7 September 2022

Resensi Buku My Brilliant Life by Kim Ae-ran

Cover Buku My Brilliant Life - Kim Ae-ran

Judul Buku : My Brilliant Life

Penulis Buku : Kim Ae-ran 

Penerbit : Penerbit Haru 

Terbit : Cetakan Pertama, September 2021

Tebal : 356 halaman 

ISBN : 978-623-7351-79-5

Rating buku : 5 🌟


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku My Brilliant Life by Kim Ae-ran :


"Ini adalah kisah tentang orangtua muda dan anak mereka yang menua lebih cepat."


Bagaimana jika seorang anak lebih tua dari orangtuanya? Itulah yang terjadi pada Han Areum, anak Choi Mira dan Han Daesu. Han Areum sebenarnya berusia 17 tahun, namun fisiknya berusia 80 tahun. Ia terkena penyakit progeria, penyakit langka yang membuat anak-anak menua dengan cepat.


Areum sebagai remaja laki-laki pada umumnya, ia juga bisa merasakan cinta. Namun, apakah ia berani untuk berhadapan dengan perasaannya sendiri? 


Areum berkenalan dengan Lee Seoha, gadis seusianya yang sakit parah dan kehilangan rambutnya karena efek perawatan di rumah sakit. Mereka bertukar kabar lewat email, tanpa tahu wujud Seoha. 


Areum merasa memiliki teman sebaya dan tak lagi kesepian.


Areum jatuh cinta pada Seoha namun tak berani menyatakan rasa sukanya. Ia selalu berpikir bahwa jika ia jatuh cinta pada seseorang, hal itu akan membuatnya mencintai hidup. Padahal Areum merasakan kesakitan karena efek penyakit yang dideritanya membuat organ dalam tubuhnya menjadi cepat rusak dan menua.


Akankah Areum memiliki keberanian utk menjalani hidup seperti yang diharapkannya di akhir hayatnya?


Novel my brilliant life by kim ae-ran
Novel terjemahan Korea Selatan terbitan penerbit Haru dan Gramedia

❤️❤️❤️


Resensi Buku My Brilliant Life by Kim Ae-ran :


Novel My Brilliant Life karya Kim Ae-ran berkisah tentang suka duka menjalani kehidupan ala Areum yang sangat disayang oleh orang tuanya. Kehidupan yang sungguh berbeda dari remaja pada umumnya. Namun, kisa Areum memberi saya gambaran bagaimana jika orang tua memiliki anak istimewa yang harus dirawat seumur hidup.


Tak mudah menjadi Choi Mira dan Han Daesu yang terpaksa keluar dari sekolah karena hamil di luar nikah saat SMA. Mira terpaksa keluar sekolah, sedangkan Daesu pun harus merasakan menjadi pekerja kasar konstruksi yang lelah menghadapi dunia. 





Novel My Brilliant Life ini serasa menyentil kisah anak remaja Korea Selatan yang suka kehidupan bebas dan di luar batas hingga hamil di luar nikah. Bagaimana konsekuensi yang dialami Mira dan Daesu sungguh membuat hidup mereka jungkir balik. Tak ada sekolah untuk menjadi orang tua, begitu pun jadi orang tua dari anak istimewa. 


Bagian paling menyedihkan dari novel My Brilliant Life adalah saat Areum bilang bahwa ia berpikir tentang pilihan untuk hidup atau mati jika dihadapkan pada masalah kesehatan. 


Tokoh Kakek Jang kecil meski perannya sedikit, namun mampu membangkitkan empati pada sosok lansia. Di mana ia justru ingin kembali muda demi bisa melakukan banyak hal yang berarti, bahkan hal konyol sekalipun.


Kakek Jang dianggap seorang teman baik oleh Areum, karena usia fisik mereka sama. Mereka berbagi rasa sakit yang sama saat tubuh mulai renta. Ini tidak dialami oleh orang tua Areum.


Isi novel korea berjudul My Brilliant Life karya Kim Ae-ran

Alur cerita novel My Brilliant Life ini berjalan lambat di bagian awal, namun setelah 100 an halaman sudah mulai terasa cepat temponya. 


Bagian ending novel di bab "My Brilliant Summer" membuat saya berpikir bahwa kecerdasan Han Areum ini didapat dari buku-buku yang dibacanya. Bahasa tulisan Areum sangat cantik menggambarkan detail kisah cinta orang tuanya sebelum mereka menikah.


Buat saya, kisah Han Areum dalam buku My Brilliant Life ini menjadi pengingat bahwa kesehatan dan masa muda benar-benar hal yang harus disyukuri. 


Jika sudah menua, kita akan kehilangan banyak hal, dan membuat rasa rindu untuk mengulang masa muda itu datang kembali. Itu sebabnya orang tua sering cerewet mendongengkan kisah masa muda, karena bagi mereka masa muda tak akan terganti lagi.


Pembatas Buku My Brilliant Life - Kim Ae-ran


❤️❤️❤️

Kutipan Buku Novel My Brilliant Life - Kim Ae-ran : 



Kelak saat kau dewasa bersedihlah untuk seseorang. Dan, saat merasa sedih, kau harus menangis seperti anak-anak. (Novel My Brillant Life, Hlm. 53)




Orang tua merasa iri pada satu hal yang dimiliki anak muda, yaitu masa mudanya. (Novel My Brilliant Life, Hlm. 215)




KUTIPAN MY BRILLIANT LIFE


Meskipun sebuah tulisan mungkin tidak bisa sepenuhnya menjaga dan menghangatkanku, mungkin saja bisa membantuku lebih baik dalam mengatasi kekecewaan. (Novel My Brilliant Life, Hlm. 266)



Quotes tentang kehidupan dan motivasi hidup



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^