Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

7 April 2015

[Resensi Buku] I’am a Young Entrepreneur - Arleen A

cover buku Aku Pengusaha Cilik
Judul : Aku Pengusaha Cilik (I’am a Young Entrepreneur)
Pengarang : Arleen A.
Ilustrator : Stella Ernes
Penerbit : PT Bursa Efek Indonesia
Terbit : 2008
Tebal : 28 hlm.
ISBN : 978-979-18578-2-6

Lolita sedang libur sekolah. Ia ingin menghabiskan waktu liburannya dengan berbeda. Karena itu, ia memilih untuk berjualan sirup di depan rumah. Sebagai pengusaha cilik, Lolita belajar bagaimana caranya mengelola uang dengan cermat. Simak apa saja yang Lolita lakukan selama liburan di buku ini.

***

Buku ini diterbitkan oleh PT Bursa Efek Indonesia untuk mengedukasi anak-anak tentang uang. Seri Finance for Kids ini memperkenalkan konsep-konsep dasar keuangan dan investasi kepada anak-anak. Ada empat seri yang diterbitkan, dan dibagikan gratis. Saya mendapatkan ebook ini dari mba Andinie. Makasih ya, mba. ^^

        Saat membaca buku ini, saya melihat beberapa bagian yang agak rumit untuk seorang anak. Tapi mengingat buku ini memang segmentasinya mengerucut sesuai dengan kebutuhan yaitu anak seorang investor. Jadi tentu saya tidak berlebihan jika penulis mengupas keuangan lebih detail dalam buku setipis 28 halaman ini.

Lolita berencana membuat kios
        Buku ini dimulai dengan kegelisahan Lolita yang ingin mendapatkan liburan yang berkesan. Ia pun membuat rencana bisnis dan mengajukannya pada ayah. Ayah bilang bahwa setiap bisnis memiliki risiko, maka Lolita membuat daftar risiko yang kemungkinan akan ia hadapi. Seperti misalnya : saat hujan tiba, saat ada anak yang menabrak kios dan merusaknya, atau saat minumannya tidak selalu terjual habis setiap hari.

Penjualan Lolita di Hari ke-2
        Lewat tokoh Lolita, anak-anak dikenalkan dengan manajemen investasi, ala anak-anak tentunya. Bahasanya memang agak sedikit berat, tapi dicontohkan dengan mudah. Misalnya saat Lolita menakar satu botol sirup bisa digunakan untuk berapa gelas. Juga saat ia menghitung uang yang ia peroleh dari setiap penjualan. Ada juga saat Lolita menggunakan sebagian keuntungannya untuk membeli gaun, dan membuat kios baru.

Perhitungan yang dibuat Lolita
      Buku ketiga ini ditargetkan pada anak SD kelas 4-6. Selain dibuat dalam format bilingual, ilustrasi buku ini juga cantik. Buku ini membuat anak-anak berpikir tentang cara-cara untuk membuat uang berkembang dengan lebih cepat. Buku ini menunjukkan cara mengevaluasi bisnis dengan memperhitungkan pendapatan dan risikonya. Anak-anak juga diajarkan cara membuat laporan rugi laba sederhana. Jadi, anak-anak bisa belajar menjadi pengusaha cilik. Sayangnya, ukuran hurufnya agak kecil dibandingkan dengan ukuran gambarnya. Atau memang normalnya seperti itu ya? 4 bintang untuk buku ini.  

2 comments:

  1. Aku baru tahu ada buku ini lho Ky. Keren ya skg bny buku bacaan anak yg bermanfaat bgt. Pengen deh dari kecil baca beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bukunya keren. Apalagi kalo diajarkan sama anak2 sejak kecil ya. Bisa jadi bekal biar bisa ngelola keuangan nantinya.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^