Langsung ke konten utama

[Review Buku] Cerita Rakyat Nusantara - Cindelaras

Cerita rakyat Cindelaras


Judul Buku : Cerita Rakyat Nusantara - Cindelaras

Penulis : Redaksi MWI

Penerbit : SKYLAR

Terbit : edisi digital, 2023

Tebal : 26 halaman 

Rating : 4/5 🌟


Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku Cerita Rakyat Nusantara - Cindelaras : 


Pada zaman dahulu, kerajaan Jenggala diperintah oleh seorang raja bernama Raja Putra. 


Beliau memiliki seorang permaisuri dan seorang selir. Keduanya cantik jelita. Ia amat bahagia karena permaisurinya sedang mengandung anak pertama mereka.


Namun sayang, ternyata selir cemburu dan iri pada permaisuri. Selir bekerjasama dengan tabib istana untuk memfitnah permaisuri. 


Selir bilang bahwa ia sakit karena diracun oleh permaisuri. Raja yang percaya, kemudian mengusir permaisuri dari istana.


Permaisuri pun diusir keluar istana dan tinggal di hutan. Ia melahirkan anaknya seorang diri dan merawatnya hingga besar. Anak itu bernama Cindelaras.


Anak itu tumbuh menjadi anak yang pintar dan pandai berburu. Suatu hari, Cindelaras menemukan sebutir telur ayam di hutan. Ia pun memelihara telur itu hingga menetas menjadi ayam. 


Ayamnya sangat pintar dan mengeluarkan suara kokok yang sangat aneh. Karena suara kokok itu mengatakan bahwa Cindelaras adalah anak dari Raja Putra.


Cindelaras berkelana dengan ayamnya dan melakukan berbagai perlombaan adu ayam. Ayamnya terus-menerus memenangkan pertandingan. 


Suatu hari, berita itu pun datang pada Raja Putra. Kabar bahwa ayam Cindelaras sangat pandai beradu di gelanggang pun membuat Raja penasaran. Ia pun mengajak Cindelaras untuk bertanding adu ayam.


Tapi, jika aku menang, separuh kekayaanmu menjadi milikku.


Suatu hari, ayam Cindelaras memenangkan pertandingan adu ayam bersama ayam Raja Putra. 


Setelah pertandingan selesai, Cindelaras ditanya oleh Raja Putra, siapa sebenarnya dirinya? 


Lalu, ayam itu malah menjawab pertanyaan sang raja dengan jawaban yang membuat Raja tercengang.


Ayam itu mengatakan bahwa "Cindelaras adalah anak Raja Putra." 


Raja pun kaget mendengar cerita lebih detail. Raja baru tahu bahwa selirnya melakukan kejahatan dengan memfitnah permaisuri.


Raja pun menghukum selirnya dan menjemput permaisuri ke istana. Setelah itu Raja, Permaisuri, dan Cindelaras hidup bahagia selamanya di dalam istana.


❤️❤️❤️


[Resensi Buku] Cerita Rakyat Nusantara - Cindelaras :


Kisah cerita rakyat Cindelaras ini sudah turun temurun dan dikisahkan pada generasi muda berikutnya. 


Hanya saja, saya baru ingat bahwa ada cerita rakyat ini. Alur ceritanya mirip-mirip dengan kisah cerita rakyat lain yang banyak bercerita tentang kehidupan istana.


Kisah cerita rakyat Cindelaras ini memiliki hikmah bahwa jika kita berbuat baik pada orang lain, maka kita akan mendapat balasannya, dan begitupun sebaliknya. Jadi, jangan memfitnah orang lain. Karena fitnah lebih kejam daripada pembunuhan.


Cerita Rakyat Cindelaras ini juga menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat pada saat itu yang lebih banyak melakukan aktivitas sambung ayam untuk menghabiskan waktu.


Saya merasa bahwa aktivitas sabung ayam/adu ayam ini lebih mendekati pertaruhan harta dalam artian seperti juuuwddiii (sengaja diplesetin biar nggak ditegur mbah google). 


Yeah.... Padahal hal itu dilakukan oleh seorang raja. Namun, raja tersebut justru mempertaruhkan separuh harta kekayaannya, demi memenangkan pertandingan yang tidak seberapa penting.


Saya nggak tahu kenapa cerita rakyat di Indonesia nih... banyak alur cerita yang moralnya bobrok, bahkan mengenalkan juuwwdiii, padahal kegiatan itu kan nggak penting-penting banget gitu. Haha


Jadi, apakah kita perlu melestarikan cerita rakyat Cindelaras yang alur ceritanya seperti ini? Ataukah penulis buku anak perlu merekonstruksi alur atau membuat cerita rakyat nusantara yang lebih bermoral baik? 


Kalau menurutmu gimana? Share di komentar yaa~


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com