Langsung ke konten utama

[Review Buku] Sentuhan Emas by Arleen A


Judul: Sentuhan Emas

Penulis: Arleen A.

Penerbit: Bhuana Sastra

Terbit: 2024

Tebal: 212 hlm

ISBN: 978-623-041-677-4


Baca di @gramediadigital


#bacabukudigital2024 #tabletbacarobusta


💜💜💜





Review Buku Sentuhan Emas karya Arleen Amijaya :


Novel Sentuhan Emas adalah novel fantasi romance karya Arleen A. Baru kali ini saya baca novel dewasa karya kak Arleen, biasanya baca buku-buku anaknya aja. 


Nah, buku ini terinspirasi dari kisah Raja Midas yang bisa mengubah apapun yang disentuhnya menjadi emas. 


Alkisah, Qadira, seorang gadis Oronin yang memiliki kemampuan mengubah apapun menjadi emas. Ia jatuh cinta dengan Vance, yang merupakan kaum Tenuan, yang mampu mendeteksi emas palsu lewat sentuhan. 


Sayangnya, cinta mereka terhalang tembok yang besar. Qadira ternyata adalah mata-mata dari OSS, organisasi yang menaungi kaum Oronin.  


Vence diutus Sage untuk melacak jejak emas palsu yang dijual kepada pembeli di pelabuhan dan bandara yang ditentukan. 


Berkali-kali Vence mengalami kegagalan atas misi besarnya. Vence curiga ia mendapatkan informasi palsu, namun ia kesulitan menebak siapa mata-mata yang mengacaukan rencananya. 


Saat Qadira mengatakan ia adalah utusan dari organisasi OSS, Vence dihadapkan pada pilihan yang rumit. Apakah ia akan meninggalkan kekasihnya, ataukah ia memilih karirnya demi masa depan?


Buku ini memiliki pace yang cepat dan menegangkan. Novel ini menampilkan sisi lain kebaikan dan kejahatan. 


Jika takdir bisa memilih, apa jalan yg harus dipilih oleh dua orang yang saling jatuh cinta seperti Qadira dan Vance? 


Sebenarnya nggak banyak kejutan dari plot dan endingnya karena bisa ditebak. Tapi saya justru penasaran bagaimana seorang Qadira bisa hidup tanpa Vance selama 3 tahun. Wow. 🥹


Tapi konsep jodoh dan cinta sejati yang ditawarkan novel ini memang sangat unik. Keduanya bisa saling terhubung lagi meski sudah lama tidak berkomunikasi.


Selain itu, Qadira bisa mengubah benda apapun menjadi emas, sedangkan Vance bisa mengubah kembali benda yang diubah Qadira ke bentuk yang lain. Well... Ini semacam opposite/kebalikan. 


Jadi bener dong jodoh nggak harus selalu sama dengan kita. Bisa aja karakternya kebalikan ya. Hehe  


Nuansa romansanya sangat terasa di setiap bab, bikin saya ikutan salting lihat interaksi Vance dan Qadira, terutama adegan gantiin jadi tukang paket pizza Tovelli. 😝


Tokoh yang menarik perhatian saya justru Nuala. Orang ini yang jadi kunci bagaimana plot cerita berjalan maju. 


Menjelang akhir buku, pembaca akan disuguhkan bagaimana Nuala memandang hidupnya sebagai kaum Oronin.  


Kalau dibayangin sih ibaratnya Nuala ini cuma dimanfaatkan aja sebagai pengisi kekuatan Palden, si pemimpin OSS. 


Plus, yang paling mencengangkan buatku adalah dialog Nuala dan Qadira yang bahas tentang hubungan antara emas dan judi.  


Kok bisa orang yang bisa mengubah emas malah bertaruh dalam perjudian? Nggak habis thinking. 😨


Well... kalo dipikir-pikir ini mirip dengan kasus OKB ala money laundry yang belakangan ramai dibahas di twitter beberapa hari ini. 


Ketamakan manusia tak akan berhenti meskipun sudah memiliki segunung emas. Ia akan terus menumpuk kekayaan meskipun harus dengan melakukan berbagai cara illegal. 


💜 Overall, saya suka bukunya. Ada typo dikit ya, tapi nggak ngaruh ke alur cerita. 


🍓 Rating : 4,5/5 🌟

Komentar

  1. Saya enggak lanjut baca karena kaget ternyata ada romance-nya. Saya mengiranya ini buku anak-anak. Salah juga sih saya enggak memperhatikan detail sampulnya, padahal itu sudah jelas banget ya, hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️