Langsung ke konten utama

[Review Buku Islam] Yuk, Berhijab! By Felix Siauw

 


⏩️ Review Yuk, Berhijab! 


Penulis : Felix Siauw 

Ilustrator : Emeralda Noor Achmi 

Terbit : Cetakan ke-3, 2015

Penerbit : Al Fatih Press

Tebal : 148 hlm

Rating : 4,5 🌟


❤️❤️❤️


[Resensi Buku] Yuk, Berhijab! By Felix Siauw : 


Berhijab bagi muslimah merupakan kewajiban yang ditulis dalam Al Qur'an. 


Jauh sebelum Islam ada, agama samawi lainnya juga telah menganjurkan penganutnya menggunakan penutup kepala. 


Tapi dalam Islam aturan ini jelas tertuang dalam kitab Al Qur'an dan menjadi kewajiban seumur hidup. 


Islam datang dengan kasih sayang, membawa perubahan pada konsep bersosialisasi dengan orang lain. 


Islam memuliakan perempuan sebagaimana yang ditulis di Al Qur'an bahwa kedudukan laki-laki dan perempuan sama di mata Allah. Yang membedakan adalah kadar taqwanya. 



Dulu sebelum Islam turun di tanah Arab, ada hal yang membuat pilu yaitu perbudakan pada perempuan yang membuat dirinya tidak bernilai. Perempuan dibunuh, bahkan dijadikan budak. 


Muslimah menggunakan hijab bukan berarti jauh dari dosa, namun menggunakan hijab adalah satu kewajiban. 






Memakai hijab berarti telah melakukan kewajiban yang harus dilakukan. 


"Taat tanpa tapi, taat tanpa nanti" begitulah yang digaungkan oleh Ust. Felix dalam buku ini. 


Berhijab juga memiliki aturan yang tegas dalam islam. Kita nggak bisa memperlihatkan aurat di hadapan orang lain yang bukan mahram. 





Kalau kewajiban hijab adalah menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, termasuk aturan memanjangkan kain jilbab ke dada, sehingga tertutup.


Konsep buku ini adalah gabungan dari aturan berhijab yang ditulis dalam hadits dan al Qur'an, opini yang dikemukakan Ust Felix, dan digabung dengan komik islami yang dibuat oleh ilustratornya. 




Jadi, buku setebal 148 halaman ini termasuk padat dan isinya 'daging' banget. Saya jadi tahu apa saja yang melatar belakangi sejarah hijab dan aturan Islam yang membahas hijab dan urgensinya di mata seorang muslim dan muslimah. 


Overall, 4,5 🌟 untuk buku ini. 📚


Selamat membaca! ❤️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com