17 Juli 2022

Membangun Tradisi Literasi di Rumah Mulai Dari Anak-anak hingga Dewasa Melalui Buku dan Internet

Membangun Tradisi Literasi di Rumah Mulai Dari Anak-anak hingga Dewasa Melalui Buku dan Internet


Gadis kecil itu memeluk buku yang kuberikan padanya. Ia menampakkan raut bahagia saat satu kardus penuh berisi buku anak berpindah ke tangannya. Aku punya kebiasaan memberi buku pada keponakanku di Pemalang setiap libur lebaran tiba. Berawal dari tradisi membaca yang diajarkan mas sepupu yang merupakan ayah keponakanku, Kinan dan Fajar. 


Mas Toni sering meminjamkan buku Enid Blyton, majalah islami dan memberikan koran saat aku kecil. Kini aku kembali memberi buku pada anaknya sebagai bagian dari rasa terima kasih telah mengenalkan buku di masa kanak-kanakku. 



Buku favorit (dokpri : @ilarizky)



Literasi Keluarga Dimulai dari Tradisi Read Aloud (Membaca Nyaring) Buku Anak


Buku karya Daisy yang terbit (doc : Fb Ario Muhammad)


"Rumahku adalah surga literasi, teman dudukku adalah buku." (Ario Muhammad)


Membacakan buku pada anak-anak di usia dini ternyata berpengaruh besar pada perkembangan pola pikir anak di usia dini hingga mereka beranjak dewasa. Tak bisa dipungkiri bahwa budaya literasi di Indonesia masih minim, namun bukan tak mungkin jika kelak kita bisa menyaingi Jepang dan Inggris yang sudah sangat maju dalam hal pendidikan anak. 


Deliang menggunakan internet untuk terhubung dengan temannya (doc : Fb Ario Muhammad)

"Pendidikan literasi menjadi bekal untuk mempersiapkan generasi bangsa yang memiliki tantangan tak mudah di masa depan. Keluarga sebagai sekolah pertama seorang anak, memiliki peran penting dalam membangun pribadi literat; yang berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif." (Ario Muhammad)


Begitulah ucap Ario Muhammad, PhD. Research Associate Univ of Bristol-UK yang juga penulis dan penggiat literasi. Pak Ario adalah ayah dari 2 penulis cilik. Ia membagikan kisah membangun budaya suka membaca di rumah mulai dari anak-anak usia preschool. Dulu mereka tinggal di Inggris, namun kini mereka sudah pindah ke Indonesia dan tetap melanjutkan tradisi baca buku dan menulis buku juga.


Anak-anak Prof. Ario yang bernama Deliang dan Daisy terbiasa membaca buku yang diberikan ayahnya, lalu membacakannya dengan nyaring di hadapan ayah dan ibunya. Anak-anak membaca buku favoritnya hingga puluhan judul dalam waktu sebulan.


Yang menarik, Pak Ario mengajarkan Deliang dan Daisy untuk senang melahap buku berbahasa Inggris. Sejak itu, anak-anaknya jadi rajin menulis juga. Bahkan, Deliang sudah menulis buku anak yang terbit di Amazon. Kini menyusul Daisy, adiknya juga menulis buku anak di usia yang masih muda, karena termotivasi ingin seperti kakaknya. 


Deliang dan Daisy, dua penulis cilik (doc : Fb Ario Muhammad)


Pak Ario meminta Deliang untuk rutin menulis setiap hari, itu sebabnya progress menulis Deliang pun sangat meningkat pesat. Kini ia punya 15 buku anak yang dipasarkan di Indonesia dan luar negeri via Amazon. Bahkan pernah masuk 100 list buku anak di Amazon. 


Manfaat internet telah membantu pak Ario mengasah potensi anaknya, mengembangkannya menjadi karya bahkan meluaskan distribusi buku-buku parenting, novel dan buku anak terbitan Penerbit Nea Publishing miliknya.


Keluarga pak Ario Muhammad (doc : Fb Ario Muhammad)

Menikmati Audiobook dan Ebook Melalui Internet Demi Hemat

Pandemi Covid-19 menghantam Indonesia sejak 2020. Sejak itu, aku mulai merasa harga buku-buku kian mahal dan tak terjangkau. Banyak orang lebih suka memilih berlangganan ebook dan audiobook. Aku juga melakukan hal itu. Aku berlangganan aplikasi baca ebook Gramedia Digital dan audiobook di aplikasi Storytel demi bisa menikmati buku Indonesia dan bahasa Inggris terbaru yang terbit. 


Baca ebook di Gramedia Digital (dokpri @ilarizky)


Aku ingin menghemat uang dan ruangan di rak buku rumah. Bukan berarti aku benar-benar kehabisan uang, namun aku perlu berhemat karena pandemi juga memangkas pemasukan bulananku juga.  


Aku juga tak tahu kapan pandemi usai. Pandemi juga membuatku lebih rutin membaca buku sebagai pengalihan stress karena berita Covid-19 bikin aku mudah panik dan overthinking mendengar berita kematian di sekitarku.


Tren audiobook dan ebook saat ini (dokpri)


Sejak pandemi itulah aku lebih aktif membaca buku digital sehingga aku juga perlu kuota internet bulanan yang besar, selain untuk download ebook, juga untuk menikmati audiobook. Ada audiobook yang harus terhubung ke internet dengan sistem streaming, ada yang bisa didengarkan dengan sistem download audiobooknya.  


Kalau ditanya apa manfaat internet untukku? Sejauh ini aku sangat terbantu dengan adanya Internetnya Indonesia karena internet membawaku menjelajah cerita-cerita para tokoh di novel yang tak akan kutemui di dunia nyata. 


Aplikasi storytel untuk audiobook (dokpri @ilarizky)

Aku bisa ikut berpetualangan dengan trio anak remaja kesayangan yaitu Raib, Seli dan Ali saat membaca novel remaja bergenre fantasi berjudul BUMI Series karya Tere Liye. Lalu, beberapa hari kemudian aku bisa berpindah ke Tiongkok saat membaca ebook dan mendengarkan audiobook karya penulis luar negeri. 


Beberapa hari kemudian, aku menghabiskan malam hariku dengan mendengarkan cerita tentang dongeng fabel Suro dan Boyo dari audiobook di aplikasi Storytel. Audiobook membuatku seperti mendengarkan dongeng yang dibacakan orang tua. 


Dongeng Suro dan Boyo merupakan legenda penamaan kota Surabaya yang ditulis mbak Dian Kristiani. Dongeng anak ini membuatku tertawa karena dinarasikan dengan apik dan ekspresif oleh narator yaitu mb Ika.


List buku di Storytel (dokpri)


Ya, aku masih menikmati dongeng dan buku anak karena membuatku kenal dunia anak-anak yang sangat membahagiakan. Dulu aku juga membaca buku pinjaman di perpustakaan sekolah. Namun bedanya, kini aku sudah dewasa, tapi tradisi membaca masih ada di rumahku. Baik buku fisik, ebook maupun audiobook memberi pengalaman membaca yang menyenangkan. 


Manfaat Internet : Saling Sharing Informasi di Komunitas Baca, Hingga Menulis Blog Resensi Buku 


Manfaat internet telah banyak memberiku pengalaman yang menakjubkan, bahkan aku bisa saling berbagi pengalaman dengan teman lain tentang buku yang kami baca setiap hari. 


Aku ikut dua grup baca, dan kadang mengirimkan menfess ke akun Twitter @literarybase untuk berbagi seputar dunia literasi yang aku rasakan. 


Aku berbagi rekomendasi buku di blog resensi buku ini. Bahkan tak terasa sekarang blog ini sudah mencapai 1 jt pageviews sejak aku menerbitkan review buku pertama kali tahun 2013-2014. 

Manfaat internet yang bisa digunakan manusia (dokpri @ilarizky)


Internet memudahkan manusia untuk terhubung dengan orang lain. Menjalin relasi dan pertemanan,  juga membagikan ilmu pengetahuan. Aku beruntung bisa belajar banyak dari kemudahan teknologi saat ini dan memanfaatkannya untuk kebaikan. 


IndiHome sebagai Internetnya Indonesia dari Telkom Indonesia memudahkan kita bisa berinteraksi secara digital, baik untuk mencari ilmu maupun terhubung secara sosial dengan orang lain di Indonesia.


Saat Anak-anak Berselancar Internet Di Rumah, Pakai Mode Safe Kids Saja


Dalam hal penggunaan internet di rumah, IndiHome juga punya program untuk membantu para orang tua memberikan fasilitas internet yang terbaik untuk menunjang aktivitas di rumah. 


Saat pandemi dan harus di rumah saja, bukan berarti kita tidak bisa melakukan apapun. Di rumah saja, kita juga bisa membaca ebook, mendengarkan audiobook, bahkan menikmati film anak bersama keluarga. 


Yups, meskipun screen time perlu diberlakukan juga, namun saya rasa dengan mode kids pun sudah bisa memfilter tontonan dan buku yang bisa dibaca anak-anak. Orang tua tetap bisa mengontrol penggunaan internet sehat bagi anak, dan juga lamanya anak-anak menggunakan internet sehari-hari. 


Quotes internet
Quotes internet dari Bill Gates (dokpri @ilarizky)


Ada istilah screentime internet sehat yang dilakukan temanku. Ia membolehkan anak-anak bermain internet bila sudah melakukan tugas sekolah dan juga menyelesaikan bacaan yang harus dibaca.


Selain itu, ada juga aturan bonus waktu entertainment yaitu diperbolehkan memilih melakukan aktivitas bermain game yang terhubung internet jika sudah membantu kakak atau orang tua melakukan kebaikan. Satu kebaikan dinilai sebagai point, sehingga anak-anak mampu mengumpulkan lebih banyak kegiatan yang bermanfaat.


IndiHome dari Telkom Indonesia  Memberi Kemudahan Manfaat Internet untuk Akses Pemerataan Internetnya Indonesia


Apa itu IndiHome?


Tahu dong dengan layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu? Yups, buat yang nggak sabaran pengin pakai internet rumah yang cepat aksesnya, kamu bisa pakai IndiHome dari Telkom Indonesia lho. 


Sekarang, kamu nggak perlu khawatir karena jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat. Asyik banget, kan? Jadi biar pun pindah kota, kamu bisa akses internet pakai wifi.id.

Bayar tagihan IndiHome bisa lewat web atau aplikasi (dokpri @ilarizky)

Layanan Digital IndiHome yang Bisa Digunakan Pelanggan :


Wifi.id Seamless



Pusing nggak kalau keluar rumah ribet harus mikir kuota internet lagi? Nah, pelanggan bisa menikmati koneksi otomatis jaringan luas Wifi.id dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps. 


Biaya langganannya pun murah lho. Kamu hanya bayar Rp10.000 per bulan untuk tiap perangkat yang bisa tersambung langsung dengan ribuan titik Wifi.id di seluruh Indonesia tanpa harus memasukkan username dan password berulang kali.


Koneksi Wifi.id Seamless (doc : www.indihome.co.id)


Speed on Demand



Yang paling bikin sebel waktu pakai internet tapi lelet. Nah, biar nggak sebel lagi, kamu bisa juga pakai cara ini biar internetmu stabil, kamu bisa request buat naikin kecepatan internet.


Kamu nggak harus tiap hari naikin speed ini kok. Soalnya kamu bisa sesuaikan kebutuhan buat sementara aja pakai layanan Speed on Demand dari IndiHome.


Ya, tujuannya biar semua kegiatan online setiap anggota keluarga dapat berjalan lancar. Kamu bisa naikin kecepatan internet mulai dari 20 Mbps hingga 100 Mbps dengan masa berlaku 1, 3, hingga 7 hari. Jadi, tagihan internet bakal tetap terjaga ya, karena naiknya pun nggak terlalu mahal pas kamu pakai layanan ini.


Minipack Channel TV



Mau nonton tv digital dengan beragam pilihan layanan tv berbayar? Wah, bisa banget pake paket Minipack Channel TV. Ada 25 channel favorit pilihan. Jadi kamu bisa pilih sepuasnya dan bisa nonton berbagai serial TV, tayangan edukatif untuk anak dan film favorit keluarga dengan beragam pilihan dari channel-channel populer Minipack Channel TV! 


Minipack Channel TV (doc : www.indihome.co.id)


IndiHome Apps Store



Semakin banyak manfaat internet dan mudah download beragam aplikasi melalui layar TV kamu. Kamu bisa nonton aplikasi VIU, MolaTV, WeTV, Video, dll. Tinggal kamu pilih aja sesuai kebutuhan dan bayar tagihan internet IndiHome sesuai tanggal ya. Jadi, pakai Internetnya Indonesia aman deh.


Nah, selamat mencoba! ❤


Sumber : 


Fb Ario Muhammad
https://www.facebook.com/ariomuh

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0AMRoMw92Em4Dz6QqaQMNAVmDo8C8o7q9kWbV6jJia6nXyFJdYhMiNkHMMHzw8oK6l&id=100010200938376

Web IndiHome
https://indihome.co.id/addon

Quotes Bill Gates 
https://www.wordsmile.com/kata-mutiara-bahasa-inggris-internet-artinya

Aplikasi Storytel (dokpri)

Aplikasi Gramedia Digital (dokpri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^