10 October 2021

[Resensi Buku] Dongeng Klasik Snow White by The Brothers Grimm

 



Judul Buku : Snow White

Pengarang : The Brothers Grimm

Text Adaptation : Giada Francia

Graphic Design : Marinella Debenardi

Illustration : Francessa Rossi

Penerbit : WS Kids (White Star Kids)

Terbit : 2014

Tebal : 64 halaman

ISBN : 978-88-544-0857-9

Rating : 5 bintang

Beli di Official Store BBW Tokopedia

 

Sinopsis Buku Snow White – The Brothers Grimm :

 

The Queen had a daughter with skin white as snow, lips red as blood, and hair black as ebony, and they called her Snow White.

 

Resensi Buku Snow White – The Brothers Grimm :

 

Hai gaes, kali ini saya akan bahas sebuah buku dongeng klasik karya The Brothers Grimm alias Grimm Bersaudara. Buku klasik ini berjudul Snow White. Kisah dongeng klasik Snow White ini memang sudah lama ada, bahkan sudah sering dipentaskan dalam drama teater maupun film animasi.

 

Nah, kali ini buku dongeng Snow White diterbitkan kembali oleh penerbit White Star Kids secara eksklusif untuk Big Bad Wolf (BBW) demi mendukung Red Readerhood Global Reading Advocacy Programme. Wow keren ya!

 

Kisah Snow White sebetulnya sudah lama ada, jadi kalau sudah pernah dengar ceritanya, lalu baca buku ini akan paham alur ceritanya sama saja seperti yang pernah kita tahu. Hanya saja di buku ini dikisahkan yang diminta Ratu untuk membunuh Snow White adalah pemburu kerajaan.

 

Pemburu ini sudah lama tinggal di kerajaan dan menjadi orang kepercayaan Raja dan Ratu. Jadi, saat Ratu meminta untuk membunuh Snow White, pemburu ini justru tidak tega karena ia sudah menganggap Snow White sebagai anaknya. Ini terlihat dalam tulisan berikut ini :

 

“For many years, he had thought of her as the daughter he had never had. He had taught her how to whistle so that birds would come to her...” (page 25)

 

Sedih banget ga sih? Jadi pemburu udah menganggap Snow White sebagai anaknya sendiri, karena udah lama kenal juga. Bahkan pemburu ini juga membantu Snow White untuk belajar berburu. Jadi, keputusannya untuk menolong Snow White keluar dari kerajaan dan menghilang ke hutan adalah keputusan yang tepat.

 

Pemburu ini bilang alasannya kenapa dia tidak bisa membunuh Snow White, dan siapa yang ingin mencelakakannya. Ya, siapa lagi kalau bukan Ibu tiri yang jahat yaitu sang Ratu. Ratu sangat iri karena di kerajaan itu Snow White-lah yang paling cantik. Kecantikan ini muncul sejak Snow White sudah menjadi perempuan dewasa yang mewarisi kecantikan ibunya.

 

“She gracefull, but she is certainly not more beautifull than me! Surely there is no woman in the world more beautifull than me!” (page 18)

 

Setiap hari Ratu bertanya pada cermin ajaib tentang siapa perempuan yang paling cantik di kerajaan itu. Dan lagi-lagi jawabannya selalu saja Snow White. Selama Snow White masih hidup, maka Ratu tidak akan pernah menjadi yang tercantik.

 

“Mirror mirror on the wall, who is the fairest of them all? Mirror, I order you to tell me the truth, or  I will smash you to smithereens!” (page 18)

 

Berhubung si cermin ini emang nggak bisa bohong, jadi dia bilang dengan jujur bahwa, Ratu memang cantik, tapi yang paling cantik tetap saja Snow White. Gara-gara ini Ratu jadi marah besar dan minta pemburu untuk membunuhnya.

 

“Your Majesty, I’m afraid that you will smash me to smithereens. You will not be happy with what I am going to say. Your Majesty, you are beautifull, but there is Snow White, and she is more beautifull than you!” (page 19)

“I cannot lie. While Snow White still lives, you will never be the most beautifull in the kingdom.” (page 19)

 

Pemburu pun pulang dengan membawa hati binatang buruan di kotak perhiasan, lalu mengatakan pada Ratu bahwa hati itu milik Snow White. Padahal Snow White masih hidup di hutan. Meskipun mereka berpisah jalan masing-masing, namun pemburu ini pintar lho. Dia boleh mengajukan hadiah untuk keberhasilannya membunuh Snow White. Nah, dia minta untuk dibolehkan berburu di luar pegunungan alias agak jauhan dari istana kerajaan. Hehe. Biar ga dikejar Ratu ya. :D

 

“Well? Have you done what I ordered?”

“Yes, Your Majesty. You no longer need worry about Snow White.”

“It’s done! Congratulations, my faithful hurtsman. I wish to reward you! What can I give you?”

“I would like to go hunting beyond the mountains.” (page 27)

 

Setelah Ratu menyadari bahwa pemburu berbohong, ia baru sadar ya udah kejauhan juga buat ngejar pemburu atau minta penjelasan kenapa nggak dibunuh. Jadi Ratu fokus mencari Snow White sendiri. Nggak pake bantuan orang lain lagi. Ratu mau membunuh Snow White dengan merapalkan mantra sihir paling mematikan yang ia miliki. Sihir ini disimpan dalam benda-benda yang dibawa oleh Ratu. Seperti : kain dan pita, sisir cantik, dan buah apel.

 

Anyway, Si Ratu ini emang insecure ama kecantikannya sendiri. Padahal sebelum Snow White tumbuh menjadi dewasa, berkali-kali cermin miliknya selalu berkata dia yang tercantik di kerajaan. Lalu, setelah Snow White menjadi dewasa, dia malah nggak mau ada yang menyaingi. Tapi sebenarnya wujud asli Ratu ini memang mengerikan sih.

 

Apa coba tebak?

Yaps, burung gagak hitam!


Jadi, Ratu ini menikah dengan Raja beberapa tahun setelah ibu kandung Snow White sebelumnya meninggal karena penyakit aneh. Penyihir ini pun kemudian menyamar menjadi manusia yang sangat cantik agar ia bisa menguasai kerajaan itu.

 

Rasa iri dan dengki itu sudah tumbuh begitu kuat dan mendalam di hati Ratu, sampai Snow White pun diburu dengan berbagai cara. Padahal Snow White sudah masuk hutan yang tidak bisa dijangkau oleh orang biasa. Saking jauhnya, bahkan Snow White menjelajah hutan itu setelah berjam-jam berlari tanpa henti.

 

Ya gimana nggak lari  tanpa henti ya? Wong Snow White ini shock pas dibilangin sama pemburu bahwa ibu tirinya lah yang telah berencana membunuhnya. Padahal Snow White nggak salah apa-apa. Wew banget kan?

 

Di hutan itu, Snow White ketemu dengan 7 kurcaci, lalu mereka pun membolehkan Snow White tinggal di dalam rumah mungil itu.

 

Yang bikin Snow White terkena kutukan adalah karena dia sangat ceroboh. Setiap kali dia terkena masalah, dia terlalu naif. Mengira masalah itu tak akan datang lagi. Padahal udah dikasih tahu kalau siapa tahu Ratu nyamar lagi jadi orang jahat trus mencelakakan Snow White.

 



Eh tapi dasarnya Snow White ini berhati tulus, dia mau-mau aja bukain pintu untuk orang asing yang ternyata jelmaan Ratu. Ratu ini punya ilmu hitam tingkat tinggi, jadi dia bisa nyamar jadi siapa pun. Masalahnya, Snow White ini sangat polos ya. Hehe. Jadi dia percaya aja sama orang lain. Sampai dia tegeletak di lantai setelah makan apel yang diberikan padanya.

 

Snow White pun tertidur hingga berbulan-bulan lamanya. Lalu dia bertemu dengan pangeran dan mereka pun jatuh cinta. Sebetulnya bagian jatuh cinta yang sangat mendadak dan tiba-tiba ini bikin saya terkejut sih. Hehe. Soalnya Snow White ini hanya dua kali ketemu dengan Pangeran. Pertama waktu pesta ultahnya dia, lalu yang kedua pas dia diselamatkan oleh pangeran dengan ciumannya.

 

“I will go with you, because I love you more than any other, and because in my kingdom I will never be safe. The fruit seller was my stepmother. I recognised her laugh before I fainted.” (page 60)

 

Masa setelah siuman yang diingat olehnya adala jatuh cinta pada Pangeran itu. Wekeke. Ya tapi namanya juga dongeng ya. Mungkin aja Snow White untuk mau dijodohkan dengan pangeran itu, hanya saja keburu udah mau dibunuh sama pemburu suruhan Ratu.

 

See? Ya, namanya dongeng ada serunya, ada magicnya, ada tragisnya. Bagian paling menyenangkan tentu saja saat melihat Raja akhirnya tahu siapa Ratu sebenarnya.

 

***

 

Menurut Saya :

 

Saya senang sekali bisa nemu buku dongeng klasik sebagus ini. Soalnya, ilustrasinya cantik banget. Hehe. Kalau kamu suka dengan dongeng anak klasik karya Brother Grimm kamu bisa koleksi dongeng ini deh. Selain itu, ada judul dongeng klasik lainnya juga seperti Cinderella, Rapunzel, dll yang rata-rata udah dijadikan film animasi Disney ya. Jadi visualnya memang sangat menarik dan dialognya juga sangat menggambarkan masing-masing karakter di dongeng ini.

 

Selain ilustrasinya, saya juga suka bagaimana penulisnya membangun alur cerita. Memang bagian yang akhir pas Snow White bilang udah cinta sejak pandangan pertama itu agak gimana gitu sih, hehe. Tapi di saat penulis menggambarkan alur dan karakter lainnya sangat bagus. Contohnya digambarkan para kurcaci itu tetap bekerja untuk menghasilkan uang. Karena mereka mencari tambang berlian dan permata di saat pagi hingga sore hari. Mereka juga senang menjahit dan baca buku lho.

 

Trus pas bagian penangkapan Ratu juga seru karena alurnya bisa dipahami oleh anak-anak. Oiya, buku ini juga bisa dinikmati oleh orang dewasa lho. Jadi nggak perlu khawatir karena bahasanya sangat bagus dan mudah dipahami untuk pembaca novel bahasa Inggris level beginner.

 

Nah, kalau kamu kesulitan buat nerjemahin bisa pakai kamus di Google Translate atau bisa pakai aplikasi penerjemah seperti aplikasi U-Dictionary. Cobain deh! Selamat membaca ya!

 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^