23 November 2022

[Resensi Buku Anak] The New Cook's Soup by Arleen Amijaya


Judul Buku : The New Cook's Soup - Sup Buatan Tukang Masak Baru

Penulis Buku : Arleen Amijaya

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan Pertama, 2008

Tebal : 26 halaman

Genre : buku anak

ISBN : 978-602-483-001-4

Rating Buku : 4,5/5 🌟

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


Review Buku The New Cook's Soup by Arleen Amijaya : 


Alkisah, ada seorang anak bernama Bob yang sangat suka memasak. Ia hobi memasak sejak kecil, bahkan ia juga mendaftar sebagai asisten koki di istana. 


Hari pertama masuk kerja, Bob hanya diperbolehkan melihat para koki melakukan tugasnya. 


Mereka memotong sayuran dan menakar bahan makanan dengan tepat. Bahkan, para koki membuat makanan yang sangat lezat. 


"Lihat caraku memotong wortel. Ketebalannya harus tepat 1 cm, sudutnya 45 derajat."


"Begini cara memotong tahu. Dipotong kubus dengan sisi tepat 1,2 cm."


Bob merasa tidak pede saat ditunjuk untuk membantu tugas di dapur istana. Misalnya : menuangkan susu ke dalam sereal untuk raja. Ia menuang susu terlalu banyak, hingga dianggap tidak becus melakukan tugasnya.


Bob mengira ia akan dipecat oleh kepala koki istana. Namun ternyata, dugaannya salah. Bob justru mendengar ucapan yang membuatnya termotivasi dari kepala koki istana. 


Bob mendengar kepala tukang masak itu bilang bahwa nama keluarganya tak biasa. Namanya ada di daftar catatan resep lama. 


"Greg Haringer adalah Kepala Tukang Masak Istana di abad ke-17. Lalu diturunkan ke anak, cucu, dan cicitnya. Keluarga Haringer telah menjadi Kepala Tukang Masak Istana selama beberapa generasi. Jadi, Bob, dapur ini dulu dikepalai oleh buyut kakek buyutmu dan kamu mewarisi darahnya."


"Bukan suatu kebetulan kamu berada di sini. Aku yakin kelak kamu akan menjadi tukang masak yang baik, bahkan jadi Kepala Tukang Masak."


Bahkan kepala tukang masak istana kerajaan bilang bahwa dia bisa jadi kepala tukang masak asal percaya pada kemampuannya memasak. 


Karena hal itulah, Bob jadi yakin dengan kemampuannya, bahkan ia mencoba resep sop yang baru untuk raja. Uniknya, raja senang dengan hasil resep baru tersebut. Jadi besok-besoknya Bob mencoba resep lainnya. 


Hingga suatu hari, apa yang diucapkan kepala tukang masak dulu menjadi kenyataan. Bob menjadi kepala tukang masak menggantikan koki sebelumnya. 


Namun, ada yang membuat dia terkejut. Ia membaca resep masakan lama yang ditinggalkan kepala tukang masak sebelumnya. Namun, tak ada nama keluarga Heringer di sana. Barulah Bob tahu bahwa cerita tentang buyutnya hanyalah kisah buatan Kepala tukang masak.


"Dia, Bob Haringer adalah Haringer pertama yang menjadi kepala tukang masak istana. Tidak ada Haringer lain sebelumnya."

 

❤❤❤


Menurut Saya:


Buku The New Cook's Soup karya Arleen Amijaya ini merupakan buku bilingual. Buku ini berisi dongeng yang berlatar belakang kerajaan. Kisahnya mengandung pesan-pesan moral bagi anak. 


Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi cantik yang dibuat oleh ilustrator buku anak terbaik. Anak-anak pasti akan menyukai buku ini karena ilustrasinya yang indah dan ceritanya yang menarik.


Uniknya, ide ceritanya sangat tak biasa. Apalagi cara penulis menggambarkan alur ceritanya membuatku takjub. 


Baca juga : [Resensi Buku] Dongeng Klasik Snow White by The Brothers Grimm


Koki istana memiliki kemampuan memasak yang di atas rata-rata. Seperti halnya koki di dunia modern yang menghasilkan cita rasa masakan lezat ala bintang michelin. 


Para koki pasti juga sudah melalui pelatihan yang luar biasa disiplin dan ketat. Bahkan mereka punya aturan ketat untuk memakai takaran dan bahan yang digunakan juga memakai bahan terbaik. 


Hal inilah yang membuat kita tahu bahwa koki terbaik adalah ia yang mampu menyajikan masakan lezat dengan sempurna. 


Yang bikin saya senang dengan cerita ini karena penulis menggambarkan bagaimana kekuatan mimpi dan keyakinan mampu membuat seseorang sukses.


Jika ada orang yang tadinya tidak percaya diri, lalu saat mendapat penghiburan dari orang lain, maka mereka akan menganggap kata-kata baik itu seperti mantra yang mampu membuat ia yakin dengan kemampuan diri sendiri.


Mungkin ini yang namanya sugesti ya, bahwa ucapan orang lain bisa jadi pemantik semangat untuk terus berjuang. Meskipun kita tetap harus bekerja keras untuk mewujudkannya jadi nyata.


Baca juga : [Resensi Buku] Sejuta Warna Pelangi by Clara Ng


Menurut saya, Kepala Tukang Masak Istana yang memberikan berita bahwa nama keluarga Haringer itu adalah koki handal, ia hanya ingin Bob berkembang dan tidak ragu untuk mengambil tindakan saat seharusnya melakukan tugas memasak. 


Namanya memasak di dapur, yaaa… pasti ada aja yang nggak sesuai. Bisa gosong, bisa kurang bumbu, dll. Namanya juga latihan. Kalau sudah mahir tentunya semua hal itu bisa dilewati. Tidak lagi grogi saat menyajikan makanan di hadapan raja. 


Memberi kata-kata penghiburan yang visioner itu mampu membuat orang lain melihat dunia dengan lebih jernih. 


Jika kita bisa memaksimalkan potensi dan fokus pada tujuan masa depan, percaya pada kemampuan diri sendiri, maka hal ini akan membawa kita pada kesuksesan tanpa batas. 


Kutipan Terbaik : 


"Percayalah pada dirimu. Jika kamu pikir kamu bisa, berarti kamu memang bisa!"


Overall, buku anak The New Cook's Soup karya Arleen Amijaya ini sangat inspiratif. Meskipun saya nggak membenarkan cerita bohong ya. 


Tapi… cara kepala koki memberi sugesti dengan memberi kesan bahwa nama keluarga Haringer bisa turun temurun menjadi koki istana terbaik itu memang manjur. 


Rating buku The New Cook's Soup karya Arleen Amijaya : 4,5 /5 🌟


Nah, selamat membaca ya! ❤️


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^