1 November 2022

[Resensi Buku Dongeng Anak] Bonbon The Real Dog by Arleen Amijaya

 

Bonbon The Real Dog by Arleen Amijaya


Judul Buku : BonBon The Real Dog

Penulis : Arleen Amijaya

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Terbit : Edisi Digital, 2021

Tebal : 24 halaman 

Genre : pictorial book 

Rating Buku : 5 🌟

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital


❤❤❤


Sinopsis Buku BonBon, The Real Dog by Arleen Amijaya:


Buku dongeng dwibahasa ini mengandung pesan-pesan moral bagi anak-anak. 


Anak-anak pasti akan menyukai kisah imaginatif dalam buku ini yang diilustrasikan dengan indah oleh illustrator berbakat!


❤❤❤


Review Buku Bonbon, The Real Dog by Arleen Amijaya


Bagaimana rasanya memelihara hewan sungguhan di rumah? Misalnya : memelihara anjing sungguhan dibanding memelihara robot. Pasti merawat hewan sungguhan sangat berbeda dengan memelihara robot. Ya, meskipun bentuknya sama, tapi sensasinya berbeda. 


Alkisah pada zaman di mana dunia teknologi sudah sangat maju, kita bisa melihat dunia dari sisi yang berbeda. Semua teknologi mengalami perkembangan yang signifikan.


Dalam buku dongeng anak berjudul Bonbon The Real Dog, penulis mengisahkan tentang suatu kejadian di mana dunia sangat berbeda dari tempat yang kita tinggal di saat ini.


Buku best seller dongeng tentang anjing
Frida memiliki anjing sungguhan, bukan robot


Di dalam buku dongeng anak ini, dikisahkan bahwa Bonbon adalah anjing peliharaan Frida sejak ia masih kecil. 


Semua sahabat Frida memiliki hewan peliharaan anjing. Namun, dalam bentuk robot anjing. Bukan anjing sungguhan seperti yang Frida miliki.


Ketika Frida berumur 8 tahun, rata-rata temannya memiliki robot anjing. Orang tua Frida menanyakan apakah Frida mau membeli robot anjing. Namun, ia lebih memilih memelihara Bonbon anjing kesayangannya.


"Aku punya Bonbon. Aku tidak perlu robot anjing."


Semua temannya memamerkan robot anjing yang mereka miliki. 


Misalnya : anjing yang bisa terbang, anjing yang bisa berputar-putar, anjing yang tidak perlu diberi makan, anjing yang bisa masak, bahkan bisa mengerjakan tugas sekolah. 


Semua anjing robot yang dipelihara oleh temannya tidak perlu membutuhkan effort yang sangat besar untuk bisa dirawat di rumah. Bahkan, robot anjing itu bisa diajak main ke toko tanpa khawatir mengganggu ketentraman orang lain.


Dongeng anak futuristik arleen amijaya
Dongeng anak bertema anjing


Ada suatu masa Frida merasa teman-temannya terlalu banyak menawarkan dan memamerkan kehebatan anjing yang mereka miliki. Meski begitu, Frida merasa bahwa Bonbon adalah anjing terbaik yang ia miliki. Jadi ia merasa sudah cukup dengan semua itu.


Suatu hari ada tragedi saat Frida dan teman-temannya bermain di luar ruangan yaitu bermain di sekitar sungai. 


Teman Frida terjatuh ke sungai, namun robot anjingnya tidak bisa membantunya untuk keluar dari sungai.


Saat itu, Bonbon pun sigap membantu teman Frida untuk keluar dari sungai dengan berenang ke tepian. 


Setelah itu, teman Frida merasa terbantu dan berterima kasih atas bantuan Bonbon, anjing milik Frida.


Sejak saat itu, banyak teman Frida yang lebih suka memelihara anjing sungguhan, dibanding memiliki robot anjing.


Menurut saya :


Dalam dongeng futuristik karya Arleen Amijaya yang berjudul Bonbon The Real Dog ini, penulis mengisahkan betapa berbedanya anjing peliharaan sungguhan dengan anjing yang berbentuk robot.


Penulis buku dongeng anak ini menggambarkan bagaimana keadaan di mana dunia sudah menjadi lebih baik dalam segi teknologi yaitu dengan adanya robot sebagai pengganti hewan peliharaan.


Namun, ada satu yang tidak bisa digantikan oleh robot yaitu robot tidak bisa melakukan sesuatu jika tidak diprogram. Misalnya : menolong orang saat tenggelam di dekat sungai. 


Ya, sederhananya... karena robot menggunakan sekumpulan perintah yang dimasukkan ke dalam sistem mesin robot. Jika perintah nolong orang itu tidak ada dalam sistem robot, maka robot tidak bisa bertindak.


Sangat berbeda dengan anjing sungguhan yang merupakan hewan peliharaan, kan?


Anjing itu bisa berpikir dan bertindak karena insting menolongnya sudah terasah sejak dirawat manusia. Interaksi manusia dan hewan peliharaan merupakan bonding yang terjadi secara alamiah. 


Hal ini bisa memicu anjing bertindak untuk menolong manusia dengan mengandalkan insting hewan, jika sesuatu hal yang berbahaya terjadi pada orang di sekitarnya.


Baca juga : Resensi Buku The Water Castles by Arleen A


Teknologi memang sangat canggih, namun yang patut diperhatikan adalah teknologi tidak bisa menggantikan hewan peliharaan. 


Manusia dan hewan berinteraksi dan berkomunikasi secara normal layaknya interaksi dengan makhluk lainnya. 


Sedangkan, jika manusia hanya bicara dengan robot, tapi robot tidak bisa menimpali apa yang manusia ucapkan. Ya... kecuali apa yang sudah diprogram di dalam mesin tersebut, kan?


Hal inilah yang membuat perbedaan yang sangat signifikan terhadap pola hubungan manusia dan robot tersebut.


Yang menarik dari buku ini adalah cara penulis menggambarkan bagaimana dunia di masa depan ketika robot sudah menjadi sebuah hal yang lumrah digunakan oleh manusia.


Baca juga : [Resensi Buku Anak] Petualangan Tom - Tom di Dunia Naga by Christine Lerin


Manusia menggunakan robot untuk membantunya menyelesaikan tugas harian di dalam rumah, maupun di luar rumah. Misalnya di tempat kerja.


Nah... tapi di sisi lain, penulis menggambarkan juga bagaimana interaksi manusia, robot, dan hewan peliharaan saling bersinergi satu sama lain.


Penulis menitikberatkan pada pesan bahwa interaksi anak-anak dengan hewan peliharaan harus tetap dijaga. Sehingga, penulis memberi closure atau ending yang menggambarkan bagaimana anak-anak pada akhirnya lebih memilih memelihara anjing sungguhan, dibanding anjing robot. 😛


Nah, apa kamu sudah paham bagaimana maksud penulisnya? 🥰


Menurut saya, buku dongeng futuristik ini sangat menarik dan perlu untuk dibacakan pada anak.


Baca juga : [Resensi Buku] Kumpulan Dongeng Futuristik by Arleen A


Kelak, kita akan merasakan dunia yang sangat berbeda dengan dunia yang kita tinggal saat ini. 


Jadi, anak-anak sudah bisa melihat gambaran dunia futuristik di masa depan dengan keragaman teknologi yang sangat canggih. 


Dongeng Bonbon The Real Dog ini ditulis dalam dua bahasa, sehingga pembaca anak bisa belajar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam satu buku.


Nah, selamat membaca ya! ❤️


Baca juga : [Resensi Buku Dongeng Anak] If I were Made of Gold - Arleen A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^