Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Raksasa Berketombe by Widya Ross


Judul Buku : Raksasa Berketombe dan kisah-kisah unik lainnya
Pengarang : Widya Ross
Ilustrasi : Dunki Sabri
Penerbit : BIP
Terbit : 2015
Tebal : 123 hlm.
ISBN : 978-602-249-824-7

Baca via Scoop Premium

Blurb :

Bagaimana nasib ayam-ayam Pak Broiler setelah mendengar suara sumbang Nyonya Falsetta?
Apa yang Hadro lakukan saat bertemu dengan penumpang yang selalu meniru dirinya?
Seperti apa kepanikan Per ketika dia mencoba sepatu bersayap milik Hangaro?

Ayo baca 15 dongeng di dalam buku ini yang pastinya akan membuat kalian terhibur dan kembali ceria!

Resensi Buku :


Ini pertama kalinya saya baca buku kumpulan dongeng karya mba Widya Ross. Dongeng berjudul Raksasa Berketombe dan Kisah-kisah Unik Lainnya ini terdiri dari 15 kisah dongeng. Seperti judulnya, kisah di buku ini memang unik dan cenderung absurd. Hehe. Absurdnya ini yang bikin unik ya. Jadi nggak ada yang nyamain isi dongengnya di buku lain. Kata penulisnya, ide cerita berasal dari apa yang ia lihat selama ini di kehidupan nyata, namun dibuat versi dongeng tentu agar kisah menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Dalam dongeng berjudul “Rambut Setinggi Satu Meter” dikisahkan Sya Syak memiliki rambut setinggi 1 meter. Dia hobi memamerkan rambutnya saat pergi ke suatu tempat. Rambutnya berwarna merah muda dan beraroma arum manis. Tak disangka ada kejadian menyebalkan terjadi yang tidak diketahui Sya Syak. Seekor burung rajawali hinggap di rambutnya hingga bertelur. Saat ia membeli karcis kebun binatang ia sengaja menggoyang-goyangkan rambutnya di depan petugas karcis. Tak disangka telurnya saling beradu dan pecah hingga membuat rambutnya lengket dan basah. Bagaimana kisah selanjutnya? Baca aja di bukunya.



Di dunia nyata ada juga sih ibu-ibu yang suka berdandan dengan gaya rambut ditinggiin, walau nggak sampe satu meter. Wekeke. :D Nggak bisa bayangin kalau rambut di ibu di dunia nyata sampai dijadiin tempat bertelur. Alamak, bau banget. Hahahaha.

Dalam kisah lainnya yang berjudul "Raksasa Berketombe", ada kisah seorang raksasa yang mengakibatkan badai salju. Tak disangka badai semakin kuat menerjang kota hingga membuat walikota ingin menyelesaikan masalah tersebut secepatnya. Walikota pun mencari tahu sebab mengapa badai salu tak kunjung berhenti dengan menyisir jalanan. Ternyata badai kali ini ada hubungannya dengan raksasa yang sedang berketombe. Ketombenya bertebaran seantero negeri hingga dianggap salju. Oh, ya ampun. Hahaha. Kebayang nggak kalau itu beneran terjadi? Saya kok ngebayanginnya kayak Si Goblin ya, yang kalau sedih bisa jadi hujan sepanjang hari, kalau lagi gembira bisa bikin musim semi datang lebih cepat. Wekeke. Idenya unik dan menggelitik perhatian anak-anak jika dongeng ini dibaca oleh mereka.

Kisah lainnya berjudul Hadro dan Manusia Peniru, ini lucu banget. Ceritanya Hadro menerima seorang penumpang kereta miliknya. Sepanjang jalan di penumpang selalu meniru gerak-geriknya. Nggak tahunya ada masalah dengan si penumpang. Coba tebak apa? Hehe. Saya nggak nyangka kalau ceritanya bakal kayak gitu. Kirain kenapa. Lol.



Ada lagi kisah Tetangga Baru Broiler. Pak Broiler merasa kesepian dan ingin punya tetangga. Tak diduga, datanglah seorang perempuan yang langsung membangun rumah dekat rumahnya. Ternyata tetangganya ini suka menyanyi yang justru bikin telinganya menjadi sakit. Apa yang akan dilakukan Pak Broiler? Kisah ini mengingatkan saya pada ayam-ayam broiler yang kalau stress dikit karena keramaian bakalan jadi stres trus mati. Hehe. Ya, semacam itu sih, meski mirip tapi ini dibikin versi lucunya. :D

Ada 11 kisah lainnya, overall semua kisahnya unik dan menggelitik. Buat yang penasaran baca aja buku ini. Dijamin terpingkal-pingkal dengan tingkah kocak para tokohnya. 4 bintang untuk buku ini. :D


Komentar

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com