Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Ayat-ayat Mantan by Asep Saeful Anwar


Judul Buku :  Ayat-ayat Mantan

Penulis : Asep Saeful Anwar

Penerbit : Shira Media

Terbit : Cetakan 1, 2022

Tebal : xiv + 94 halaman 

Genre : self improvement

ISBN : 978-602-7760-59-2

Rating Buku : 5 🌟

Harga buku : Rp 49.000


Beli buku Ayat-ayat Mantan di Shopee Shira Media Group / web solusibuku.com


❤❤❤


[Sinopsis Buku] Ayat-ayat Mantan - Asep Saeful Anwar:


apabila engkau

menemukan cinta baru

nyanyikanlah bait ini 

setiap pagi:


"Bangun tidur kuterus rindu

tidak lupa mengingat kamu

habis mandi kutolong ibu

membawakan calon menantu."


❤❤❤


[Resensi Buku] Ayat-ayat Mantan by Asep Saeful Anwar:


Bagaimana jika mantan datang lagi, atau malah menghantuimu seumur hidupmu?

Buku Ayat-ayat Mantan ini merupakan buku kumpulan puisi tentang mantan. Puisi-puisi bernada jenaka yang ditulis oleh Asep Saeful Anwar menyentil sisi emosional pembaca yang pernah punya mantan. 

Balikan atau musuhan yaa?

Kebayang kan gimana rasanya pengin ngobrol lagi, tapi udah nggak ada hubungan lagi. Jadi, mantan baiknya dibuang atau disimpan saja dalam kotak bernama kenangan? 

Buku Ayat-ayat Mantan ini termasuk buku kumpulan puisi, tapi aku bingung kenapa penerbit memasukkan buku ini dalam kategori self improvement ya? Apa karena puisi-puisi ini membuat pembaca jadi ikut termotivasi memperbaiki hidup? 





Di buku Ayat-ayat Mantan ini, penulis memang membantu pembaca untuk melihat sisi lain dari kehilangan mantan. Bahwa mantan bukanlah bayang-bayang masa lalu yang harus terus menerus mengikuti kita. Kita punya kehidupan sendiri selepas putus dengan mantan. Jadi baiknya, hiduplah di masa kini, bukan di masa lalu ataupun masa depan. 

Tak terhitung berapa banyak puisi yang saat dibaca bernada mirip kutipan ayat-ayat dalam Al Qur'an di buku Ayat-ayat Mantan ini. Hanya saja, buku ini bernada sindiran dan nasihat dalam bentuk puisi, bukan ayat dari sebuah agama ya.

Lihatlah diksi kata dalam bait puisi ini : 


❤️❤️❤️

Perihal Memaafkan


demi malam yang menyembunyikan wajah masam para lajang 
sesungguhnya mendapatkan maaf dari mantan jauh lebih sulit daripada meraih ampunan Tuhan.

apabila datang hari raya sebagian di antara kaum lajang
menunggu permintaan maaf dari mantan sementara sebagian lainnya meminta maaf
dengan atau tanpa niat balikan.

mereka yang memohon maaf lebih baik
daripada mereka yang memaafkan. tetapi mereka yang memohon maaf demi balikan lebih buruk dari segala kesalahan yang pernah
diperbuat.

hanya yang kuat iman pada masa depan mampu bermaafan tanpa niat ingin balikan dan sungguh itu yang sedikit di antara kaum lajang.

dan mereka yang lemah imannya itu kebanyakan. adalah kaum lelaki bujangan.

(Ayat-ayat Mantan, hlm. 11)



Puisi tentang memaafkan mantan



❤️❤️❤️



Well... Anggaplah buku Ayat-ayat Mantan ini ibarat nasihat dari seorang teman yang nggak mau kamu berlarut-larut dalam kesedihan dan kesepian yang berkepanjangan. Walau bagaimana pun, mantan pernah singgah dalam hidup, jadi jangan buang ke tempat sampah. Sisihkan saja sejenak perasaan baper karena toh kita sudah kehilangan rasa cinta dan sayang. Berganti rasa plain, rasa yang tak lagi sama seperti sebelumnya. 

Ada bait puisi yang saya suka dari buku ini yang mengingatkan bahwa mantan adalah hal yang harus ditinggalkan, agar tak ada lagi keinginan untuk berhubungan lagi. Meskipun ingin saling sapa sekalipun. 

Menurutku, baiknya memang tak perlu saling berinteraksi lagi dengan mantan, apalagi jika mantanmu itu sudah menikah dan punya kehidupan sendiri. Tak perlu untuk mengusik kehidupan orang lain hanya dengan sapaan "apa kabar?" yang bisa saja meruntuhkan iman.


Lihatlah bait puisi ini :

⏩️⏩️⏩️

Tinggalan Perasaan


adakah salah menyimpan perasaan kepada mantan?

perasaan itu memang sebaiknya disimpan daripada disebarluaskan

tak diingkari pula bahwa setiap manusia yang pernah menjalin asmara sulit menjadi teman

seutuhnya sebagaimana mereka yang berteman tanpa pernah berkasih asmara

simpanlah perasaan itu, kuncilah lalu buanglah kuncinya

engkau akan bersalah apabila perasaan itu terus kau pupuk sampai tumbuh keinginan berhubungan padahal kau atau mantanmu telah punya pasangan

(Ayat-ayat Mantan, hlm. 43)


❤️❤️❤️


Menurutku buku puisi ini cocok buat yang habis patah hati dan pengin dihibur, karena puisinya bikin senyum-senyum, berasa dinasihati, bikin kesel, dan ngakak dalam waktu bersamaan. 

Buat kamu yang penasaran pengin baca puisinya, bisa pause video di instagram @reviewkiky ini ya. Buku Ayat-ayat Mantan ini tipis banget, jadi bisa buat teman baca pas lagi traveling. ❤️


Buat kamu yang pengin beli bukunya bisa hubungi ig @ariamediamandiri atau beli di Shopee Shira Media ya. Hargaya murah tsayy, dibanding rasa cintamu ke mantan. Cuma bayar 49 rb saja sudah bisa mengobati rasa kecewamu sama mantanmu yang satu ituh. Hehe. 😍

Nah, kalau kamu gimana? Pernah punya seseorang yang begituuu syuuuliiit dilupakan seperti di lagu cover Reyhan yang bikin terngiang-ngiang di kepala? Uhuk 😛 

Cerita di komen dong~ 🥰

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com