Langsung ke konten utama

Alasan Orang Lebih Suka Membeli Buku Preloved



Membeli buku preloved atau buku bekas kini semakin populer di kalangan pecinta buku. Pilihan ini tidak hanya ramah di kantong tetapi jugaq  memiliki sejumlah manfaat lainnya yang menarik bagi para pembaca. 


Artikel ini akan mengulas berbagai alasan mengapa orang lebih suka beli biku preloved atau buku bekas. 


1. Harga Lebih Murah

Salah satu alasan utama orang memilih buku preloved adalah harganya yang lebih murah. Buku bekas biasanya dijual dengan potongan harga yang signifikan dibandingkan dengan buku baru. 


Bagi pembaca yang gemar mengoleksi banyak buku, membeli preloved adalah cara yang efektif untuk menghemat biaya tanpa mengorbankan jumlah buku yang dapat dibeli.


Selain harga yang sudah lebih rendah, toko buku preloved seringkali menawarkan diskon tambahan atau promosi khusus yang membuat pembelian buku bekas menjadi lebih menarik secara finansial.


2. Keberagaman Pilihan


Judul yang Tidak Lagi Diterbitkan

Buku preloved sering kali mencakup judul-judul yang sudah tidak lagi diterbitkan atau sulit ditemukan di toko buku konvensional. Ini memberikan kesempatan bagi pembaca untuk menemukan dan menikmati buku-buku langka atau edisi khusus yang sudah tidak tersedia dalam kondisi baru.


Koleksi Beragam Genre

Toko buku preloved biasanya memiliki koleksi yang beragam, mencakup berbagai genre dan penulis. Ini memungkinkan pembaca untuk mengeksplorasi lebih banyak pilihan buku tanpa harus terbatas pada koleksi terbaru yang sering kali lebih mainstream.


3. Keberlanjutan dan Ramah Lingkungan


Mengurangi Sampah

Dengan membeli buku preloved, pembaca berkontribusi dalam mengurangi limbah dan sampah. Buku bekas yang masih layak baca mendapatkan kesempatan kedua untuk digunakan, sehingga mengurangi jumlah buku yang dibuang atau didaur ulang.⁵


Dampak Lingkungan yang Lebih Rendah

Proses produksi buku baru membutuhkan sumber daya alam seperti kayu untuk kertas, energi untuk percetakan, dan bahan kimia untuk tinta. Membeli buku preloved membantu mengurangi permintaan akan produksi baru, sehingga berdampak positif pada lingkungan.


4. Nostalgia dan Nilai Sentimental


Sejarah di Balik Buku

Buku preloved sering kali memiliki cerita atau sejarah tersendiri. Mungkin ada catatan di margin, tanda tangan, atau dedikasi yang membuat buku tersebut unik dan bernilai sentimental. Pembaca sering kali menemukan kepuasan emosional dalam mengetahui bahwa buku yang mereka baca pernah dimiliki dan dihargai oleh orang.


Kenangan Masa Lalu

Buku bekas dapat membawa kembali kenangan masa lalu, terutama jika buku tersebut adalah judul yang pernah dibaca atau diinginkan sejak lama. Ini memberikan rasa nostalgia dan kenangan indah yang tidak dapat ditemukan pada buku baru.


5. Mendukung Usaha Kecil dan Lokal


Toko Buku Independen

Banyak toko buku preloved adalah usaha kecil atau toko buku independen yang bergantung pada dukungan komunitas lokal. Dengan membeli dari mereka, pembaca membantu mempertahankan bisnis lokal dan mendukung ekonomi komunitas.


Penjual Individual

Selain toko buku, banyak penjual individu yang menjual koleksi pribadi mereka melalui platform online atau pasar loak. Membeli dari mereka tidak hanya membantu penjual secara finansial tetapi juga menciptakan interaksi yang lebih personal.


6. Mudah diakses dan Praktis

Platform Online

Dengan munculnya platform online yang menjual buku bekas, akses ke buku preloved menjadi lebih mudah dan praktis. Pembaca dapat dengan cepat menemukan dan membeli buku bekas dari kenyamanan rumah mereka, seringkali dengan opsi pengiriman yang cepat dan efisien.


Toko Buku Fisik

Banyak toko buku fisik juga memiliki bagian khusus untuk buku preloved. Pembaca dapat menjelajahi rak-rak buku bekas dan menemukan berbagai judul menarik yang mungkin tidak mereka pikirkan sebelumnya.


7. Kesempatan untuk Menemukan Harta Karun


Buku Langka dan Edisi Khusus

Buku preloved kadang-kadang menyimpan harta karun berupa buku langka, edisi pertama, atau edisi khusus yang memiliki nilai lebih tinggi daripada buku baru. Menemukan buku semacam ini bisa menjadi pengalaman yang sangat memuaskan dan berharga bagi kolektor dan pembaca setia.


Nemu Buku yang Tak Terduga

Berburu buku preloved sering kali membawa kejutan. Pembaca dapat menemukan buku-buku yang belum pernah mereka dengar sebelumnya, tetapi ternyata sangat menarik dan sesuai dengan selera mereka.


8. Fleksibilitas dalam Membeli dan Menjual


Menjual Kembali Buku

Buku preloved menawarkan fleksibilitas bagi pembaca untuk menjual kembali buku yang sudah mereka baca dan tidak ingin disimpa⁸n lagi. Ini memberikan kesempatan untuk mendapatkan kembali sebagian dari biaya pembelian dan memberikan buku tersebut kepada pembaca baru yang akan menghargainya.


Sistem Tukar Buku

Beberapa toko buku atau komunitas menawarkan sistem tukar buku di mana pembaca dapat menukar buku bekas mereka dengan buku lain yang diinginkan. Ini tidak hanya menghemat biaya tetapi juga memperkaya koleksi tanpa perlu membeli buku baru.


9. Pengalaman Berburu yang Menyenangkan


Sensasi Berburu Buku

Banyak pembaca menikmati sensasi berburu buku preloved. Menjelajahi toko buku bekas, pasar loak, atau penjualan garasi bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan penuh petualangan. Proses ini sering kali membawa kepuasan tersendiri ketika menemukan buku yang diinginkan.


Interaksi Sosial

Berburu buku preloved juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan penjual, sesama pemburu buku, dan komunitas pencinta buku. Ini menciptakan pengalaman sosial yang memperkaya dan memperluas jaringan pertemanan.


Kesimpulan


Membeli buku preloved menawarkan berbagai manfaat yang tidak dapat diabaikan. Dari harga yang lebih terjangkau dan keberagaman pilihan, hingga dampak positif pada lingkungan dan dukungan terhadap usaha kecil, buku preloved menjadi pilihan yang cerdas dan berkelanjutan bagi para pecinta buku. 


Selain itu, pengalaman berburu buku bekas, nilai sentimental yang ditawarkan, dan kesempatan untuk menemukan harta karun menjadikan pembelian buku preloved sebagai kegiatan yang memuaskan dan bermakna. 


Oleh karena itu, tidak mengherankan jika semakin banyak orang yang lebih suka membeli buku preloved daripada buku baru.

Komentar

  1. Yang jadi pertimbangan saya saat ini beli buku preloved karena bukunya langka. Soalnya kalau ngomongin harga buku, beberapa waktu terakhir ini buku baru sering dapat diskon gede. Jadi kalo soal murah-murahan, buku baru masih terbilang murah di momen-momen tertentu.

    BalasHapus
  2. sejauh ini belum pernah beli buku preloved, agak takut kalo ternyata salah beli yang bajakan. tapi untuk poin kedua, terutama judul yang sudah tidak terbit, preloved memang perlu dipertimbangkan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com