Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

12 November 2013

#5BukuDalamHidupku - Bangun Ketahanan Keluarga dengan Memilih Pasangan Terbaik


cover Keydo
Judul    : Keydo 
Penulis  : Taty Elmir
Tahun terbit : Februari 2011
ISBN     : 978-602-8597-60-5
Halaman  : 400
Penerbit : Qanita

Novel Keydo awalnya saya miliki karena ikut hadir dalam sebuah perhelatan sebuah forum, yaitu Forum Indonesia Muda (FIM). Acaranya yaitu Inspiring Wedding from Keydo di Semarang. Saat itu, penulisnya memaparkan tentang kisah di novel ini yang membuat ia memilih untuk menuliskan kisah indah nan tak biasa. Tentang gadis kidal yang bersinar karena menjadi seorang aktivis dalam sebuah acara Zamrud Khatulistiwa, pelayaran yang membawanya mengenal sosok Kinang, pemuda asal Papua.


Buku ini berisi tentang epik kepahlawanan ala perempuan dan pahlawan di jalan sunyi. Ada dua tokoh utama : Kinang dan Keydo adalah dua anak manusia yang saling mencintai hingga akhirnya mautlah yang memisahkan mereka. Di novel ini budaya ketimuran ala Indonesia terasa kental, mengajak para pembaca untuk menitipkan rasa cinta hanya pada Tuhan dan menjelajahi detail kota Padang hingga mencium aroma Raja Ampat di Papua.

Banyak nama dan tokoh di novel ini mempunyai ikatan kuat satu sama lain. Masing-masing membawa pesan tersendiri, tidak hanya asal tempel sebagai tokoh rekaan. Tokoh-tokoh tersebut benar-benar menjelma menjadi nyata di pikiran pembaca. Mereka adalah pahlawan di jalan sunyi. Buku ini ditulis oleh Tatty Elmir dan direkomendasikan oleh Taufik Ismail. Dan saya yakin, kamu  juga suka jika membacanya :D

"Mutiara berkelas hanya akan diraih jika kita mengusahakannya dengan totalitas," begitu petikan dalam novel yang menggambarkan bahwa untuk mencapai sang pujaan hati memang dibutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Pemaparan di dalamnya akan memperkuat perjuangan para pria yang sedang memperjuangkan diri untuk calon wanitanya dan membuat pria yang telah jatuh-bangun untuk wanita yang telah ia dapat untuk bersyukur.

"Beratnya perjuangan akan setara pula nantinya dengan besarnya komitmen" demikian paragraf motivatif itu ditutup.

Bunda Tatty Elmir juga memberi bocoran mantra sakti di halaman 321.

"Kinang tahu persis, wanita adalah makhluk yang mudah terpengaruh dengan ekspresi verbal, mudah terpesona dengan kata-kata, dan akan selalu terkenang dengan kalimat indah. Karena itu wanita mudah dirayu".

Ya ya, now we see. Mengapa wanita begitu mudah jatuh cinta pada pendengaran pertama. Hehe  :D

Ada pemaparan alasan penulisnya di blognya. Yang mengatakan bahwa alasan beliau menulis novel ini adalah untuk mengapresiasi para patriot di jalan sunyi, sekaligus memotivasi masyarakat untuk hidup produktif dan memberi manfaat buat sesama.

Saya pun menemukan apa yang dimaksud penulis dengan ilustrasi sederhana tentang pendidikan holistik berbasis agama, alam dan kearifan lokal yang mengoptimalkan potensi otak kiri dan kanan dengan seimbang. Awalnya, saya masih bingung apa yang dimaksud dengan pendidikan holistik itu, tapi setelah menelusuri di novelnya, contohnya bisa dengan mudah diterapkan dalam kehidupan keluarga saat akan mendidik anak. Wah, bisa jadi bahan untuk mendidik anak kalau sudah waktunya tiba nih. Hehe

Bunda juga ingin memasyarakatkan 7 pilar “Leadership” dan 7 pilar karakter yang dikembangkan di Forum Indonesia Muda. Bahwa kita bisa kok memupuk kesadaran kaum muda, bahwa untuk membangun “Ketahanan Bangsa”, harus dilandasi oleh “Ketahanan Keluarga”. Dan ketahanan keluarga, diawali dengan  ikhtiar untuk memilih jodoh yang baik dengan cara yang benar pula. Semoga ke depan tak ada orang tua atau guru yang memaksa anak kidal untuk beraktivitas dengan kanan.

Saya merasakan banyak motivasi positif setelah membaca buku ini selain yang disebutkan penulis juga membuat saya yakin bahwa masih ada orang baik di luar sana yang berkiprah meski tanpa sorotan kamera dan tepuk tangan membahana. Saya rasa, itu yang perlu diapresiasi saat ini, bahwa tak perlu menjadi pahlawan yang dielukan, yang terpenting dirinya bisa bermanfaat bagi sekitar. Terimakasih, Bunda. Novel yang indah dan membuat saya percaya Indonesia akan jadi lebih baik berawal dari ketahanan keluarga. :)

Jumlah kata : 586 kata

Diikutsertakan dalam #5BukuDalamHidupku

5 comments:

  1. Uwooo...tentang pasangan ya
    Semoga segera dipertemukan dengan yang terbaik. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hihi. Aamiin. Makasih doanya, mbaa <3

      Delete
  2. wah mbak ila anggota FIM ya? FIM berapa mbak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bukan anggota, mba Ade. Pas itu talkshow gitu, jadi event umum. Hehe :D

      Delete
    2. owalah tak kirain anggota FIM jg :D

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^