12 Juli 2022

[Resensi Buku Anak] Imam Muslim - Pecinta Ilmu Hadis by Asep Hikmatillah

Imam muslim pecinta ilmu hadis

Judul Buku : Imam Muslim - Pecinta Ilmu Hadis

Penulis : Asep Hikmatillah Komarudin

Penerbit : Zikrul Hakim

Terbit : Cetakan Pertama, 2016

Tebal : 27 halaman 

Genre : board book (buku anak)

ISBN : 978-602-342-069-8

Rating Buku : 5🌟

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Imam Muslim - Pecinta Ilmu Hadis by Asep Hikmatillah


Pernahkah kalian mendengar tentang perjalanan hidup salah satu ulama hadis bernama Imam Muslim? 

Imam Muslim adalah seorang pencinta ilmu hadis yang lahir di Naisabur, negeri yang dipenuhi para penuntut ilmu. 

Imam Muslim saat kecil merupakan anak yang tekun dan mandiri, ia belajar ilmu hadis sejak usianya 14 tahun. 

Hari-harinya dipenuhi dengan semangat mempelajari ilmu hadis, hingga saat dewasa, ia menjadi ahli hadis dan menulis kitab Shahih Muslim. 

Ingin tahu kisah Imam Muslim selengkapnya?

Ayo, baca buku ini!



❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Imam Muslim - Pecinta Ilmu Hadis by Asep Hikmatillah : 


Imam Muslim merupakan perawi hadis yang sangat terkenal di zamannya hingga sekarang. Rujukan hadis yang dikumpulkan oleh Imam Muslim menjadi salah satu karya terbaiknya. 


Hadis Imam Muslim sering digunakan oleh ulama untuk menentukan hukum Islam, selain menggunakan Al Qur'an dan Shahih Al Bukhari. 


Imam Muslim lahir pada tahun 206 H (821 M) di Naisabur (sekarang Iran). Ia dulunya bernama Abu Al Husain Muslim bin Al Hajjaj Al Qusyairi. Namun, ia lebih dikenal sebagai Imam Muslim.

Imam Muslim hidup dalam keluarga yang mencintai ilmu. Ayahnya bernama Al Hajjaj seorang ulama yang memotivasi dirinya untuk mencintai ilmu dan rajin mencari ilmu.

Imam Muslim mempelajari ilmu Hadis sejak umur 14 tahun, selain itu ia juga pandai berdagang yang digunakannya untuk modal mencari ilmu pengetahuan dan membiayai dirinya.

Saat usianya 16 tahun, Imam Muslim keluar dari negerinya sendiri untuk mencari hadis. Ia belajar dari 220 guru hadits dan mampu mengumpulkan ribuan hadis selama masa pencarian tersebut. Ia mampu menghafal seluruh hadits yang ia pelajari. Bahkan, ia juga sangat tekun mencari asal-usul hadits yang ingin ia ketahui.

Imam Muslim juga sangat menghormati Imam Bukhari, sehingga saat Imam Bukhari datang ke kotanya, ia segera izin untuk bertemu dengan Imam Bukhari tersebut.


Selain itu, Imam Muslim juga sering bertemu dengan Imam Bukhari untuk mengetahui kualitas hadis yang ia pelajari. Ia ingin tahu apakah hadis tersebut mengalami kecatatan yang mempengaruhi kemuliaan hadis tersebut.


Berkat ketekunan dan ketelitiannya, Imam Muslim mendapatkan predikat derajat seorang ahli hadits kedua selain Imam Bukhari.


Imam Muslim memiliki kumpulan buku Hadits yang sering digunakan sebagai rujukan untuk para ulama yang belajar padanya. Hingga kini, buku tersebut digunakan untuk rujukan hadis umat Islam yang disebut dengan Shahih Muslim.


Kitab Shahih Muslim ditulis selama 15 tahun. Saat menulis kitab ini, Imam Muslim dibantu oleh Ahmad bin Salamah. Kitab ini berisi 12.000 Hadits. Kitab ini juga merupakan kitab paling shahih yang menduduki urutan ketiga setelah Al Qur'an dan Shahih Bukhari. Subhanallah, luar biasa. 


Imam Muslim meninggal setelah beberapa hari ia sibuk untuk mencari hadis yang ia tidak ketahui. Ia sibuk berada di ruang belajarnya dan mengkaji hadis-hadis yang ada. 


Imam Muslim makan kurma yang disajikan oleh keluarganya di ruang belajar. Ia pun merasa senang setelah menemukan jawaban dari pertanyaan yang ia cari selama ini tentang hadis yang belum dipelajari.


Setelah beberapa hari, Imam Muslim meninggal pada Minggu, 25 Rajab tahun 261 Hijriyah dan dimakamkan di luar Naisabur yaitu di Kampung Nasr Abad. 


Menurut saya:


Buku anak berjudul Imam Muslim Pecinta Ilmu Hadis ini merupakan kisah hidup Imam Muslim sejak lahir hingga meninggal. Imam Muslim dikenal sebagai perawi hadits yang sangat masyhur di zamannya, bahkan karyanya Shahih Muslim digunakan hingga sekarang oleh para ulama.


Buku anak Imam Muslim ini dibuat dalam bentuk board book yang dicetak tebal dengan kertas yang tidak mudah rusak.


Buku anak ini bisa dibacakan oleh orang tua pada anak-anak agar anak-anak tahu tokoh muslim zaman dulu yang menemukan dan mengumpulkan ribuan hadis hingga menjadi buku yang bisa dinikmati ilmunya hingga sekarang.


Menurut saya, buku anak ini sangat bagus karena ada ilustrasi tokohnya dan kegiatan yang dilakukan. Misalnya : belajar ilmu pada para guru, belajar berdagang, bahkan aktivitas Imam Muslim di dalam rumahnya juga diperlihatkan di dalam buku ini.


Memang tidak ada dialog yang intens untuk menggambarkan situasi Imam Muslim, namun narasi tentang Imam Muslim membuat saya jadi makin kenal dengan tokoh perawi hadis ini.


Ya, bahkan bagi orang yang baru kenal Imam Muslim lewat buku ini pun bisa belajar untuk meneladani sifat dan karakternya yang sangat baik. 


Imam Muslim begitu menjaga dirinya agar hafalan hadisnya tetap kuat melekat di dalam ingatannya. Ya, karena jika ia melakukan keburukan, maka hafalan haditsnya bisa saja menghilang.


Dalam buku ini, kita bisa belajar dari Imam Muslim tips belajar yang efektif. Selain itu, dalam buku ini juga ada glosarium kata-kata yang bisa membantu kita memahami arti dari kata yang disebutkan penulisnya. Jadi anak-anak maupun orang tua pun bisa belajar tentang istilah tersebut. Jadi nggak perlu khawatir atau kebingungan ya.


Saya jarang nemu buku anak yang membahas tentang biografi Imam muslim atau perawi hadis lainnya. Namun, menurut saya buku ini worth it karena bisa membuka wawasan tentang kehidupan perawi hadits di masanya.


Overall, saya suka buku anak Imam Muslim pencinta ilmu hadits ini karena bisa belajar dari kegigihan dan keteladanan Imam Muslim untuk mencari puluhan ribu hadis. Semoga makin banyak yang tahu biografi Imam muslim ini. 


Semoga bermanfaat ya! ❤


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^