10 Maret 2022

[Review Buku Anak] Legenda Putri Duyung - Dian K




Judul Buku : Legenda Putri Duyung (Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi)

Penulis : Dian K

Penerbit : BIP

Terbit : 2017

Tebal: 32 halaman

Genre : pictorial book

ISBN : 9786023946495

Rating Buku : 4/5 🌟


Dengarkan audiobook di aplikasi Storytel

Bisa beli buku di Shopee Gramedia.com


❤❤❤


Sinopsis Buku : 


Seorang ibu yang amat menyayangi anak-anaknya, dimarahi oleh suaminya karena memberikan semua ikan pada anak-anaknya dan tak menyisakan untuk suaminya. Terlalu sedih, si ibu pun meninggalkan rumah.


Dia berjalan ke pantai, dan tanpa sadar terus berjalan ke tengah lautan. Apa yang terjadi pada ibu itu kemudian? Akankah suami dan anak-anaknya mencari dan menyusulnya?


A mother who loved her children very much received hot ash from her husband. It was because she gave all teh fish her children, leaving nothing for the husband to eat. Feeling broken, the mother left the house.


She walked to the beach, and without her realizing is she had reached the middle of the sea. What happened next to her? Would her husband and childern come after her?


❤❤❤


Review Buku : 


Buku anak berjudul Dongeng Putri Duyung ini ditulis oleh Dian K. Cerita ini masuk series dongeng cerita rakyat 34 provinsi.


Konflik yang terjadi dalam buku Legenda Putri Duyung ini adalah tentang perangai suami yang temperamen sehingga memicu keretakan dalam hubungan keluarga. Hal ini dimulai dari suami yang lapar  namun tidak mendapatkan makanan yaitu ikan yang seharusnya ia makan. Makanan dengan lauk ikan itu sudah dimakan oleh anak-anaknya, sehingga makanan di rumah sudah habis.


Karakter tokoh dalam buku Dongeng Putri Duyung ini adalah seorang ibu, ayah  dan anak-anaknya. 


Karakter tokoh ayah yang tidak sabaran, sedangkan ibu yang sangat perhatian pada anaknya. Sehingga tidak tega membiarkan anaknya kelaparan karena ikan segar sedang sulit dicari di laut.


Kelebihan Buku : 


Pictorial book ini berisi 32 halaman, jadi sangat tipis dan bisa dinikmati anak-anak usia balita. Orang tua bisa membacakan cerita anak ini saat  menjelang tidur sambil mendongeng. Dengan mimik wajah dan dialog yang sesuai, anak akan belajar melalui dongeng 34 provinsi ini.


Selain itu, buku ini juga menggunakam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Versi audiobooknya bisa kamu nikmati lewat aplikasi Storytel.


Kekurangan Buku : 


Sebetulnya saya bingung kenapa penerbit memasukkan Dongeng Putri Duyung ke dalam dongeng seri cerita rakyat 34 provinsi. Padahal cerita putri duyung ini bukan berasal dari cerita rakyat di Indonesia. 

Memang ada cerita rakyat yang mengisahkan putri yang kembali menjadi ikan karena marah saat tahu ternyata suaminya menyimpan benda pusaka istrinya. Tapi kalau pakai istilah putri duyung, kayaknya nggak bisa ya. Soalnya di Indonesia nggak ada ikan duyung. 

Hmm... Mungkin penulis perlu menggali lebih dalam cerita rakyat lainnya. Pasti ada cerita lokal yang belum pernah dikisahkan dalam buku.

Overall, bukunya seru dan ada pesan moral juga di akhir cerita. Nah, selamat membaca! 😍


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^