11 Juli 2022

[Resensi Buku Anak] The Lovable Whales by Leng Tuan

 


Judul Buku : The Lovable Whales

Penulis : Leng Tuan

Penerbit : Pan Asia Publishing Pte Ltd

Terbit : Edisi digital, Oktober 2017

Tebal ebook : 16 halaman

Durasi audiobook : 6 menit

Genre buku : pictorial book (buku anak)

ISBN : 978-981-222-291-6

Rating Buku : 5🌟

Baca ebook di aplikasi Storytel


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] The Lovable Whales by Leng Tuan:


The Lovable Whales 

This is a pod of playful but adorable baby whales. You will love them after reading this book.


小鲸鱼喜欢玩闹,却非常聪明可爱。小朋友会为他

们拍手叫好!


This is a bilingual product: Chapter 1 is in English and Chapter 2 is in Mandarin Chinese.


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] The Lovable Whales by Leng Tuan:


Sekelompok bayi paus sedang bermain-main di permukaan laut. ketika mereka tiba-tiba melihat sebuah perahu kecil di dekatnya. Mereka berenang diam-diam menuju perahu, merasa sangat bersemangat.


Begitu mereka berada di bawah perahu, mereka berteriak, "Satu, dua, tiga!" dan dihembuskan melalui lubang sembur mereka sekaligus, mengeluarkan air mancur besar di atas kepala mereka. Perahu kecil itu terlempar tinggi ke udara.


"Ha ha ha. Ini sangat menyenangkan!" 


Bayi paus sangat gembira! Namun, para pelaut di kapal itu menjadi pucat pasi karena ketakutan.


Semua kesenangan dan kegembiraan membuat bayi paus agak kelelahan. Mereka memutuskan untuk menyebutnya sehari. dan kembali dengan gembira ke laut dalam.


Buku anak dua bahasa : Inggris dan Mandarin


Ketika Ibu Paus mengetahui apa yang telah dilakukan bayi pausnya, dia sangat marah. Dia menegur mereka dengan keras dan melarang mereka membuat kerusakan lagi.


Namun, suatu hari, bayi paus itu, sekali lagi, tidak ditemukan di mana pun. Ibu Paus khawatir, jadi dia berenang ke permukaan untuk mencari mereka.


Aduh! Ibu Paus sangat terkejut ketika dia melihat gumpalan asap hitam membumbung ke langit dari perahu kecil yang terbakar.


Kemudian, dia melihat beberapa semburan air naik dari permukaan air, semuanya mengarah ke perahu kecil.


Ah, bayi pausnya mengelilingi kapal yang terbakar, mencoba yang terbaik untuk memadamkan api! Ibu Paus bergegas untuk bergabung dengan bayi paus dalam upaya penyelamatan.


Api segera padam dan para pelaut menghela napas lega. Tapi perahu kecil itu rusak oleh api dan tidak bisa menyala.


"Itu tidak masalah. Kami bisa membantu!" Ibu Paus dan bayi pausnya bekerja sama untuk membantu mendorong perahu kecil itu ke pantai.


"Kalian semua luar biasa!" para pelaut bertepuk tangan dan tertawa. "Terima kasih banyak!"


Ibu Paus sangat bangga dengan anak-anaknya. "Kalian semua telah melakukannya dengan baik kali ini!" dia memuji.


Dengan ini, Ibu Paus dan bayi pausnya kembali dengan gembira ke kedalaman laut.


Menurut saya:


Buku anak berjudul The Lovable Whales merupakan pictorial book yang ditulis oleh Leng Tuan dan diterbitkan Pan Asia Publishing Pte Ltd. Buku anak ini ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. 


Anak-anak bisa belajar 2 bahasa tersebut karena dituliskan dalam satu halaman. Di bagian pertama menggunakan bahasa Inggris dan di bagian kedua menggunakan bahasa Mandarin.


Ada hal yang menarik yaitu cerita anak ini berkisah tentang ibu paus dan anak ikan paus yang sedang bermain di lautan. Bayi ikan paus sedang bermain di lautan sembari memainkan airnya. Mereka menciptakan pancuran air dari air yang terpancar, sambil menaikan kapal nelayan yang ada di dekat perairan itu.


Ibu ikan paus marah karena anak-anak ikan paus bisa membahayakan kapal nelayan tersebut. Kapal bisa terbalik jika mereka terus memainkan pancuran air yang diciptakan.


Namun, ternyata saat ibu paus melihat anaknya di lautan lagi, anak ikan paus itu sedang membantu kapal nelayan yang terbakar.


Menurut saya, cerita anak ini sangat menarik karena bisa menggambarkan bagaimana kehidupan ikan paus yang selalu protektif pada anak-anaknya. Selain itu, ikan paus juga memiliki naluri untuk membantu manusia jika membutuhkan bantuan mereka.


Pictorial book ini ditulis dengan bahasa yang singkat namun padat dan juga ekspresif. Anak-anak bisa tahu bagaimana rasanya menjadi ikan di lautan dan menjadi anak ikan paus. Mereka mendapatkan pengalaman yang berharga saat berinteraksi dengan manusia, begitu juga manusia bersyukur bisa dibantu oleh ikan paus.


Ya, di dunia nyata, ikan paus juga kadang membantu manusia untuk menolong mereka jika kesulitan. Meskipun begitu, banyak ikan paus yang ditangkap karena harganya sangat mahal jika dijual.


Penulis membuat cerita anak tentang tema ikan paus yang dapat dipakai untuk mengenalkan pada anak-anak tentang ikan unik ini. Paus juga perlu dilestarikan, bukan hanya sebagai hewan yang bebas di lautan namun juga sebagai bagian dari menjaga ekosistem laut itu sendiri.


Paus menjadi binatang yang berada di bagian atas piramida ekosistem laut. Jadi jika paus hilang dari ekosistem laut, maka ikan-ikan lainnya akan sulit untuk berkembang.


Overall, buku anak ini ditulis dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu, buku ini diceritakan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak dengan ilustrasi yang menawan. 


Di akhir cerita, penulis menanyakan tiga pertanyaan yang berhubungan dengan isi cerita, sehingga anak-anak bisa mengambil kesimpulan apa yang terjadi dalam kisah ikan paus tersebut.


Selain itu, buku anak ini juga sudah cetak berulang kali dan bahkan dibuat versi audio booknya lho.


Kita bisa mendengarkan cerita anak ini dalam bentuk audiobook dengan durasi 6 menit di aplikasi Storytel.


Nah, selamat mendengarkan ya! 🥰


Buku ini termasuk dalam 

Children Literatur Reading Project 

dan English Literature Reading Project


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^