Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

4 October 2013

Resensi Misteri Terung Ajaib-Tethy Ezokanzo

Resensi Misteri Terung Ajaib-Tethy Ezokanzo


Biodata Buku : 
Judul : Misteri Terung Ajaib 
Penulis : Tethy Ezokanzo
Penerbit : Talikata Publishing House
Tahun Terbit : Juni 2011 (cetakan pertama)
ISBN : 978-602-8906-82-1


Sinopsis : 
Apa jadinya jika Cecep si C-one yang curious, Cucak Rawa si C-two yang creative dan Camar si C-three yang clever berkumpul? Tentu terjadi sebuah petualangan asyik yang penuh warna. Ketiga anak ini sangat haus akan ilmu dan selalu ingin tahu. Apalagi terhadap segala sesuatu yang berbau sains. Inilah yang melatarbelakangi terbentuknya Triple-C. 

Kali ini, mereka mengungkap rahasia sayuran raksasa. Mengapa sayuran tersebut bisa sebesar itu? Siapa orang pintar pembuat sayuran raksasa? Mereka menelusuri jejaknya. Penelusuran mereka berakhir dengan ditemukannya laboratorium misterius. 

Persoalan makin rumit ketika geng Erick beserta pamannya yang mafia sayuran terlibat. Bagaimana aksi Triple-C menyelamatkan penemuan spektakuler itu? Ayo, kita berkelana di petualangan yang dahsyat ini. 

Resensi : 

Ini buku kedua mba Tethy yang saya baca selain Little Chef. Unik, seru dan menegangkan! Pertama baca buku ini serasa kembali ke jaman masih anak-anak dulu. Penuh kejutan, penuh rasa penasaran. Anak-anak selalu puya daya imajinasi tingkat tinggi dan rasa penasaran yang selalu membuat ia bertanya-tanya. Jika dikembangkan, sebenarnya rasa penasaran yang dimiliki anak-anak bisa lho diarahkan kepada hal yang baik. Apalagi jika bisa disalurkan lewat eskul yang menarik seperti yang dilakukan oleh Triple-C.

Dari judulnya, pembaca sudah tau bahwa buku ini memang berisi tentang kisah misteri. Hei, tahukah kamu bahwa kisah misteri tak harus selalu berbau horor seperti misteri hantu. Karena misteri yang ada di buku ini justru misteri yang membuat kita jadi ingin belajar lebih jauh tentang apa itu sains?

Terung ajaib itu ditemukan oleh anak-anak setelah mereka gelisah karena sayuran bunda habis. Di pasar, mereka menemukan pembeli yang menjual sayuran dalam ukuran besar. Terung terung raksasa yang dijual hanya kepada orang tertentu. Tak bisa sembarang orang bisa membelinya. Kenapa tak bisa? Karena ternyata ada sindikat yang menjualnya. Lalu apa motif mereka menjual terung-terung ini? Dan siapakah orang yang ada di balik terciptanya terung raksasa? Saya dibawa ke sebuah kisah yang menakjubkan karena membuat saya bertualang seperti saat menonton film Sherina. Rasanya seru aja membayangkan bisa keluar pukul 2 malam untuk menyelidiki kasus terung raksasa ini dengan menumpang truk sayuran. Aroma kota Bandung terasa kental di dalamnya.

Ada beberapa fakta unik tentang sains yang bisa kita pelajari di novel anak ini. Seperti penggunaan lensa untuk membuat api. Caranya? Dengan memfokuskan titik api lensa di bawah cahaya matahari. Lalu ada juga penggunaan kardus, panci, air untuk memasak dalam kondisi darurat. 

Nah, apa kamu penasaran dengan novel ini? Novel ini cocok untuk anak usia sekolah dasar. Kelemahannya hanya pada nama tokohnya, karena huruf depannya yang mirip, saya jadi kesulitan untuk menghafal nama-nama tokohnya. Mungkin karena keinginan penulis agar Triple-C menjadi icon dalam novel ini kali ya?  :D Anyway, saya makin penasaran dengan buku-buku mba Tethy yang lainnya. Semoga bisa sebagus ini :D

5 comments:

  1. Petualangan anak-anak ya Ila...pasti seru dan menggunakan bahasa sederhana ya. Sukses kontes resensi bukunya ya...

    ReplyDelete
  2. selalu suka cerita anak2..bikin kangen masa kanak2ku :))

    ReplyDelete
  3. Waaa penasaran baca bukunya. Dunia anak2 emang tak terbatas. jadi kangen kecil lagi :)

    ReplyDelete
  4. zaman kecil aku jarang banget bisa punya buku , paling langganan bobo. jadi sekarang dah emak-emak tetep bolehlah ya baca buku anak xixixi

    ReplyDelete
  5. alo agan admin.. ada unsur intrinsiknya ?? yang bisa saya contoh.. butuh buat tugas xD

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^