25 April 2022

[Review Buku] Beli Karena Butuh - Seni Hidup Minimalis Dalam Islam



Judul Buku : Beli Karena Butuh

Penulis : Andi Sri Wahyuni, Akt.

Penerbit : Quanta Books

Terbit : 2021

Tebal : 160 halaman

ISBN : 978-623-00-2465-8

Rating : 5🌟

Harga : Rp 85.000

Baca ebook di Gramedia Digital

Beli buku di Gramedia.com

[Sinopsis Buku] Beli Karena Butuh 


Buku Beli Karena Butuh (New Edition) ini sangat cocok untuk dibaca remaja muslimah seusiaku. 

Banyak sekali ibrah yang dapat diambil dari buku ini. Dimulai dari cara memprioritaskan apa yang benar-benar kita butuhkan, cara mengatur keuangan dengan baik, hingga cara mencapai kebahagiaan dengan cara yang sederhana.

Penggunaan sumber referensi dari Al-Qur'an merupakan bukti bahwa pesan yang disampaikan tidak asal saja, tapi dari sumber yang benar adanya. 

Pembahasannya penting dan mudah dipahami sehingga pembaca tidak mudah bosan, malah jadi asyik membaca buku Beli Karena Butuh (New Edition) ini.

[Review Buku] Beli Karena Butuh - Seni Hidup Minimalis Dalam Islam


Lebaran bentar lagi nih. Kamu udah dapat THR ya? Cung yang belum dapat hayoo 😂 


Nah, kalau sudah dapet THR, jangan lupa buat alokasikan uang itu sesuai kebutuhan ya. 


Tiap lebaran pasti ada tradisi beli barang-barang seperti baju baru, makanan, hantaran parcel/ hampers sebelum hari Idul Fitri. 


Dalam agama Islam, memberi hadiah memang diperbolehkan dan dianjurkan, tapi beli barang harus sesuai kebutuhan ya. 


Jangan sampai malah jadi mubazir karena beli kebanyakan. Nanti kamu jadi temennya syaitan. Semua diskonan penginnya diborong. Duuh~ 😅


Nabi juga menyuruh untuk tidak boros, bukan tanpa sebab. Karena setiap barang yang dimiliki akan dihisab di hari akhir. Bahkan peniti pun tetap dihitung, apakah akan jadi timbangan amal atau malah memberatkan pemiliknya.





Dalam buku Beli Karena Butuh, penulisnya membahas tentang bagaimana Nabi sangat berhati-hati untuk menerapkan hidup minimalis. Bahkan, perihal air wudhu juga harus dihemat lho. 


Kebiasaan hemat ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW tidak boros air, apalagi soal makanan. Nabi Muhammad SAW selalu membagi makanannya untuk orang lain juga. 


Bahkan ada sahabat Nabi bernama Salman al Farishi yang sangat hemat. Beliau membagi uangnya dalam 3 bagian. 1 bagian untuk sedekah, 1 bagian untuk biaya hidup, 1 bagian untuk jualan. Jadi uangnya akan diputar terus setiap hari. Tak heran di dalam rumahnya juga perabotannya pun minimalis. 


Buku Beli Karena Butuh mengajarkan kita untuk membeli sesuai kebutuhan. Penulis menjabarkan alasan kenapa kita sebagai seorang muslim harus hidup sebagaimana ajaran Nabi untuk tidak berlebihan dalam hal apapun. 


Belilah sesuatu karena memang akan kamu pakai, gunakan setiap hari, dan bukan sebagai pajangan semata. 


Ada tips untuk para hoarder yang suka nimbun barang nih. Jangan sampe jadi kayak oknum penjual minyak goreng yang nimbun barang belakangan ini. 


Sebelum beli sesuatu, tanyakan hal ini pada dirimu sendiri :


"Apakah saya memang harus membelinya?"


"Apakah barang ini memberi manfaat bagi saya, atau justru hanya akan memenuhi kamar?"


"Apakah saya membelinya karena takut ketinggalan tren?"


"Apakah beli ini untuk memenuhi hasrat belanja saja?"


Nah, kalau sudah, kamu bisa budgetin dulu uang yang kamu akan gunakan. 


Dengan menulis list barang yang akan dibeli sebelum belanja, kamu bisa menyortir barang yang dibeli. Apakah masuk barang wajib beli atau bukan? 


Kamu juga harus berani untuk berkata tidak saat ditawari barang yang tak kamu butuhkan. Bahkan meskipun barang itu gratis. Kan ada tuh orang yang kadang ngasih merchandise/souvenir kondangan gratisan. Tapi sebenernya barang itu hanya menuhi rumahmu aja. Barangnya nggak kamu pake. Sayang banget ya?


Buku ini membahas tips-tips hemat lainnya, dan gimana cara untuk membiasakan kebiasaan baru beli sesuatu karena butuh. 


Nah, info buat lebih lengkapnya, bisa kamu baca di buku ini ya! 


Kamu bisa akses ebook buku Beli Karena Butuh di aplikasi Gramedia Digital @gramediadigital terbitan @quantabooks atau beli buku fisiknya ke mbak Andi Sri Wahyuni @a.s.wahyuni atau di web Gramedia.com. Selamat membaca! 🥰


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^