Langsung ke konten utama

#5BukuDalamHidupku - Detektif Conan

cover komik detektif conan

Judul Buku : Detektif Conan Seri 18
Penulis : Aoyama Gosho
Terbit : 2002
Penerbit : Elex Media Komputindo

***

Sejak SMA, seorang teman sering menawariku baca komik milik kakaknya. Katanya, komiknya bagus, apalagi dia punya berseri yang nomornya urut. Saya pikir tak ada salahnya membaca komik itu karena Detektif Conan memang bertema detektif dan cepat juga dibacanya. Ah, tema komik itu kan kesukaankuuu. :D  Jadi, saya sering antri pinjam Conan.  Saya juga sempat pernah pinjam sampai beberapa seri sekaligus. Bahkan pernah baca di kelas pas jam kosong. Wekeke. Serasa bolos berjamaah soalnya ada yang ngobrolin isi komiknya, ada yang baca, ada yang coret-coret gambarnya di buku atau papan tulis. Yang penting  ga boleh pulang duluan, jadi harus nunggu bel pulang dibunyikan baru deh bisa pulang. xD *ah, masa mudaaa*


Seiring waktu, saya benar-benar jatuh cinta dengan Conan. Jadi, karena harga bukunya yang lumayan mahal di tahun 2002, akhirnya saya nabung deh buat beli. Belinya ga langsung banyak ya. Haha. :P Abis duitnya kagak ada waktu itu sih. :P beli Cuma satu nomor doang, nomor 18.

Yang bikin saya terharu adalah karena komik itulah persahabatan saya dan teman-teman sekelas terjalin erat. Hanya karena sebuah komik yang dipinjamkan bergiliran. Pernah takut ngerasa kalo pinjemin komik bakal balik nanti dalam keadaan kucel, dan ternyata beneran. Hahahaha. Ya gapapa sih itu kan gunanya buku dipinjamkan. Kalo ga, trus masa mau ditaruh di rak doang? Sayang dong, ntar beneran bulukan tanpa tersentuh lagi sama tangan manusia. Palingan ntar dimakan tikus deh kalo udah lama di rak. *eh :P

Ya, sebuah komik akhirnya membawa persahabatan saya jadi lebih erat, saya juga suka membaca buku setelah membaca komik itu. Ketagihan membaca lebih tepatnya.

Trus, karena komik Conan temanya detektif, saya jadi suka menganalisa kira-kira siapa penjahatnya. Sepele memang, karena ini kan komik. Paling juga dunia fiksi, ga nyata. Eh, tapiiii, siapa bilang ga ada pengaruhnya? Buktinya ternyata setelah membaca komik itu daya analisa saya menjadi semakin terasah. Saya sering mencoba menganalisa gerak gerik seseorang yang kira-kira tidak sesuai dengan kondisi normal. Mengamati gerakan itu dan menganalisa apa maksudnya. Apakah dia akan bertindak jahat atau tidak.

Dan seringkali prediksi saya benar. Bahkan pernah suatu ketika, saya terselamatkan dengan analisa saya, karena ternyata hampir aja kena tipu oleh sales kompor di sebuah mall. Bayangkan paniknya gimana saat saya lari-lari udah kayak di cerita komik itu untuk ngecek kebenaran data yang saya temukan di atm. Kenapa kok tau-tau kartu atm ibu saya ga bisa dicek saldonya??!. Syukurlah semuanya sudah selesai, dan ga ada uang yang hilang. Saya takut sekali. Bayangan saya, Bandung kota kejadian saat itu terjadi seperti kota yang membuat saya trauma. Entah kenapa ya, udah ada firasat buruk aja. Ya namanya mungkin benar, analisa seseorang yang sudah sering dilatih akan segera menemukan radar kejanggalan dari suatu kejadian. Dari situlah diambil kesimpulan-kesimpulan yang mengarah pada suatu hal.

Analisa dalam sebuah komik detektif bisa jadi hanya sebuah fiksi. Tapi di dunia nyata, fiksi kalah hebat dibanding kejadian nyatanya. Jadi, kita sebagai manusia memang harus waspada. Ketika radar dalam diri kita merasakan seseorang itu jahat, kita bisa ambil tindakan yang tepat untuk menjauh segera.  Dan ternyata, alhamdulillah... saya dan keluarga masih selamat. Rasanya, tak ada yang lebih membahagiakan selain bisa menyelesaikan segala kerumitan itu tanpa membebani  orang lain.  

Apa kamu punya kenangan juga dengan komik ini? Share dong di komen. ;)

Jumlah kata : 551 kata
Diikutsertakan dalam #5BukuDalamHidupku

Komentar

  1. Mba ila kok samaan kita, aku juga love banget sama komic Detektif Conan. Dan buku yang aku beli cuma satu yah no 18 ini. Karena satu buku ini aku dan adik-adikku jadi semangat buat komic juga, dan gambarnya niru dari komic ini. Sampe-sampe tuh komic lecek, hadeuhh...
    Semangat mba ngontesnya

    BalasHapus
  2. samaaaa... penggemar Conan juga maak

    BalasHapus
  3. kalau aku gemar lihat film conannya dari pada membacanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital