Langsung ke konten utama

Resensi Buku Annyeong Korea by Elvira Fidelia


Judul Buku : Annyeong Korea
Penulis : Elvira Fidelia
Penerbit : Gagasmedia
Terbit : 2011
Tebal : 272 halaman
ISBN : 979-780-519-0
Rating : 4/5

Korea Selatan dengan berjuta pesonanya mampu menjadi magnet untuk menarik para petualang yang bermimpi untuk ke sana. Mereka bisa mencicipi aroma budaya dan peradaban yang ada di setiap penjuru kota. Menjelajah Korea sekaligus belajar ilmu di sana merupakan kesempatan yang dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penulis buku Annyeong Korea ini yaitu Elvira Fidelia atau yang biasa disapa Vira. Vira yang maniak K-Drama mendapat beasiswa S2 untuk belajar di Kyung Hee University. Ia pun dengan cepat mempelajari Hangeul, huruf Korea yang terkenal keriting itu. Lalu, ia mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan setelah permohonan beasiswanya diterima dan segera berangkat ke Korea untuk memulai petualangannya.
Annyeong Korea menghadirkan nuansa yang berbeda dengan buku lainnya yang sejenis. Sebagai buku yang didesain dengan konsep catatan petualangan berdasarkan kisah nyata penulisnya, buku ini mampu menjawab rasa penasaran para pembaca yang ingin tahu gambaran setiap sisi di Korea. Pengalaman Vira selama 2 tahun 4 bulan di Seoul, Korea pun ia serap dengan baik dan diceritakan dengan detail di buku ini. Mulai dari kedatangannya di Bandara Incheon, menjelajah pulau Nami, pulau Jeju, jimjilbang(tempat sauna), naik jihacheol(subway Korea), naik scooter 50 cc, wisata kuliner khas Korea, shopping time di Myeongdong dan Namdaemun, tour ke wilayah perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan, mendatangi tempat operasi plastik, mengikuti festival budaya, ke Insadong, mengamati tren ajuma, sampai pengalamannya menjadi part timer di KBRI, guru TK dan pelayan restoran.

Saat datang pertama kali ke Korea, Vira terkaget mengetahui bahwa sopir taksi di sana rata-rata tidak suka bila harus mengantar penumpang dari luar Korea. Mungkin karena takut bermasalah atau karena tidak bisa bahasa. Apalagi orang Korea Selatan memang aksen bahasa inggrisnya berbeda. Ia juga berkesempatan menjadi ketua PERPIKA, sempat diwawancarai di radio KBS dan meliput saat terjadi perang antar duo Korea.

Bisa dibilang buku ini adalah buku catatan perjalanan terlengkap yang pernah saya baca. Selain memang penulisnya hobi jalan-jalan, Vira juga tahu tempat mana saja yang sesuai dengan kantong mahasiswa. Meski ada bagian yang kurang sreg buat saya, seperti ini misalnya : bagian Vira mengenalkan tentang red light distric, dan sebuah toko yang ‘unik’ di sebuah pasar, namun, setiap pengalamannya sangat berharga sehingga setiap lembaran buku ini sayang jika dilewatkan begitu saja. Pengalaman penulis bisa menjadi acuan untuk berhati-hati juga terutama di daerah ‘rawan’. Ya cukup tahu saja ada tempat seaneh itu. Karena budaya kita jelas berbeda dengan budaya Korea akan ada banyak pengalaman berkaitan dengan culture shock sehingga siapa pun yang ke Korea butuh persiapan lebih matang. Penasaran dengan pengalaman Vira? Baca saja buku ini. Empat bintang dari saya. ;)

Komentar

  1. Bagus nih kalo mau nulis novel korea-koreaan ya, La :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bun. Detail banget infonya. eh ternyata buku ini udah diterbitkan ulang di Noura.

      Hapus
  2. Wah bagus sepertinya ya. Jadi pengen ke Korea lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiknya yang udah pernah ke sana :D Sharing pengalamannya dong, kak. :D

      Hapus
  3. Korea memang bagus sih.. tapi karena saya ke Korea dari Jepang, berasa Korea biasa aja. hehehe. Jadi kalo nanti kamu main ke Korea, singgah ke Jepang biar kerasa perbedaannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang Jepang dan Korea bersaing ketat nih untuk narik turis luar negeri, hehe.
      semoga ada rezeki bisa main ke dua negara itu sekaligus :D

      Hapus
  4. Buku ini bagus, bagus banget malah hehehe yang nulis nya kakak saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam buat mba Elvira ya :D Kapan kakaknya nulis buku lagi, ditunggu nih, hehe

      Hapus
  5. Balasan
    1. wah, tugas sekolah sekarang boleh copas ya? :D

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com