12 Maret 2022

[Review Buku Anak] Detektif Ben

 


Judul Buku : Detektif Ben

Penulis : Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan

Ilustrasi: Aaron Randy

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Terbit : 11 Agustus 2014

Tebal: 124 halamam

Genre : novel anak (detektif/misteri)

ISBN : 9786022491736

Format buku : audiobook 

Bahasa : Indonesia

Durasi Audiobook : 1 jam 2 menit

Rating Buku : 5🌟

Harga buku : Rp 84.000


Download audiobook Detektif Ben di aplikasi Storytel

Beli buku anak di Shopee Gramedia.com


❤❤❤


Sinopsis Buku Detektif Ben : 


Di sekelliling kita ada begitu banyak teka-teki misteri, begitu juga yang terjadi di GARDENIA CITY kota para binatang.

Untungnya ada Detektif Ben, beruang detektif yang sangat ulung dan pintar. Ada banyak kejadian tak disangka yang selalu ditemukannya. Namun, kasus demi kasus dapat dipecahkannya dengan mudah.

Yuk kita baca cerita selengkapnya dan temukan fakta-fakta unik dunia binatang di dalamnya! 


❤❤❤


Review Buku Detektif Ben : 


Karakter tokoh dalam buku ini adalah detektif Ben, beruang detektif yang cerdas. Ia akan melakukan tugasnya menyelesaikan teka-teki kasus di kota Gardenia City.


Konflik yang terjadi dalam buku Detektif Ben adalah teka teki yang harus dipecahkan dalam setiap babnya. Dengan mengajukan pertanyaan, Detektif Ben akan mengumpulkan bukti dan menebak siapa pelakunya.


Ada 10 bab seru yang ada di dalam buku detektif Ben. Setiap kasus dikisahkan dalam 1 bab. Sehingga totalnya ada 10 kasus dalam buku ini.


Kasus pertama bercerita tentang kekacauan rambu lalu lintas karena ada yang mengganti lampu warna-warni tersebut. Ternyata  pelakunya adalah binatang yang memiliki kemampuan untuk membedakan warna lampu. 


Lampu lalu lintas memiliki 3 warna, yaitu merah, kuning dan hijau. Binatang apa yang mengacaukan lampu itu dengan menukar urutannya?


Ternyata Detektif Ben sangat cerdas karena bisa membedakan binatang mana yang memiliki kemampuan mengenali warna, yaitu anjing. Sedangkan tikus hanya mampu mengenali warna gelap dan terang saja.






Kasus kedua tentang seorang anak gajah yang hilang. Detektif Ben mampu menemukan pelaku dengan membedakam warna keringat di siang yang terik. 


Dalam kasus kedua, pelakunya adalah Miss Pippo, seekor kuda nil yang menyembunyikan anak gajah di semak-semak tersembunyi. 


Miss Pippo sangat ingin memiliki anak sendiri, sehingga ia berpura-pura tidak melihat anak gajah yang hilang itu. Namun, sayangnya alibinya terpatahkan oleh analisa Detektif Ben.


Detektif Ben menebak bahwa kuda nil itu akan mengeluarkan keringat berwarna pink yang berfungsi sebagai pelindung kulit agar tidak terkena sinar matahari langsung. Ternyata Miss Pippo memiliki keringat berwarna pink yang menunjukkam ia telah keluar rumah di siang yang terik. 


Kasus lain tidak kalah serunya, jadi dengarkan sendiri audiobooknya ya! 🥰


Kelebihan Buku : 


Buku Detektif Ben ini dikemas dengan illustrasi yang menawan. Selain itu,  buku anak ini juga  ditulis dalam bilingual (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) yang bisa membantu anak-anak belajar bahasa dengan asyik dan seru. 


Buku anak ini dikisahkan dalam bentuk audiobook berbahasa Indonesia, yang bisa didengarkan di aplikasi Storytel. Durasinya cukup singkat yaitu 62 menit. 


Saya mendengarkan audiobook Detektif Ben ini dalam kecepatan 1,25x. Lebih cepat dari biasanya, meski menurut saya lebih nyaman dengan kecepatan normal karena narator membacakannya dengan mode dongeng.


Menurut saya, audiobook ini bisa  didengarkan di kala senggang, saat me time, maupun sebagai dongeng pengantar tidur anak-anak.


Overall, 5 bintang untuk buku Detektif Ben karya Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan.

Nah, selamat membaca yaa! 🥰


❤❤❤

1 komentar:

  1. Wah, Terima kasih untuk ulasan bukunya, sangat membantu untuk saya yang hobi membaca! Setelah baca buku biasanya aku taruh rak buku jadi bisa di tata sesuai judul, genre, dll biar mudah pas mau baca lagi biasannya... Aku beli rak bukunya di ACE Hardware Indonesia lewat aplikasi MISS ACE jadinya bisa belanja dari rumah deh pas pandemi ini. Apalagi, pas belanja di ACE gratis ongkir. Jangan lupa sebelumnya daftar dulu jadi member ACE Hardware untuk dapat promo ACE Hardware yang bisa dilihat dari katalog promosi ACE Hardware.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^