Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Bonbon Si Hidung Tomat by Lia Herliana



Judul Buku : Bonbon Si Hidung Tomat
Pengarang : Lia Herliana
Ilustrasi : Evelline Andrya
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Terbit : 2014
Tebal : 100 hlm.
ISBN : 978-602-249-704-2
Rating : 3,5/5 bintang

Baca via Scoop Premium


Resensi Buku :

Bonbon, si badut baru, selalu menjadi bintang di setiap pertunjukan! Teman-teman Bonbon, seperti Tally dan Patpat, selalu penasaran kenapa Bonbon terkenal, selalu bahagia, dan punya banyak teman. Rahasianya ada dalam buku Bonbon si Hidung Tomat.

***

Buku Bonbon Si Hidung Tomat karya Lia Herliana merupakan pictorial book dengan lima cerita yang berbeda namun berkesinambungan. Jadi tokohnya sama, hanya kisahnya saja yang berlanjut. Segmen pembaca yang dibidik adalah anak-anak usia sekolah dasar mulai usia 6 tahun.

Tema cerita yang diangkat sebenarnya tak biasa tentang kisah si badut lucu bernama Bonbon. Soalnya, badut di kalangan anak-anak Indonesia memang terkenal sebagai penghibur anak-anak di acara ultah, namun di luar negeri badut justru ditakuti karena pernah ada kasus pembunuhan dengan kostum badut yang sampai ditakuti oleh masyarakat. Jadi jika buku ini diterbitkan di Indonesia ya, tidak masalah. Tapi di luar negeri kemungkinannya akan jauh berbeda.

Dalam cerita pertama berjudul Hidung Tomat, berkisah tentang Bonbon yang diberi hidung bulat berwarna merah oleh ketua badut. Bonbon ingin bisa menjadi badut profesional seperti teman-teman lainnya, namun tak ada yang mau mengajari. Hidung yang bulat itu bisa berbunyi Nit-not-nit-not! Hidung itulah menjadi ciri khas Bonbon, dan teman-temannya menyukainya. Sejak saat itu ia menjadi badut pertunjukan.

“Bisakah kau menari untuk kami? Jangan lupa pencet hidung nit-not-mu, ya!” pinta anak-anak itu. Sambil melupakan rasa malunya, Bonbon berusaha menari. Dengan bersorak gembira, anak-anak ikut menari bersama Bonbon.”

Cerita berjudul “Cita-cita Patpat” berkisah tentang Papat yang ingin jadi badut pelempar bola terbaik. Namun, Patpat lebih suka berlatih sendiri, padahal ia sudah ditawari berlatih bersama Bonbon. Hingga suatu hari Bonbon memberitahu sesuatu.

“Ini teman-temanku. Mereka yang membuatku sukses.”
 
“Bagaimana bisa? Apakah mereka membantumu?” 
“Tidak, tapi mereka selalu menyemangatiku. Punya banyak teman itu menyenangkan. Aku merasa tak kesepian.”

Cerita berjudul Cita-cita Patpat membuat saya jadi ingat teman-teman yang menyemangati saya. Meski bukan membantu dalam hal mengerjakan, tapi dengan memiliki teman yang saling support, seseorang jadi lebih bersemangat mewujudkan impian hingga mendapat hasil terbaik.

mantra rahasia bonbon



Ada lagi cerita berjudul “Mantra Rahasia” yang menceritakan tentang Bonbon yang menjadi terkenal. Banyak teman Bonbon heran mengapa ia bisa terkenal, pertunjukannya bagus dan disukai orang-orag. Ternyata rahasianya adalah berbagi kebahagiaan. Bonbon suka membuat pertujukan bagi teman-temannya di luar, misalnya di taman, di rumah sakit, dll. Dengan demikian Bonbon jadi badut dengan jam latihan lebih banyak, ia juga bisa tahu pertunjukan mana yang disukai teman-temannya.

Buku cerita ini terdiri dari 5 cerita, masih ada dua lagi yang bisa dibaca anak-anak. Kisahnya sederhana dan bisa dipahami oleh anak-anak. Cerita yang mengajarkan bagaimana badut dalam kesehariannya dan cara mereka meraih cita-cita. Overall, 3,5 bintang untuk buku anak ini.



Komentar

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital