27 October 2020

5 Ide Membuat Perpustakaan Idamanmu di Rumah

room idea - library


Apakah kamu seorang pecinta buku dan memiliki cukup banyak koleksi di rumah? Mungkin kamu ingin menatanya dengan rapi dan apik seperti di perpustakaan publik, dengan ukuran yang lebih kecil tentunya. Jangan khawatir, kamu nggak harus menyediakan satu ruangan penuh untuk membuat perpustakaan sendiri di rumah.  

ide rak buku unik bertuliskan huruf read
Contoh rak buku yang bisa digunakan di dalam rumah


Meski nggak ada cara yang benar atau salah untuk mendesain perpustakaan, kamu mungkin merasa bingung tentang cara memulainya, terutama buat kamu yang punya ratusan atau ribuan buku. Gimana cara mengaturnya ya?

Berikut ini beberapa ide untuk membuat perpustakaan kecil, dengan lima bagian rumah yang berbeda yang dapat berfungsi ganda sebagai perpustakaan. Pada prinsipnya, kamu bisa memanfaatkan sedikit ruang yang ada di rumah. Yuk cobain ya!


Baca juga [REVIEW] Cara Mudah Baca dan Terjemahkan Novel Bahasa Inggris Pakai Aplikasi U-Dictionary

Perpustakaan idaman impianku


Inilah 5 Ide Membuat Perpustakaan Idamanmu di Rumah :


1.   Bagian Belakang Sofa

Bagian belakang sofa hanya berupa dinding yang kosong. Jadi, kenapa nggak ada beberapa rak buku di belakang sofa? Kamu hanya akan kehilangan sedikit ruang dari ruang tamu milikmu, tapi kamu bisa mendapatkan nuansa perpustakaan yang nyaman. Beri ruang yang cukup antara sofa dan rak agar kamu dapat dengan mudah mengambil buku yang sesuai untuk kamu baca. Kamu juga dapat menambahkan pembersih udara untuk memastikan debu dari bukumu akan dibersihkan.


Rak buku di belakang sofa

sofa yang menyatu dengan rak buku anak


ide perpustakaan rumah idaman
rak buku yang diletakkan di belakang sofa


2.   Salah Satu Dinding yang Kosong

Dinding yang kosong di ruangan mana pun (ruang makan, ruang keluarga, atau dapur bersih) dapat kamu ubah menjadi perpustakaan rumah dengan menempatkan rak di sepanjang dinding tersebut. Jika kamu ingin menonjolkan warna-warni sampul buku yang menarik, gunakan warna putih untuk raknya.



meja tulis - table desk idea room
rak buku yang diberi tanaman hias akan membuat suasana makin asyik


Tanaman hias yang hijau akan menjadi pelengkap yang menyegarkan dan cantik karena terlihat kontras dengan rak putihnya. Pastikan untuk memilih tanaman yang mudah perawatannya. Dinding yang tadinya kosong pun berubah menjadi area favorit untuk memajang koleksi buku milikmu. Jadi cantik, kan? 😉


Baca juga : Cara Pesan dan Beli Buku Import Murah di Periplus.com


Reading corner favorit
contoh reading corner yang bisa dijadikan inspirasi membuat perpustakaan impianmu

3.   Kamar Tidur

Nggak ada salahnya membuat perpustakaan mini di ruanganmu yang paling pribadi. Apalagi jika kamu memang hobi membaca buku sambil menunggu kantuk datang. Kebiasaan ini jauh lebih sehat daripada menonton TV sebelum tidur, karena menatap layar justru akan membuat kamu terjaga lebih lama dan mengganggu kualitas tidur.

Nah, jika kamu tipe orang yang suka membaca sebelum tidur, apa lagi yang lebih nyaman daripada tempat tidur yang dikelilingi buku? Kamu nggak perlu lagi berjalan jauh untuk memilih bahan bacaanmu berikutnya. Praktis, kan? 😁


rak buku favorit perpustakaan rumah
Taruh rak buku di dekat tempat tidur? Nggak masalah dong, hehe (doc : pinterest.com)

 

4.   Area Bawah Tangga

Area bawah tangga sering hanya dibiarkan begitu saja, nggak terpakai. Tapi, dengan sedikit penataan, area ini bisa kamu jadikan perpustakaan yang cantik dengan pojok baca yang bakal bikin kamu betah membaca di sana. Letakkan karpet dan beberapa bantal besar bermotif cantik agar kamu bisa membaca dengan nyaman.

Karena area di bawah tangga biasanya agak gelap, kamu juga perlu memastikan pojok baca milikmu mendapatkan penerangan yang cukup agar mata kamu nggak mudah lelah ketika membaca. 

Nah, asyik banget kalau area bawah tanggamu juga dekat dengan jendela yang cukup besar. Gimana, seru dan menyenangkan, kan? 😉

contoh perpustakaan rumahan dengan rak buku di anak tangga (doc : pinterest.com)

5.   Loteng

Area rumah lainnya yang dapat dialihfungsikan sebagai perpustakaan adalah loteng rumah. Karena biasanya loteng rumah hanya dibiarkan begitu saja atau digunakan untuk menyimpan barang-barang lama, kamu mungkin perlu usaha ekstra untuk membersihkannya.

ide perpustakaan rumah di loteng (doc : pinterest.com)


Pastikan sirkulasi udara di area itu cukup optimal. Periksa juga apakah pencahayaannya cukup baik agar kamu bisa membaca dengan nyaman. Tergantung tinggi rendahnya langit-langit, kamu bisa memilih untuk duduk lesehan dengan karpet tebal atau tempatkan sofa yang empuk di dekat jendela. Seru nih, bisa jadi tempat baca favorit. 😉


Baca juga : Inilah 60 Ebook Gratis Komik Jalan Sesama (Sesame Street) Untuk Teman Baca di Rumah #StayAtHome #DiRumahAja


Bookshelf rak buku zigzag
rak buku mungil di meja kerja bisa juga jadi pilihan

Inilah 9 Tips Membuat Perpustakaan Rumahan Impianmu : 

  1. Kamu bisa membeli rak buku yang tersedia dalam berbagai ukuran dan warna dari toko dekorasi atau pusat perbaikan rumah. Kamu juga bisa memesan rak buku khusus yang telah kamu sesuaikan ukuran dan modelnya dengan ruangan yang akan kamu jadikan perpustakaan mini. 
  2. Jika anggaranmu terbatas, kamu bisa mengunjungi toko furnitur bekas atau bahkan membuatnya sendiri. Pastikan rak bukumu mampu menopang koleksi buku yang kamu miliki.
  3. Pasang rak buku milikmu dan letakkan buku-buku di dalamnya sesuai temanya, misalnya, buku resep masakan, buku sains, buku Hallo Balita, buku craft atau kerajinan, novel fiksi, buku nonfiksi pengembangan diri, komik Jepang favorit,  kamus bahasa asing, dan sebagainya. 
  4. Usahakan untuk meletakkan buku terberat di rak paling bawah, dan buku yang paling sering digunakan di rak tengah dan atas. 
  5. Hindari membebani rak bukumu secara berlebihan. Pastikan juga buku-bukumu sudah bersih sebelum kamu memindahkannya ke tempat yang baru.
  6. Maksimalkan ruang yang ada di rak buku. Jangan sampai buku yang kecil menempati ruang yang seharusnya bisa digunakan untuk buku yang lebih besar. 
  7. Jika ruang di rak buku masih cukup, kamu juga bisa menghias rak buku dengan barang-barang pribadi, seperti foto dan suvenir. Tips ini bikin rak bukumu terlihat cantik secara visual dan memberimu space kosong yang bisa diisi seiring bertambahnya koleksimu.
  8. Gunakan penyangga buku jika kamu lebih suka semua bukumu berdiri tegak. Penyangga itu bisa berupa sekat buku dari besi yang dilukis sesuai keinginanmu, botol berat, atau benda dekoratif lainnya.
  9. Jangan lupa untuk selalu menjaga perpustakaanmu tetap bersih. Debu adalah masalah yang paling umum, dan kamu bisa menggunakan vacum cleaner agar bisa menjangkau area yang agak sulit tanpa perlu memindahkan koleksi bukumu. 

Nah, selamat mencoba ya! Kalau kamu gimana? Udah punya rencana bikin perpustakaan pribadi? Share dong ide kreatifmu untuk membuat perpustakaan idamanmu di komentar ya! 😍




Rak buku anak

2 comments:

  1. Wuaa cita2 bgd nih bikin home library kaya gini 😍
    Paling favorit yg loteng itu mba, kok rasanya nyaman bangeet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa enak banget nih, mba Thessa. Jadi bikin betah baca karena perpusnya nyaman. :D
      Kalo di loteng asyik ya, bisa ngadem di sana, asal ada sirkulasi udara dan pencahayaan bagus, hehe

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^