Langsung ke konten utama

Resensi Buku : Trio Milki Way - Yudith Fabiola


Judul Buku : Trio Milki Way
Penulis : Yudith Fabiola
Ilustrator : Agus Willy
Penerbit : Al-Kautsar Kids
Terbit : Cetakan Pertama, Januari 2014
Tebal : 81 halaman
ISBN : 978-602-1694-05-3


            Lomba gigi cemerlang yang diadakan oleh Smiledent membuat gembira murid-murid SD Nur Hira di Kabupaten Pinrang. Hadiah yang dijanjikan sangat menarik! Pemenangnya bisa jalan-jalan gratis ke Ancol. Impian menikmati liburan di Jakarta membuat Trio Milki Way yaitu Mila, Riki, dan Daway mengatur rencana. Mereka bersemangat untuk mulai merawat gigi.
          Namun, gigi mereka bermasalah karena malas menyikat gigi. Mereka juga tidak pernah ke dokter gigi karena takut. Sayangnya, waktu lomba tinggal tiga bulan lagi. Jika gigi belum bersih dan terawat, kesempatan untuk menang akan terlewat.
            Akhirnya, saat Mila merasakan sakit nyeri di giginya, dia pun mau juga diantar Riki ke klinik Dokter Ismi. Kebiasaan mengemut lolipop membuat gigi Mila rusak. Giginya harus ditambal. Sedangkan gigi Daway harus dicabut karena bolong sehingga dia kelihatan ompong. Daway malu dengan teman-temannya dan tak mau sekolah. Hanya gigi Riki yang dicabut di bagian belakang.    
        Kesempatan Riki dan Mila untuk ikut berkompetisi membuat Daway sedih. Dia baru sadar pentingnya merawat gigi. Apalagi, sejak Riki ingin ikut lomba, dia menjadi dekat dengan Didu. Gigi Didu, si ketua kelas memang bagus. Didu rajin menyikat gigi dan mengeceknya ke dokter walau tidak sakit gigi. Lalu, apa saja yang dilakukan oleh Trio Milki Way untuk memenangi lomba itu? Berhasilkah mereka?
***
            Berkunjung ke dokter gigi seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi anak-anak karena kesan seram yang dilihat dari peralatannya. Padahal, sebenarnya anak yang terbiasa merawat gigi dan rutin mengecek ke dokter, akan membuat kesehatan gigi mereka terjaga hingga dewasa.
            Novel yang ditulis dengan lincah oleh Yudith Fabiola bertema kesehatan gigi ini bertutur tentang persahabatan ala anak Pinrang, sebuah kabupaten kecil di Sulawesi. Sains dipadukan dengan unsur lokalitas Sulawesi, membuat novel ini punya ciri khas yang unik.  Penulis bergaya bahasa sederhana bertutur lewat dialog dan karakter tokoh, membuat anak berani menghadapi dokter dan siap untuk belajar merawat gigi dengan sempurna sejak dini. 

Komentar

  1. wah wah, ngomongin gigi aku juga nyesel banget deh kenapa dulu suka males malesan gosok gigi hiks.. coba yah ini buku ada dr jaman aku kecil --v

    rekomen banget nih ya kak buat anak2 sekarang, yang juga masih suka males gosok gigi dan takut ke dokter gigi..

    BalasHapus
  2. wah, menarik ni temanya. Saya jadi ingat, udah lama tak baca buku anak-anak seperti ini.

    BalasHapus
  3. penasaran settingnya di sulsel :)

    BalasHapus
  4. Sedang berselancar di dunia maya, terus menemukan ini.
    Terima kasih sudah baca dan meresensinya, Kyky.
    Senang dan haru.
    Semoga lebih banyak yang mendapat manfaat dari buku ini (meski sudah lama terbitnya).

    BalasHapus
  5. Makasih banyak sudah membaca dan meresensinya, Kyky.
    Senang dan haru :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital