Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

19 November 2014

Resensi Buku : Mengenal Sifat Rasulullah SAW - Anisa Widiyarti


Judul Buku : Mengenal Sifat Rasulullah SAW
Pengarang : Anisa Widiyarti
Ilustrasi : InnerChild Studio
Penerbit : QIBLA (Imprint BIP)
Terbit : 2013
Tebal : 100 halaman
ISBN : 978-602-249-245-0

ilustrasi buku
Buku kali ini adalah seri ilustrated book yang berjudul Mengenal Sifat Rasulullah SAW. Seperti judulnya, ada empat sifat yang dimiliki oleh nabi Muhammad SAW yang patut diteladani oleh anak-anak muslim sejak kecil. Sifat tersebut yaitu : Shidiq, Amanah, Tabligh, dan Fatonah. Kisahnya digambarkan dengan empat cerita yang berdiri sendiri dan tokohnya tak sama. Bukan jenis serial. Misalnya, cerita Odi yang disuruh ibu membeli roti. Setelah membeli, uang kembalian tidak dikembalikan pada ibu. Karena itu, kakak Odi menegurnya. Odi pun baru tahu bahwa shidiq/benar/jujur adalah salah satu sifat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan mengembalikan uang kembalian tanpa ditagih lebih dulu oleh ibu, Odi telah melakukan kejujuran.

Seperti ini misalnya :

Abdullah bin Mas’ud berkata : “Bersabda Rasulullah SAW : ‘Kalian harus jujur, karena sesungguhnya jujur itu menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu menunjukkan kepada surga. Seseorang senantiasa jujur dan berusaha untuk jujur sehingga ditulis di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian dusta karena sesungguhnya dusta itu menunjukkan kepada keburukan, dan keburukan itu menunjukkan kepada neraka. Seseorang senantiasa berdusta dan berusaha untuk berdusta sehingga ditulis di sisi Allah sebagai seorang pendusta.” (HR. Mukhari dan Muslim)

hikmah dalam cerita
Kelebihan dari buku ini terdapat kisah sahabat yang berinteraksi dengan Rasulullah, kemudian dilanjut dengan hadits untuk memberikan penguat dari kisah yang diceritakan, dan lembar aktivitas berupa kuis untuk mengetahui mana saja kegiatan yang mencerminkan sifat fatonah. Anak-anak bisa mencentang pilihan yang disediakan. Lalu, ada pula lembar aktivitas berupa satu halaman kosong yang bisa diisi dengan tulisan tangan anak-anak, mereka bisa menuliskan apa saja hal yang telah dilakukan yang merupakan sifat fatonah, misalnya. Dengan demikian anak belajar untuk menganalisa kemampuan diri apakah sudah sesuai dengan teladan yang dicontohkan oleh Nabi. 

4 comments:

  1. kluaran 2013 yah... cari ah buat jav... mudah2an msh ada...

    ReplyDelete
  2. Makasih sekali ya, Mbak, sudah berkenan meresensi buku saya. :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^