Langsung ke konten utama

Resensi Buku : Pembalasan Sang Sphink - Janna Carioli dan Luisa Mattia


Judul Buku : Pembalasan Sang Sphink
Pengarang : Janna Carioli dan Luisa Mattia
Ilustrator : Barbara Bongini
Penerjemah : Fairlita Pangalila
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer(BIP)
Terbit : 2013
Tebal : 96 halaman
ISBN : 978-602-249-343-3


Petualangan Nefertina, Piramses dan musuh bebuyutan mereka Tengikaton di balik piramida agung serta tetumbuhan papirus ketika Mesir masih diperintah oleh para firaun tersaji cantik dalam novel ini. Novel anak yang dibentuk menjadi novel mini 2 in 1 ini, merupakan gabungan dua kisah utama yang saling berhubungan. Layaknya novel anak, kisah ini memiliki alur yang menghibur, lucu dan membuat anak-anak tertarik untuk mengenal budaya Mesir Kuno pada masa Firaun. Seperti mengenal apa itu Sphink, budak, tulisan hieroglif, tinta purpura, sungai nil, rubah fennec, dll.


Dua kisah dalam novel ini berjudul : pembalasan sang Sphink dan petarung misterius. Dalam kisah pembalasan sang sphink, Papirkamen yang merupakan juru tulis Firaun memberikan tinta merah untuk Piramses karena muridnya pandai menulis hieroglif. Namun sayangnya tinta dan kuas itu menghilang bersamaan dengan insiden yang terjadi di landasan Sphink. Sphink yang selama ini dianggap suci bagi warga Mesir kuno, ternyata dirusak kesuciannya dengan tulisan “Yang baca ini Unta.” Jelas ini perbuatan orang usil. Karena coretan itu dianggap berasal dari tinta merah milik Piramses, maka ia dihukum oleh gurunya untuk menulis permintaan maaf sebanyak 100 kali. Namun, Nefertina yang merupakan sahabat Piramses tahu bukan Piramses yang melakukan kesalahan itu. Lalu, bagaimana kecerdikan Nefertina untuk menyelesaikan kasus ini?

Di kisah petarung misterius, Firaun menggelar pertandingan bela diri bertongkat. Menjelang duel satu lawan satu antara Piramses dan Tengikaton, Piramses menghilang. Tengikaton hampir saja didaulat sebagai pemenang, andai saja tak ada petarung misterius yang menggantikan Piramses. Petarung itu menghajar Tengikaton tanpa ampun di arena pertandingan. Siapakah petarung itu? Lalu di mana Piramses sebenarnya?  


          Buku ini memberikan kesegaran baru bagi buku anak bertema sejarah. Anak-anak akan suka dengan kemasan buku ini yang dibuat berbahasa sederhana, lincah, lucu, ringan dan beraroma sains. Kasus dalam buku ini membuat pembaca anak belajar untuk mengenal sains dengan cara yang menyenangkan. Ditambah ilustrasinya yang cantik dan kuis tebak-tebakan sebagai gimmick, buku ini layak dijadikan koleksi bagi pembaca cilik. Selamat membaca! Lima bintang dari saya untuk buku ini. ;)

Komentar

  1. Indonesia sangat kaya dengan dengan cerita-cerita dongeng yang bisa sanga menghibur anak-anak, tapi sepertinya masih sangat sedikit yang mau mengemasnya menjadi cerita yang lebih menarik, mungkin mbak ila bisa jadi salah satu pelopor cerita-cerita anak Indonesia dalam konsep kekinian... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, iya. Andai tema Indonesia bisa dibuat seperti ini pasti asyik. Doanya ya, kak. Lagi dikonsep. :D

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital