Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] No, David! By David Shannon


Judul Buku : No, David! 

Penulis Buku : David Shannon

Penerbit : The Blue Sky Press

Terbit : 1998 

Tebal : 38 halaman

Genre : buku anak / pictorial book

ISBN : 978-1-336-113198 

Lama baca : 5 menit

Rating buku : 5 🌟


Baca ebook di Libby (pakai ecard British Council Library)


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku No, David! By David Shannon : 


The Caldecott Honor-winning classic by bestselling picture-book creator David Shannon!


When David Shannon was five years old, he wrote and illustrated his first book. On every page were these words: NO, DAVID!... and a picture of David doing things he was not supposed to do. Now David is all grown up. But some things never change.... 


Over fifteen years after its initial publication, NO, DAVID! remains a perennial household favorite, delighting children, parents, and teachers alike. 


David is a beloved character, whose unabashed good humor, mischievous smile, and laughter- inducing antics underline the love parents have for their children even when they misbehave.


Karya klasik pemenang Caldecott Honor karya pencipta buku bergambar terlaris David Shannon! 


Ketika David Shannon berusia lima tahun, dia menulis dan mengilustrasikan buku pertamanya. 


Di setiap halaman ada kata-kata ini: NO, DAVID!... dan gambar David melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dia lakukan. 


Sekarang David sudah dewasa. Namun ada beberapa hal yang tidak pernah berubah.... Lebih dari lima belas tahun setelah publikasi awalnya, NO, DAVID! tetap menjadi favorit rumah tangga abadi, menyenangkan anak-anak, orang tua, dan guru. 


David adalah karakter yang dicintai, yang humornya yang baik, senyumnya yang nakal, dan tingkah lakunya yang mengundang tawa, ada kasih sayang orang tua terhadap anak-anak mereka bahkan ketika mereka berperilaku buruk.


❤️❤️❤️


Catatan Penulis : 


Beberapa tahun yang lalu, ibuku mengirimi aku sebuah buku yang kubuat ketika aku masih kecil. 


Judulnya "No, David!", dan diilustrasikan dengan gambar David melakukan segala hal yang tidak seharusnya dia lakukan. 


Teksnya seluruhnya terdiri dari kata "No" dan "David". (Itulah satu-satunya kata yang aku tahu cara mengejanya.) 


Aku pikir akan menyenangkan untuk membuat remake yang merayakan variasi umum dari kata "tidak" universal yang kita semua dengar saat tumbuh dewasa.


Tentu saja, "ya" adalah kata yang bagus...tetapi "ya" tidak menghalangi krayon untuk menempel di dinding ruang tamu.


❤️❤️❤️


[Resensi Buku Anak] No, David! By David Shannon : 



Waktu baca buku anak berjudul "No, David" ini, aku jadi takjub sendiri dengan kesabaran mama David pas ngurus David, si bocil kematian ini. Hahaha. 

Yang jelas kesabaran mamanya nggak tebal tissue dibagi dua ya. Hahaha

Mamanya David ini sering banget bilang "Jangan, David." pokoknya selalu pake kata "Jangan!" 

Kalau bahasa Inggrisnya itu "No, David." Kalau bahasa Korea yaaa... "Hajima. Hajima. Hajima." Pokoke Hajima. Hahaha 🤣

Ini mengingatkanku dengan kata keramat Suga BTS yang selalu bilang "Hajima!". Wkwk





Ternyata anak-anak itu kan sering banget bikin masalah di dalam rumah, baik waktu dia main sendiri atau main sama temannya.

Nah, pertanyaannya adalah Gimana cara melarang anak biar nggak melakukan hal tertentu yang membahayakan dirinya ataupun orang lain?

Nah lhoo... kan nggak mungkin orang dewasa (baik ortu, kakak, maupun guru) pakai kata "Ya/yes" walaupun kata "Ya" itu konotasinya positif, tapi kita harus selalu pakai kata "No" atau "Jangan" untuk menggambarkan larangan buat anak kecil. 




Jadi.... yaaa jangan sampai orang tua malah pakai model parenting kekinian yang sampai nggak mau pakai kata "No" untuk melarang anaknya. 

Yeah.... Walau bagaimana pun, anak harus diajarkan apa yang boleh dilakukan, dan apa yang tidak boleh dilakukan di dalam kehidupan. Bener, kan? 

Soalnya, anak itu kayak kanvas putih, tergantung orang tuanya melukisnya gimana. 





Dia bakal jadi lukisan cantik atau malah lukisan yang kosong tanpa isi, kalau orang tuanya nggak pernah ngisi pikiran anak-anak dengan nilai hidup dan prinsip yang perlu dimiliki. Trus, anak-anak belajar dari mana dong?

Buku anak ini menggunakan konsep pictorial book dengan halaman yang singkat. Jumlah kata dalam satu halaman juga sangat sedikit dan bisa dipahami oleh anak-anak usia balita.

Selain itu, gambar ilustrasi di bukunya juga sangat menarik. Dan yang paling penting adalah pesan yang ingin disampaikan oleh penulisnya tentang bagaimana cara agar anak-anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.





Buku No David ini berisi tentang variasi kata-kata diucapkan oleh ibunya pada David, waktu dia masih kecil.

Variasi kata-katanya apa aja? Kayak gini nih

No, David!
No, David, No!
No! No! No!

Comeback here, David!
David! Be quiet!

Don't play with your food!
That's enough, David!




Go to your room!
Settle down!

Stop that this instant!
Put your toys away!

Not in the house, David! 

Davey, come here! 
Yes, David! I love you!





Aku paling suka dengan ilustrasinya. Menggambarkan gimana rusuhnya kegiatan anak-anak selama di rumah. Mulai dari main kotor-kotoran, hampir jatuhin barang, mecahin vas bunga, manjat rak yang tinggi, hobi ngupil, mainan makanan yang harusnya dikunyah, mainan air di kran air, lupa beresin mainan, berisik, nggak mau tidur, dll. 

Kesannya emang rusuh banget. Hahaha. Tapi seruuu deh! 

Coba baca sendiri dan rasain ya, gimana kalo kamu jadi David atau malah yang ngurus David sehari-hari. Wkwk

Overall, rating buku No, David! : 5 🌟



Komentar

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital