Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

22 April 2014

Resensi Buku Tahajud Cinta by Kinoysan


Judul Buku : Tahajud Cinta
Penulis : Kinoysan
Penerbit : Lingkar Pena Kreativa
Tebal : 202 halaman
Terbit : Cetakan kelima, Mei 2008
ISBN : 979-3651-90-3
Rating : 4/5

Bangun malam untuk sholat tahajud? Duuuh, susahnya!
Bukannya mendingan tidur nyenyak?
Lagian tahajud kan nggak wajib, ya Fren?
Benar sih.
Tapi kok ada ya teman-teman kita yang rajin dan cinta banget sholat malam.
Padahal dipikir-pikir... dibandingin sama kita, sehari-hari sibuknya mungkin sama, capeknya juga sama. Lha, tapi kok mudah bangun malam?
Kalau begitu: Ada Apa Dengan Tahajud?
Fren, yuk perkuat niat tahajudmu dengan kisah-kisah indah penuh cinta. Lewat malam-malam dalam sujud kepada-Nya.
Tahajud Cinta?
Indahnya....

***
         Saya baca buku ini karena penasaran sama judulnya. Apalagi yang nulis mbak Kinoysan. Covernya pun unyu-unyu. Pas lihat labelnya Teen Edu, saya jadi tahu kenapa buku ini diberi cover begitu, sasaran pembacanya memang untuk remaja yang sedang mencari jati diri, namun pembaca dewasa pun bisa tetap membacanya. Apalagi bahasanya yang ringan dan mudah dicerna, dengan kisah yang membuat pembaca makin merasa dekat dengan Allah lewat tahajud.

            Awalnya saya kira buku ini seperti novel gitu, soalnya penasaran hanya dari cover dan judulnya saja, ga lihat sinopsisnya. Ternyata bukan lho. :p Buku Tahajud cinta ini berkisah tentang pengalaman nyata para pecinta tahajud. Sejak mengerjakan shalat tahajud rutin, setiap masalah dalam hidup dimudahkan proses penyelesaiannya. Mulai dari bayar hutang, mencari jodoh, terlepas dari tuduhan koruptor, sampai yang paling inspiratif, mendapatkan beasiswa dari Bupati untuk kuliah di kedokteran. Padahal si anak seorang anak yang miskin yang hanya tinggal dengan simboknya. Berbekal keyakinan, kerja keras, doa dari simbok dan juga tahajud rutin, Karyo akhirnya mendapatkan apa yang dia idamkan. 
      
           Ada juga cerita dari Sinta yang sedang mencari jodohnya, namun mengalami banyak hambatan. Akhirnya, dia bertemu dengan lelaki yang dia dambakan itu, padahal sebelumnya Hasan hilang bak ditelan bumi, tak ada yang tahu dia ada di mana. Takdir mempertemukannya dengan Hasan lewat ibunya langsung, dan kejadian itu tidak disangka-sangka oleh Sinta. (halaman 69)

          Ibarat kunci, tahajud menjawab segala masalah yang berat terasa ringan, menjadi pintu utama selain shalat wajib kita. Mengapa demikian? Sebab Allah pun sudah berjanji untuk memberi kemudahan pada hamba-Nya yang mendekatkan diri lewat shalat tahajud. Shalat tahajud hanya bisa dilakukan oleh hamba-Nya yang terpilih. Sebab, bisa jadi kita terbangun tetapi sulit untuk bangun dari tempat tidur. Inilah keistimewaan tahajud yang tertuang dalam hadits.

            “Dari Abu Hurairah : “Tatkala Nabi SAW ditanya orang, apakah shalat yang lebih utama selain dari shalat fardhu yang lima, jawab beliau : shalat di tengah malam.” (halaman 178)

         “Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam. Lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan Kukabulkan, adakah orang yang mengharap atau memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya sampai tiba waktu shubuh.”

         Shalat malam bisa disebut shalat tahajud bila dilakukan setelah tidur. Bila sebelum tidur dan melakukan shalat di malam larut, itu disebut shalat sunat biasa. Buku ini pun di bagian akhir diberi penjelasan seputar  keutamaan tahajud, tata cara tahajud yang baik dan benar dan doa setelah shalat tahajud. Overall, buku ini buku yang inspiratif! Tak heran ya, kalau buku yang saya pegang saat ini adalah cetakan kelima. Empat bintang dari saya untuk buku ini. ;)

14 comments:

  1. Mbak gak percaya klo Kinoysan bikin buku ini.. biasanya Kinoysan spesialis bikin novel.. Dan judulnya kok gak banget ya macam judul novel Islamic yang ikut-ikutan seperti ayat2 Cinta he he.. Tapi klo ternyata sasarannya remaja wajar aja covernya begitu dan saya yakin tulisannya pasti menginspirasi. Cuma sayang judulnya itu lho.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Cetakan pertamanya memang tahun 2006-an, Mba Yuni. Pas novel Ayat-ayat Cinta lagi booming tuh :D Mungkin ya pertimbangannya biar pembaca jadi tertarik xD

      Delete
  2. Tapi saya yakin tulisan Kinoysan yang satu ini mantap. Menyuarakan kebenaran, ibadah dan buah manis dari ibadah bernama Tahajjud, ibadah yang jarang orang mau mengamalkannya. Tulisan ini mencoba berbagi tentang buku-buku terbaru, tak ada ucapan terbaik saya untuk penulis, selain terima kasih, sudah mau berbagi!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hanya yang berniat kuat untuk tahajud yang akan melawan rasa malas di malam hari demi melaksanakan shalat tahajud. Makasih udah berkunjung, Kak. ;)

      Delete
  3. Harusnya orang seperti saya --- yg sering bgt hidupin alarm, tapi sering bgt juga cuma bangun buat matiin, baca buku ini ya Mbak... :D *tutupmuka*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba Rosa, kencengin lagi tahajudnya. Biar dimudahkan cari jodoh, hehe ;)

      Delete
  4. sholat tahajud memang salah satu sholat yang manfaatnya menjawab dan meberikan solusi atas segala persoalan kehidupan di dunia ini...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  5. Don't judge a book by it's cover...
    Kalimat di atas bener2 berlaku ya buat buku ini? :D
    Aku tadinya juga ngira ini novel... semacam teenlit gitu hanya gara2 liat covernya

    ReplyDelete
  6. Bukunya mbak Ari Kinoysan memang nggak diragukan

    ReplyDelete
  7. Covernya emang teenlite banget yah kaa, engga nyangka kalau isinya pembelajaran yang penting banget buat anak remaja :D

    ReplyDelete
  8. susah sekali untuk bisa sholat malam, apalagi kalau pas dingin begitu...

    ReplyDelete
  9. Sholat tahajud memang harus bubuk dahulu. :D

    Namun yang susah, bangun dari tidur tepat pada sepertiga malam. Suka meresensi buku ya mbak? Koleksinya ada buanyak :D

    ReplyDelete
  10. Kayaknya perlu baca buku ini nih, aku susah banget bangun malam :(

    ReplyDelete
  11. Masih ada ga sih bukunya , dulu pertama baca pas SMA dan pinjem punya temen subhanallah bgd ini buku menginspirasi bgd

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^