Langsung ke konten utama

[Review Buku Anak] Legenda Putri Duyung - Dian K




Judul Buku : Legenda Putri Duyung (Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi)

Penulis : Dian K

Penerbit : BIP

Terbit : 2017

Tebal: 32 halaman

Genre : pictorial book

ISBN : 9786023946495

Rating Buku : 4/5 🌟


Dengarkan audiobook di aplikasi Storytel

Bisa beli buku di Shopee Gramedia.com


❤❤❤


Sinopsis Buku : 


Seorang ibu yang amat menyayangi anak-anaknya, dimarahi oleh suaminya karena memberikan semua ikan pada anak-anaknya dan tak menyisakan untuk suaminya. Terlalu sedih, si ibu pun meninggalkan rumah.


Dia berjalan ke pantai, dan tanpa sadar terus berjalan ke tengah lautan. Apa yang terjadi pada ibu itu kemudian? Akankah suami dan anak-anaknya mencari dan menyusulnya?


A mother who loved her children very much received hot ash from her husband. It was because she gave all teh fish her children, leaving nothing for the husband to eat. Feeling broken, the mother left the house.


She walked to the beach, and without her realizing is she had reached the middle of the sea. What happened next to her? Would her husband and childern come after her?


❤❤❤


Review Buku : 


Buku anak berjudul Dongeng Putri Duyung ini ditulis oleh Dian K. Cerita ini masuk series dongeng cerita rakyat 34 provinsi.


Konflik yang terjadi dalam buku Legenda Putri Duyung ini adalah tentang perangai suami yang temperamen sehingga memicu keretakan dalam hubungan keluarga. Hal ini dimulai dari suami yang lapar  namun tidak mendapatkan makanan yaitu ikan yang seharusnya ia makan. Makanan dengan lauk ikan itu sudah dimakan oleh anak-anaknya, sehingga makanan di rumah sudah habis.


Karakter tokoh dalam buku Dongeng Putri Duyung ini adalah seorang ibu, ayah  dan anak-anaknya. 


Karakter tokoh ayah yang tidak sabaran, sedangkan ibu yang sangat perhatian pada anaknya. Sehingga tidak tega membiarkan anaknya kelaparan karena ikan segar sedang sulit dicari di laut.


Kelebihan Buku : 


Pictorial book ini berisi 32 halaman, jadi sangat tipis dan bisa dinikmati anak-anak usia balita. Orang tua bisa membacakan cerita anak ini saat  menjelang tidur sambil mendongeng. Dengan mimik wajah dan dialog yang sesuai, anak akan belajar melalui dongeng 34 provinsi ini.


Selain itu, buku ini juga menggunakam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Versi audiobooknya bisa kamu nikmati lewat aplikasi Storytel.


Kekurangan Buku : 


Sebetulnya saya bingung kenapa penerbit memasukkan Dongeng Putri Duyung ke dalam dongeng seri cerita rakyat 34 provinsi. Padahal cerita putri duyung ini bukan berasal dari cerita rakyat di Indonesia. 

Memang ada cerita rakyat yang mengisahkan putri yang kembali menjadi ikan karena marah saat tahu ternyata suaminya menyimpan benda pusaka istrinya. Tapi kalau pakai istilah putri duyung, kayaknya nggak bisa ya. Soalnya di Indonesia nggak ada ikan duyung. 

Hmm... Mungkin penulis perlu menggali lebih dalam cerita rakyat lainnya. Pasti ada cerita lokal yang belum pernah dikisahkan dalam buku.

Overall, bukunya seru dan ada pesan moral juga di akhir cerita. Nah, selamat membaca! 😍


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com