku ingin diakui sebagai penjaga museum. Namun, Cleo, Kitty dan Pumpkin dikejutkan dengan kedatangan sosok anjing yang mencuri patung harimau emas. Ternyata anjing itu menuju sebuah tempat terpencil yang jauh dari museum. Anjing ini mencuri patung untuk sesosok kucing yang memiliki kekuatan hipnotis yang mengerikan.


Dapatkah Kitty mengembalikan patung itu ke tempat semula? Baca aja novel anak ini ya!

 

***

 

Apakah ada manusia yang memiliki kekuatan super seperti superhero lainnya? Kisah tokoh anak kecil bernama Kitty ini mengadaptasi kisah superhero yang sudah lazim didengar di dunia. Sebagai penonton superhero seperti batman, catwoman, spiderman, dll, kisah Kitty ini sangat unik karena ia memiliki kekuatan untuk berbicara dengan hewan. Kitty juga menggunakan kostum ala kucing lengkap dengan penutup mata yang unik agar ia tak dikenali oleh orang lain saat beraksi.


Selain itu, Kitty juga berkenalan dengan beberapa kucing yang ditemuinya saat bertugas malam hari. Perkenalan mereka sangat unik dan membuat mereka merasa dekat dengan lainnya. Kitty bukan hanya anak biasa, karena ia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, juga memiliki kegesitan saat menjalankan aksinya di bawah sinar rembulan.


Novel anak seri Kitty ini akan membahas tentang petualangan Kitty saat mencari patung harimau emas yang hilang di museum. Bagaimana ia dapat menemukan patung itu?


Saat saya baca novel anak ini, seru banget bisa nemu cerita seunik Kitty dan teman-teman kucingnya. Kitty punya kekuatan super sebagai pahlawan di malam hari, namun ia akan menjadi gadis kecil biasa di siang hari. Kegesitan Kitty menyelesaikan misi sangat didukung dengan kemampuannya berbicara dengan hewan.


Di kisah Kitty and The Tiger Treasure ini Kitty menunjukkan kepada pembaca bahwa anak-anak juga bisa berani dan bermimpi menjadi superhero. Superhero tak harus orang dewasa, tapi juga bisa anak kecil. Terdengar ajaib ya? Tapi bukankah kisah superhero memang selalu di luar batas nalar? Haha. Jadi, gpp deh ya baca kisah superhero ini.


Saya malah penasaran dengan ibu Kitty, tapi di novel ini hanya dibahas sedikit saja di bab awal. Dikisahkan ibu Kitty juga seorang superhero yang juga membantu orang lain saat kesulitan. Ia juga selalu pergi di malam hari agar bisa menjalankan aksinya.


Yang bikin seru di kisah novel ini adalah kemampuan penulis untuk mendetailkan gambaran museum dan rumah-rumah yang dilewati oleh Kitty dan teman-temannya. Mereka berjalan di bawah sinar rembulan. Deskripsinya bikin pembaca terhanyut dengan imajinasi mereka. Seakan beneran diajak bertualang di malam hari menjelajah kota dan masuk ke museum yang menakjubkan.

 

“Pumpkin dan Kitty berlari di atas deretan atap dan menghindari cerobong asap. Jubah Kitty mengepak di punggungnya saat dia melompat dari rumah ke rumah. Angin bertiup menggoyangkan pepohonan dan bayangan cabang-cabang pohon menari diterpa cahaya bulan.”

 

“Patung harimau emas diletakkan di atas landasan kecil, dikelilingi tali beludru merah. Lampu sorot menyinari patung dan mata harimau yang terbuat dari zamrud bersinar begitu terang sehingga Kitty sempat mengira harimau itu hidup. Patung harimau emas itu duduk tegak dengan satu cakar terangkat. Patung itu berlapis emas dengan garis-garis hitam di punggungnya dan bertatah berlian.”

 

Btw, Kitty bilang bahwa legenda patung iu menunjukkan bahwa patung itu dapat mengabulkan permintaan saat menyentuh cakarnya. Yang bikin saya tertarik justru saat melihat Kitty tak jadi menyebutkan permintaan untuk dirinya sendiri, namun justru menyebutkan impian Cleo. Ya, anak-anak jadi bisa belajar bagaimana caranya untuk berempati dengan temannya.


Hmm... Meski sebenarnya kisah legenda atau takhayul itu menurutku kesannya malah seperti melanggengkan mistis. Tapi di belahan dunia manapun memang masih ada hal seperti itu, seakan keinginan bisa terwujud hanya dengan meminta kepada patung. Tapi ya... tak apalah namanya juga cerita anak-anak dari luar negeri. :D


Yang bikin kisah ini seru adalah pertemuan Kitty dengan kucing-kucing lainnya. Beneran sekeren itu sih kisah kucing bisa dibikin asyik kayak di buku anak ini. Mana ilustrasinya cakep banget pula. Uwuwuw. Buat kamu yang suka dengan kucing wajib baca buku ini deh! :p


Buat yang penasaran apa yang terjadi di museum, baca aja novel ini ya! Kamu bisa membaca buku Kitty dan Harta Karun Harimau Emas di aplikasi Gramedia Digital. Happy reading!

 

Quotes :

“Jangan biarkan rasa takut menghalangimu. Kamu lebih berani dari yang kamu kira!”


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^