Langsung ke konten utama

[Review Buku Anak] Harry Build a Nation - The Legacy of Lee Kwan Yeuw



Judul buku : Harry Build a Nation - The Legacy of Lee Kwan Yeuw

Penulis : Patrick Yee 

Penerbit : Epigram Books

Terbit : 2015

Tebal : 40 halaman

ISBN: 9789814615433

Durasi audiobook : 11 menit

Bahasa : Inggris

Genre buku : anak-anak (usia 3 tahun)

Download ebook dan audiobook di aplikasi Storytel


❤❤❤


Sinopsis Buku :  


Harry Builds a Nation is the third book in the picture book series about Singapore’s remarkable leader, Lee Kuan Yew. Where A Boy Named Harry showed his determination and Harry Grows Up his courage, this book features Harry’s vision. 


Working with a strong team who shared his can-do spirit, Harry brought Singapore out of colonial rule and turned his beloved country into an independent, successful and much-admired nation. 


❤❤❤


Harry Builds a Nation adalah buku ketiga dalam seri buku bergambar tentang pemimpin luar biasa Singapura, Lee Kuan Yew. Di mana seorang anak lelaki bernama Harry menunjukkan tekadnya dan Harry menumbuhkan keberaniannya, buku ini menampilkan visi Harry. 


Bekerja dengan tim yang kuat yang berbagi semangat bisa melakukan, Harry membawa Singapura keluar dari pemerintahan kolonial dan mengubah negara tercintanya menjadi negara yang mandiri, sukses, dan sangat dikagumi.


❤❤❤


Review Buku : 




Buku bahasa Inggris ini saya download dari aplikasi Storytel. Ada dua versi buku yaitu audiobook dan ebook, jadi pembaca bisa memilih salah satu versi buku tersebut.

Saya memilih membaca ebook agar paham apa yang ditulis oleh penulis. Dalam buku ini dikisahkan Harry Lee Kwan Yeuw yang awalnya menggunakan nama tambahan Harry  namun sejak Singapura lepas dari Inggris  nama Harry pun ia hilangkan. Lee Kwan Yeuw menggunakan nama chinanya. 

Lee Kwan Yeuw menjadi presiden saat itu, dan menginginkan Singapura berkembang menjadi negara yang lebih maju. Ia juga mengajak Malaysia untuk bekerjasama dengan Singapura. Itu sebabnya Singapura sempat masuk menjadi bagian dari wilayah negara Malaysia. 

Sayangnya, hal itu hanya terjadi dalam waktu 2 tahun. Setelahnya, Singapura melepaskan diri dari Malaysia karena perbedaan visi dan misi. Namun, sejak dipimpin oleh Lee Kwan Yeuw, Singapura mengalami perkembangan negara yang sangat pesat.





Ya... bisa dibilang Lee Kwan Yeuw adalah tokoh legendaris dalam perkembangan Singapura menjadi negara maju, bahkan mereka mengusung multi etnis  sehingga tidak membedakan ras penduduk. Ada Melayu, India, China, dan Singapura. Semua campur menjadi satu.

Buku ini terbilang ringan dan bisa saya baca dalam sekali duduk. Selain itu, diksi bahasa inggrisnya juga sederhana, karena memang ditujukan untuk pembaca anak usia 3 tahun ke atas. Jadi bahasa Inggrisnya bisa dengan mudah saya pahami.

Anyway, saya suka ilustrasinya juga, menggambarkan bagaimana situasi yang dialami oleh Lee Kwan Yeuw saat memimpin Singapura.


❤ 📚 ❤

Buku anak ini terbit pertama kali tahun 2015, dan ditulis oleh Patrick Yee. Buku ini diterbitkan dalam format kertas di Singapura oleh Epigram Books.


Versi audiobook direkam oleh Storyside tahun 2022, lalu dirilis 1 Maret 2022 dan diterbitkan oleh penerbit Storyside. 




Buku anak ini juga terbit dalam bentuk ebook pada tanggal 1 Oktober 2021. Diterbitkan oleh Penerbit Epigram Books. Kamu bisa menikmati versi audiobook dan ebook di aplikasi Storytel. 


Btw, penulis buku ini yang bernama Patrick Yee adalah ilustrator pemenang penghargaan untuk lebih dari 100 buku anak-anak. Beberapa bukunya termasuk A Boy Named Harry, Fann, Bo Bo and Cha Cha Series, Little Buddy, Winter Rabbit, dan On Being Happy. 


Dia sangat terkenal di AS untuk seri board book berjudul Rosie Rabbit, yang telah terjual hampir 100.000 eksemplar dan telah diterjemahkan ke dalam lima bahasa. 


Patrick Yee telah memenangkan Hadiah Macmillan untuk Ilustrasi Buku Anak-anak dua kali. Dia saat ini mengajar di Nanyang Polytechnic, Nanyang Academy Of Fine Arts, the Spastic Children's Association, dan AWWA Special School.


❤❤❤


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com