2 Maret 2022

[Review Buku] Aku Purple Kamu by Liestyo Suwito


Novel remaja bertema fans idol grup Korea BTS

Judul Buku : Aku Purple Kamu

Pengarang : Liestyo Suwito

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : 2022

Tebal : 214 halaman

ISBN : 978-602-065-6540

Genre buku : novel young adult

Rating : 4/5⭐

Harga buku : Rp 80.000

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital


❤❤❤


[Review Buku] Aku Purple Kamu - Liestyo Suwito


Rajut ngefans banget sama idol grup BTS asal Korea Selatan. Saking ngefansnya, dia bela-belain pesan tiket pesawat pulang pergi buat terbang ke Singapura. Dia pengin nonton penyanyi kesayangannya manggung. Rajut nggak sendirian ke sana, karena dia ditemenin sama Sofia, sohib kentalnya. 


"Kalau sama BTS yang jauh aja aku setia, apalagi sama kamu yang dekat?"

"Kok lagu-lagu BTS enak-enak sih, apakah aku sudah resmi jadi ARMY?"


Mama Rajut khawatir anak kesayangannya ke Singapura sendirian. Jadilah Sofia ditraktir tiket nonton konser BTS plus tiket pesawat PP sekaligus akomodasi dan makan. Semuanya ditanggung sama Mama Rajut. 

Sofia dan Rajut udah sahabatan dari kecil. Bahkan udah tahu betapa kehaluan Rajut udah sampai tahap ngehaluin idolnya sebagai suami. Lol

Rajut senang dengan segala hal berbau Korea, bahkan dia berencana belajar Bahasa Korea dan latihan dance practice BTS demi bisa pamerin itu ke Sofia.


Gantengnyaa~ 😆


Rajut dan Sofia punya gaya liburan yang beda. Rajut mau belajar kelas bahasa dan dance, sedangkan Sofia justru kekeuh pengin cari pengalaman baru sebagai Asisten Rumah Tangga(ART).

Rajut membujuk Sofia agar membatalkan keinginannya  tapi sayangnya gadis itu sudah sangat ingin merasakan suasana yamg berbeda dari kehidupannya selama ini. Padahal Sofia juga anak orang kaya lho.

Demi memuluskan aksinya, Sofia bela-belain bawa sekoper besar pakaian jadul milik mamanya buat dibawa ke Jakarta. Sofia mau nyamar dari gadis desa  biar dia bisa diterima kerja di rumah majikan. 

Pucuk dicinta, kesempatan itu datang saat Sofia sedang berkeliling ke mall dan menemukan dompet seseorang. Ia pun mengantarkan dompet itu kepada pemiliknya. Sebagai imbalan atas kebaikan hatinya, Sofia diperbolehkan menjadi pembantu untuk sementara waktu, selama 1 bulan.

Sofia bersedia karena itu memang tujuannya ke Jakarta. Rumahnya di Bandung terasa menyenangkan, tapi dia ingin punya pengalaman baru yang mengesankan.

Di Jakarta, Sofia berubah sosok menjadi pembantu bernama Iyem. Pakaian Iyem jadul, rambutnya klimis karena pakai minyak beraroma asem. Sedangkan logat bicaranya berubah jadi ndeso ala cah Jogja, karena ia mengaku berasal dari Jogja.

Iyem tak hanya pintar memasak, tapi ia juga gesit. Pekerjaan rumah selalu tuntas diselesaikan sebelum waktunya.

Sofia hanya menjadi pembantu Nyonya Irwan sementara selama sebulan karena menggantikan Bi Nah. 

Sofia sebetulnya khawatir penyamarannya akan diketahui orang rumah, namun berkat kecerdikannya, ia tetap aman di rumah itu.

Tak disangka, Sofia bertemu dengan Debbie dan Ramadhan yang pernah ia lihat di salon dan saat konser BTS. Beruntung ingatan Debbie dan Ramadhan tidak sebaik ingatan Sofia. Alhasil, Debbie bahkan tak mengenali penyamaran gadis itu. 


Kim Taehyung BTS wallpaper
Kim Taehyung (V BTS)


Debbie dan Ramadhan ternyata anak dari pemilik rumah itu. Sofia khawatir saat tahu kabar itu karena sebelumnya  di salon  Rajut dan Debbie berantem gara-gara rebutan suami halu. 


"Apa lo... apa lo? Emang aku istrinya Taehyung. Kamu mau apa?"

"Eh, silakan aja ya kalau lo mau jadi Army. Tapi jangan rebut suami gue!"


Sejak kenal dengan Ramadhan, Sofia merasa cowok itu sering membuatnya salah tingkah. Sedikit baik, kadang menjengkelkan. Sofia tidak tahu apa yang sebenarnya membuat sikap Ramadhan alias Dhon menjadi berubah .

Iyem hanya tahu, sikap Dhon berubah saat perjodohan antara Dhon dan Marlina terjadi. Iyem dijadikan tameng agar perjodohan itu dibatalkan.

Marlina kekeuh mendekat pada Dhon, bahkan berdandan aneh demi menyenangkan hati cowok itu.

Tapi  Dhon justru merasa ngeri sekaligus geli melihat dandanan Marlina yang ia lihat justru mirip ondel-ondel. 

Hingga suatu hari, Marlina merasa sikap Dhon semakin aneh karena cowo itu sering sengaja keluar rumah, saat Marlina datang ke rumahnya.

Tak disangka, itulah pemicu tragedi yang mengerikan. Dhon dan Debbie sedang tidur, sedangkan Marlina datang ke rumah. Tak ada orang di rumah selain Sumi dan Iyem di dapur. 

Marlina mendadak menyerang Iyem dengan pisau karena mengira Iyem adalah selingkuhan kekasihnya. 

Debbie yang melihat insiden itu langsung bertindak. Sayangnya, harus ada korban dari tragedi itu. Debbie dan Iyem dilarikan ke rumah sakit.

Sejak saat itu, Marlina pun ditangani oleh psikiater karena kejiwaannya terganggu.

Akankah Iyem membuka jati dirinya? Ataukah rahasianya akan tersimpan hingga akhir kontrak pekerjaannya selesai? Bagaimana akhir petualangan Sofia sebagai Iyem? Baca saja di novel Aku Purple Kamu ini ya! 🥰


❤❤❤


Menurut saya :


Novel Aku Purple Kamu ini merupakan novel dengan tema fangirling Idol k-pop BTS. Novel in merupakan remake dari novel lawas berjudul Iyem Cantik Iyem Manis yang terbit era 90 an. Dengan memasukkan unsur fangirling BTS, penulis berusaha untuk menampilkan unsur kebaruan dalam novel young adult ini.

Jika kamu ngefans dengan BTS, kamu pasti sudah kenal dengan member yang bernama Nam joon dan Taehyung, member yang sering menjadi bahan haluan para fans sebagai suami halu.

Namjoon merupakan member BTS yang terkenal dengan rap monsternya. Sedangkan Taehyung seringkali dianggap sebagai member paling tampan karena wajahnya yang unik. Kim Taehyung juga memiliki nama alias yaitu V BTS.




Banyak lagu yang digunakan dalam novel ini, jadi pembaca serasa ikut menikmati musik BTS yang didengar Sofia dan Rajut.

Bahkan Rajut jadi fans garis keras yang hobi gonta ganti cat rambut demi niruin idolanya. Dia juga rela habisin uangnya buat beli merch BTS mulai dari album, light stick, post card, bahkan boneka khas BTS yang bejibun.


❤❤❤


Arti I Purple You dan Awal Mulanya Slogan Army BTS


Mengutip situs News Week, arti “I Purple You” / "Borahae" mengacu pada warna terakhir dari pelangi, yakni ungu. 

Ungu sendiri adalah warna terakhir pelangi, maka cinta antara BTS dan ARMY mengelilingi deretan warna pelangi hingga warna terakhirnya. Artinya, BTS akan mempercayai dan mencintai para ARMY sampai akhir.


Full member idol korea kpop BTS
Hayuu siapa yang bisa sebutin nama semua member BTS? 😂

Apa Arti ARMY Bagi BTS?


Apa arti ARMY yang menjadi fandom BTS ini adalah singkatan dari Adorable Representative M.C For Youth. Sehingga apa arti ARMY merupakan kepanjangan dari kalimat tersebut. 

Anyway, soal Borahae, HYBE bahkan akan mematenkan merek dagang "Borahae" milik BTS.  

Sebuah perusahaan kecantikan berbasis nail art diketahui mencoba mendaftarkan merek dagang Borahae untuk kepentingan bisnis mereka. Karena itu, HYBE segera akan menjadikannya hak paten. 

Anyway, saya nggak tahu apakah penulis sudah punya izin belum tentang penggunaan judul yang mirip dengan "I Purple You/Borahae" ini  cuma beda di kata yang menggunakan campuran bahasa Indonesia dan Inggris, tapi mengacu arti yang sama, Aku Purple Kamu. Yaa, soal judul novel ini biarkan penerbit yang mengurusnya ya. Haha


❤❤❤


Penggunaan Gaya Bahasa Tempo Dulu


Oiya, selama membaca novel ini, saya merasa gaya bahasanya mirip zaman dulu. Sepertinya penggunaan bahasa slang(gaul) tempo dulu dipakai di novel ini dan nggak diubah sama sekali. 

Jadi serasa ada dua dunia yang berbeda ditunjukkan penulisnya. Padahal kalau novelnya mau diremake, lebih baik pakai bahasa slang zaman sekarang. Toh target pembacanya adalah fans BTS alias Army yang pasti paham bahasa gaul zaman sekarang.


❤❤❤


Depresi yang Dialami Marlina: Cermin Rapuhnya Jiwa karena Patah Hati Akibat Perselingkuhan


Kasus Marlina mengingatkan saya betapa berharganya sebuah kesadaran bahwa masa lalu dan masa kini adalah dua hal yang berbeda. 

Marlina seperti mengalami trauma dan depresi berat sampai melakukan tindakan berbahaya. Padahal ia terlihat seperti gadis normal  kecuali dandanannya yang terlihat menor seperti ondel-ondel.

Marlina bahkan masih bisa menyetir mobil sendiri, dan tak perlu diantar sopir. Sungguh ajaib, kan?

Saya malah heran gimana caranya Marlina masuk rumah Ramadhan dan Debbie tanpa ketahuan ya? Apa dibukain sama satpam atau gimana ya? 🤔 

Soalnya, Marlina bisa langsung masuk ke rumah, bahkan bisa tembus ke dalam dapur. 

Hmm... padahal waktu Iyem ngajakin Rajut masuk ke dalam rumah itu, Rajut bahkan harus nunggu dibukain pintu karena katanya ada password di pintu gerbang. 


❤❤❤


Kisah Cinta Ramadhan dan Iyem ala FTV Sinetron


Oiya, kisah cinta Ramadhan (Dhon) dan Sofia bisa dibilang ala sinetron banget. Kisah cinta semusim antara majikan dan pembantu yang saling jatuh cinta. Jadi adegannya emang mirip FTV. Soalnya penulisnya juga penulis skenario FTV.

Tapi menurutku ending novelnya sangat menyenangkan karena happy ending. Rajut, Debbie dan Sofia yang awalnya saling kenal karena ngefans BTS, akhirnya memiliki kedekatan yang real, bukan hanya sebatas fans BTS tapi lebih dari itu, yeaah.... sebagai teman yang saling menjaga.

Overall, kalau kamu suka dengan novel dengan kisah cinta remaja yang ringan ala FTV, kamu bakal suka dengan novel Aku Purple Kamu ini. Novel young adult ini juga bisa kamu nikmati dalam waktu singkat lho~ 💜

Selamat membaca yaa! 🥰


❤❤❤


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^