Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

21 November 2013

Resensi Buku Senyum Biskuit - Rae Sitta Patappa

Cover Senyum Biskuit
Judul : Senyum Biskuit
Penulis : Rae Sitta Patappa
Penerbit : Andi Publisher
Tahun terbit : 2012
Jumlah Halaman : 114

Sinopsis :
Apa susahnya memberi sedikit senyum, Biskuit Pemalu? Bukankah senyum biskuit bisa terbentuk cukup dengan menarik sedikit kedua sudut bibir ke atas?  Semudah itu kelihatannya. Tapi, kali ini ia merasa seperti sekeping biskuit yang berada di permukaan stoples yang penuh. Ia tak dibutuhkan dan stoples itu tak bisa ditutup. Biskuit lain pasti ingin ia keluar sesegera mungkin.

Ah, perasaan-perasaan seperti itu membuat senyum sangat sulit dilakukan. Apalagi ketika reaksi dari senyum yang coba ia berikan, ternyata jauh dari harapan.

Senyum Biskuit adalah salah satu dari 15 cerita dalam buku ini. Baca deh! Teman-teman akan menemukan beragam kisah menarik dengan rasa yang berbeda.

Resensi buku :
Awal membeli buku ini karena penasaran dengan karya Rae Sitta. Sebelumnya, saya pernah membaca karyanya yang berjudul Princess Jihan, tapi waktu itu dia menulis duet dengan Kang Ali Muakhir. Jadi, belum keliatan sekali bagaimana karakternya ketika menulis. Baru setelah membaca buku ini, saya jadi tau seperti apa karakter tulisan Rae Sitta.

Rae Sitta menulis 15 cerpen dengan tema yang berbeda dalam buku ini. Masing-masing memberi kejutan di awal hingga akhir. Kalimat yang diambil efektif dan juga membuat pembaca anak-anak seakan menemukan pertanyaan yang menakjubkan untuk seusianya. Misalnya saja di bagian cerita berjudul “Teka Teki Yuri” ada beberapa pertanyaan yang Yuri ajukan pada ayahnya, sebuah  tebak-tebakan yang berakhir dengan ucapan selamat ulang tahun dan kado. Siapa sangka ternyata anak sekecil Yuri bisa mengumpulkan uang selama tiga minggu untuk memberi ayahnya sebuah kado yang ia beli dengan uangnya sendiri.

Banyak pelajaran berharga yang saya dapatkan ketika membaca buku ini. Misalnya, tentang arti sebuah senyuman seorang anak kecil yang dipanggil oleh kakaknya dengan sebutan “Biskuit Pemalu”. Iya karena ia sangat pemalu untuk berkenalan dengan teman-teman barunya di sekolah baru. Anak yang dipanggil Biskuit Pemalu itu diajari oleh kakaknya untuk selalu menyunggingkan senyum pada setiap anak yang ia temui di sekolah. Hanya saja, ternyata senyumnya disalahartikan sebagai sebuah tanda yang berbeda. Salah satu anak yang ia temui mengira ia kelaparan dan yang satu mengira ia ingin meminjam buku. Sehingga memberi es krim dan meminjamkan buku yang mereka miliki. Haha, lucu :D

Ada quote yang saya suka di cerita “Senyum Biskuit”, nah ini dia...

“Untuk mendapat seorang teman, tersenyumlah lalu ucapkan sesuatu. Jangan hanya diam seperti biskuit.”

Hahaha :D Unik kan?  Kamu akan menemukan kejutan lainnya di 13 cerita berikutnya yang bisa membuat senyummu mengembang. Yuk, baca buku mungil dan cantik ini. ;)

1 comment:

  1. Jadi penasaran. Pengen baca, ah. Terima kasih sudah berbagi info :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^