Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

24 November 2014

Resensi Buku : Trio Milki Way - Yudith Fabiola


Judul Buku : Trio Milki Way
Penulis : Yudith Fabiola
Ilustrator : Agus Willy
Penerbit : Al-Kautsar Kids
Terbit : Cetakan Pertama, Januari 2014
Tebal : 81 halaman
ISBN : 978-602-1694-05-3


            Lomba gigi cemerlang yang diadakan oleh Smiledent membuat gembira murid-murid SD Nur Hira di Kabupaten Pinrang. Hadiah yang dijanjikan sangat menarik! Pemenangnya bisa jalan-jalan gratis ke Ancol. Impian menikmati liburan di Jakarta membuat Trio Milki Way yaitu Mila, Riki, dan Daway mengatur rencana. Mereka bersemangat untuk mulai merawat gigi.
          Namun, gigi mereka bermasalah karena malas menyikat gigi. Mereka juga tidak pernah ke dokter gigi karena takut. Sayangnya, waktu lomba tinggal tiga bulan lagi. Jika gigi belum bersih dan terawat, kesempatan untuk menang akan terlewat.
            Akhirnya, saat Mila merasakan sakit nyeri di giginya, dia pun mau juga diantar Riki ke klinik Dokter Ismi. Kebiasaan mengemut lolipop membuat gigi Mila rusak. Giginya harus ditambal. Sedangkan gigi Daway harus dicabut karena bolong sehingga dia kelihatan ompong. Daway malu dengan teman-temannya dan tak mau sekolah. Hanya gigi Riki yang dicabut di bagian belakang.    
        Kesempatan Riki dan Mila untuk ikut berkompetisi membuat Daway sedih. Dia baru sadar pentingnya merawat gigi. Apalagi, sejak Riki ingin ikut lomba, dia menjadi dekat dengan Didu. Gigi Didu, si ketua kelas memang bagus. Didu rajin menyikat gigi dan mengeceknya ke dokter walau tidak sakit gigi. Lalu, apa saja yang dilakukan oleh Trio Milki Way untuk memenangi lomba itu? Berhasilkah mereka?
***
            Berkunjung ke dokter gigi seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi anak-anak karena kesan seram yang dilihat dari peralatannya. Padahal, sebenarnya anak yang terbiasa merawat gigi dan rutin mengecek ke dokter, akan membuat kesehatan gigi mereka terjaga hingga dewasa.
            Novel yang ditulis dengan lincah oleh Yudith Fabiola bertema kesehatan gigi ini bertutur tentang persahabatan ala anak Pinrang, sebuah kabupaten kecil di Sulawesi. Sains dipadukan dengan unsur lokalitas Sulawesi, membuat novel ini punya ciri khas yang unik.  Penulis bergaya bahasa sederhana bertutur lewat dialog dan karakter tokoh, membuat anak berani menghadapi dokter dan siap untuk belajar merawat gigi dengan sempurna sejak dini. 

5 comments:

  1. wah wah, ngomongin gigi aku juga nyesel banget deh kenapa dulu suka males malesan gosok gigi hiks.. coba yah ini buku ada dr jaman aku kecil --v

    rekomen banget nih ya kak buat anak2 sekarang, yang juga masih suka males gosok gigi dan takut ke dokter gigi..

    ReplyDelete
  2. wah, menarik ni temanya. Saya jadi ingat, udah lama tak baca buku anak-anak seperti ini.

    ReplyDelete
  3. penasaran settingnya di sulsel :)

    ReplyDelete
  4. Sedang berselancar di dunia maya, terus menemukan ini.
    Terima kasih sudah baca dan meresensinya, Kyky.
    Senang dan haru.
    Semoga lebih banyak yang mendapat manfaat dari buku ini (meski sudah lama terbitnya).

    ReplyDelete
  5. Makasih banyak sudah membaca dan meresensinya, Kyky.
    Senang dan haru :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^